Sukses


BRI Liga 1: Rizky Ridho Menyusul Dipanggil Timnas Indonesia, Persebaya Minta Duel Vs PSIS Ditunda

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya terpaksa kehilangan empat pemain yang mendapat panggilan Timnas Indonesia. Terbaru, nama bek muda Rizky Ridho menyusul bersama para pemain lain yang sudah dirilis dalam daftar.

Rizky Ridho diharapkan memenuhi panggilan pelatih Shin Tae-yong untuk berlaga melawan Chinese Taipei dalam play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengatakan ia dihubungi oleh asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, yang meminta Rizky Ridho diizinkan bergabung Tim Garuda.

“Pagi ini (30/9) coach Nova menelepon saya, Rizky akhirnya dipanggil masuk Timnas Indonesia untuk berangkat ke Thailand,” kata Aji dalam rilis yang diterima Bola.com.

Masalahnya, sebelumnya tiga pemain Persebaya sudah lebih dulu masuk daftar skuat Timnas Indonesia. Mereka adalah kiper Ernando Ari Sutaryadi, bek Rachmat Irianto, dan gelandang Ricky Kambuaya.

Kondisi itu membuat Persebaya dalam dilema. Satu sisi, Persebaya harus mendukung kepentingan Timnas Indonesia, sementara di sisi lain klub berjulukan Bajul Ijo itu bakal menghadapi krisis pemain.

“Tambahan pemain yang dipanggil ini posisinya bek. Berarti lini belakang sangat krisis. Kiper utama dan dua bek kita berangkat,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

2 dari 4 halaman

Krisis Pertahanan

Krisis pemain belakang terancam menerpa Persebaya Surabaya yang akan bertanding melawan PSIS Semarang pada pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (3/10/2021). Tak banyak opsi pemain mereka.

Seperti posisi penjaga gawang yang kini menjadi milik Ernando Ari. Kiper muda ini sejatinya merupakan pemain pelapis di Persebaya. Dia menggantikan Satria Tama yang mengalami cedera panjang.

Jika Ernando membela Timnas Indonesia, Persebaya hanya memiliki dua kiper tersisa, yaitu Andhika Ramadhani dan David Ariyanto. Andhika merupakan pemain muda yang belum pernah tampil di laga resmi, sedangkan David malah belum pernah turun, sekalipun dalam laga uji coba.

 

3 dari 4 halaman

Minta Laga Ditunda

Jadwal kompetisi dan Timnas Indonesia juga menyulitkan. Rencananya, para pemain Timnas Indonesia bakal berlatih di Jakarta pada 3 Oktober sebelum melakoni dua pertandingan melawan Chinese Taipei pada 7 dan 11 Oktober di Thailand.

Makanya, Aji berharap ada kebijakan yang akan membuat Persebaya Surabaya tidak dalam situasi sulit ini. Satu di antaranya, dia menginginkan PT Liga Indonesia Baru selaku operator BRI Liga 1 untuk menunda duel kontra PSIS.

“Kenapa kami minta begitu? Karena Persebaya ini yang paling banyak pemainnya dipanggil timnas,” ujar Aji.

Sebelum pemanggilan Rizky Ridho, Persebaya bersama Arema FC menjadi klub yang paling banyak menyumbang pemain ke Timnas Indonesia dengan tiga nama. Kini, Persebaya malah harus melepas empat pemain.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer