Sukses


3 Senjata PSM yang Bisa Permalukan Persib: Menanti Aksi Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung dan PSM Makassar sama-sama mengincar kemenangan saat bersua pada laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (2/10/2021).

Keduanya butuh tiga poin untuk mengamankan posisi di papan atas klasemen sekaligus menjaga asa meraih trofi juara musim ini. Saat ini, Maung Bandung bertengger di peringkat empat dengan koleksi 9 poin.

Sedangkan Juku Eja berada satu tingkat dibawah seteru mereka itu dengan 8 poin. Kepada awak media Makassar, pelatih PSM, Milomir Seslija mengungkapkan tim asuhannya sangat fokus menatap laga terakhir mereka di Seri 1.

Ia pun menyiratkan bakal memainkan dua pemain asing anyarnya, Serif Hasif (Bosnia) dan Bektur Talgat Uulu (Kirgiztan) sejak menit awal untuk meredam keganasan Persib.

"Kondisi Serif Hasif dan Bektur Talgat Uulu baik. Saya tentu akan memberikan kesempatan buat keduanya," ujar Milo, sapaan akrabnya.

Selama ini, PSM memang praktis hanya bertumpuh pada dua pemain asal Belanda, Wiljan Pluim dan Anco Jansen yang sudah bergabung sejak persiapan jelang BRI Liga 1 2021/2022 di Makassar.

Hasic sudah mendapatkan menit bermain pada dua laga terakhir PSM sebagai pemain pengganti yang masuk di babak kedua.Tampil dengan emmpat pemain asing sejak menit awal jelas menjadi kekuatan tersendiri buat PSM saat menghadapi Persib.

Apalagi, pada laga nanti Maung Bandung tak diperkuat oleh stoper Nick Kuipers yang terjerat sanksi akumulasi kartu. Begitu pun dengan duetnya, Victor Igbonefo, yang masuk dalam daftar panggil tim nasional Indonesia.

Kalau Milo jadi memainkan Hasic dan Bektur sejak menit awal, kesolidan dan keseimbangan penampilan PSM lebih terjaga. Kondisi ini membuat Pluim dan Jansen lebih fokus berkeliaran di area 16 Persib untuk mengintip peluang menjebol gawang lawan. Begitu pun dengan Ilham Udin Armaiyn, penyerang sayap yang kerap menjadi striker palsu Juku Eja.

Itulah mengapa pada edisi kali ini, Bola.com memilih Hasic dan Bektur sebagai senjata rahasia PSM Makassar yang bisa mempermalukan Persib. Begitu pun dengan sosok Ilham Udin yang sudah mencetak tiga gol dalam lima kali penampilannya bersama Juku Eja musim ini. Berikut profil singkat mereka.

2 dari 5 halaman

1. Serif Hasic

Sosok Serif Hasic sudah tak asing di kalangan suporter PSM Makassar. Ia pernah jadi pilar Juku Eja di sektor bek sentral bersama Hussein El Dor (Lebanon) pada Liga 1 2020.

Saat kompetisi terhenti, Hasic memutuskan pulang ke negaranya dan bergabung di Vis Simm-Bau, klub Liga 1 Bosnia. Kelebihan yang dimiliki oleh Hasic adalah kejeliannya dalam memotong serangan lawan, khususnya dalam duel bola atas.

Ia pun piawai dalam melepaskan umpan jauh yang terukur.Kehadiran Hasic bisa berefek domino di lini belakang PSM. Hasif kemungkinan menggantikan peran Erwin Gutawa seperti yang dilakoninya pada dua laga terakhir.

Hasif juga bisa berduet dengan Erwin. Sedang stoper PSM lainnya, Hasim Kipuw digeser ke bek kanan untuk memberi kesempatan Zulkifli Syukur beristirahat setelah tampil penuh pada lima laga Juku Eja.

3 dari 5 halaman

2. Bektur Talgat Uulu

Ketika tampil di lapangan, Bektur Talgat Uulu berposisi natural sebagai gelandang bertahan sekaligus menjadi 'tembok awal' buat stoper.

Meski begitu, Bektur tak jarang ikut berkeliaran di area pertahanan lawan sebagai gelandang box to box seperti yang ditunjukkan Mohammed Rashid bersama Persib Bandung.

Kalau Milo memainkan Bektur sejak menit awal, maka dua gelandang PSM lainnya, Sutanto Tan dan Rasyid Bakri harus bersaing untuk mendapatkan jatah starter karena satu slot di lini tengah sudah pasti jadi milik Wiljan Pluim, kapten sekaligus motor serangan PSM.

Sebelum ke PSM. Bektur memperkuat Alga Bishkek, klub Liga Primer Kirgiztan. Selain membela klub di negaranya, Bektur juga pernah merasakan atmosfer kompetisi di India dan Oman.

4 dari 5 halaman

3. Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armaiyn resmi bergabung di PSM pada 4 Juni. Sebelumnya, eks pemain timnas U-19 ini tercatat prnah berkostum Bhayangkara FC, Selangor FA dan Barito Putera.

Bagi Ilham, PSM ibarat rumah kedua sekaligus jadi titik balik kebangkitan kariernya. Penampilan Ilham Udin pada lima laga bersama PSM di BRI Liga 1 2021/2022 terbilang lumayan.

Meski berposisi asli sebagai penyerang sayap, Ilham kerap terlihat berkeliaran di kotak penalti lawan dan sudah mencetak tiga gol buat Juku Eja.

Mobilitas dan kecepatan Ilham juga berguna saat tim lawan melakukan tekanan ke PSM. Saat PSM berhasil meredam serangan lawan, Ilham dan Pluim kerap jadi pemain pemulai serangan sekaligus membuka peluang PSM mendapatkan gol.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer