Sukses


BRI Liga 1: Catatan Pertemuan Persib Vs PSM, Duel Sengit Dua Tim Elite di Era Perserikatan

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung dan PSM Makassar akan bentrok pada pekan keenam BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (2/10/2021) malam WIB. Duel dua tim eks era Perserikatan tersebut diprediksi berjalan seru sejak menit awal.

Kedua tim sama-sama gagal merengkuh kemenangan pada pekan kelima BRI Liga 1. Persib ditahan 0-0 Persikabo 1973 pada 27 September lalu, adapun Tim Juku Eja menyerah 0-2 dari Barito Putera.

Hasil tersebut membuat Persib Bandung kini berada di urutan keempat klasemen sementara BRI Liga 1. Mereka unggul satu angka atas PSM Makassar yang menghuni posisi kelima.

Untuk itu, Persib dan PSM sama-sama bertekad merengkuh kemenangan pada pekan keenam. Hasil bagus akan mendongkrak posisi di klasemen sementara Liga 1.

Berdasarkan statistik di Soccerway, duel ini menjadi pertemuan ke-17 kedua tim di seluruh ajang. Dari 16 laga sebelumnya, Persib menang dalam tujuh laga, PSM meraih enam kemenangan, dan tiga laga berakhir imbang.

Sebelum menonton pertandingan Persib Bandung versus PSM Makassar, berikut ini Bola.com ulas lima laga terakhir kedua tim di Liga 1.

 

2 dari 7 halaman

Pekan Ke-34 Liga 1 2019

Persib menjamu PSM di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang pada pekan ke-34 Liga 1 2019. Dalam pertandingan yang berlangsung pada 22 Desember 2019 tersebut, Persib tertinggal lebih dulu.

Bola hasil tembakan Ferdinand Sinaga pada menit ke-6 tak mampu dihalau kiper Tim Maung Bandung, I Made Wirawan. Tak ingin dipermalukan di hadapan puluhan ribu suporternya yang memadati stadion, Persib Bandung meningkatkan intensitas serangan.

Hasilnya, Persib berhasil mencetak empat gol dan berbalik unggul 4-1. Keempat gol Tim Maung Bandung disarangkan Ezechiel N'Douassel pada menit ke-7, 32, dan 70', serta gol penalti Hariono pada menit ke-67.

PSM Makassar sempat memperkecil ketertinggalan lewat aksi Raphael Maitimo pada menit ke-73. Namun, Ezechiel sukses mencetak golnya yang keempat pada menit ke-83, sekaligus membawa Persib Bandung menang 5-2 atas PSM. 

3 dari 7 halaman

Pekan Ke-15 Liga 1 2019

PSM dan Persib bersua di Stadion Andi Mattalatta, Makassar pada 18 Agustus 2019, dalam pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2019. Bertindak sebagai tuan rumah, Tim Juku Eja menekan pertahanan Persib Bandung sejak bola digulirkan.

PSM Makassar berhasil unggul 2-0 atas Persib pada paruh pertama, berkat gol dari Wiljan Pluim pada menit ke-41 dan Zulham Zamrun menit ke-44. Pluim kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-47, dan membawa PSM memimpin 3-0.

Persib baru bisa memperkecil skor pada menit ke-49 lewat aksi Ezechiel N'Douassel. Sampai laga berakhir, skor 3-1 untuk kemenangan PSM Makassar tetap bertahan.

 

4 dari 7 halaman

Pekan Ke-27 Liga 1 2018

Menjamu Persib di Stadion Andi Mattalatta pada pekan ke-27 Liga 1 2018, 24 Oktober 2018, PSM berada dalam kepercayaan diri tinggi. Diasuh Robert Alberts, Tim Juku Eja tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir, dengan perincian lima kemenangan dan empat hasil imbang.

Mereka pun bertekad untuk mempertahankan hasil bagus tersebut ketika bersua Persib. Namun, PSM Makassar tak begitu saja mudah mengalahkan Tim Maung Bandung.

Butuh waktu hingga 81 menit bagi PSM untuk bisa memecah kebuntuan. Gol tunggal dari Guy Junior membawa PSM Makassar mengunci kemenangan dengan skor 1-0.

Hasil positif tersebut membuat Tim Juku Eja bercokol di puncak klasemen Liga 1 dengan nilai 50 hasil dari 27 laga. Mereka unggul dua poin atas Persija Jakarta yang berada di urutan tertas.

Sayangnya, PSM gagal mempertahankan puncak klasemen. Mereka akhirnya harus puas finis di peringkat kedua dengan nilai 61, tertinggal satu angka dari Persija yang keluar sebagai juara.

 

 

 

5 dari 7 halaman

Pekan Ke-10 Liga 1 2018

Persib kedatangan PSM pada laga pekan ke-10 Liga 1 2018. Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 23 Mei 2018, Tim Maung Bandung tampil dominan sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Pertandingan berjalan 39 menit, Persib Bandung berhasil unggul lebih dulu berkat gol penalti Ezechiel N'Douassel. Memasuki menit ke-54, pemain yang kini berseragam Bhayangkara FC itu kembali membobol gawang PSM.

Umpan Ghozali Siregar mampu dituntaskan King Eze menjadi gol dengan tembakan. Masuk menit ke-83, giliran Jonathan Bauman yang menjaringkan bola ke dalam gawang PSM Makassar.

Sampai pertandingan berakhir, skor 3-0 untuk kemenangan Persib atas PSM tetap bertahan. Hasil tersebut membuat Tim Maung Bandung naik ke urutan dua klasemen Liga 1 dengan nilai 17, hasil dari lima kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan tiga kekalahan.

 

6 dari 7 halaman

Pekan Ke-29 Liga 1 2017

PSM Makassar mendapat perlawanan sengit ketika menjamu Persib Bandung di Stadion Andi Mattalatta pada laga pekan ke-29 Liga 1 2017, 15 Oktober 2017. PSM kebobolan lebih dulu setelah Febri Hariyadi mencetak gol pada menit ketiga berkat umpan dari Michael Essien.

Namun hanya empat menit berselang, PSM Makassar berhasil menyamakan kedudukan. Umpan dari Zulham Zamrun mampu dituntaskan Zulkifli Syukur menjadi gol.

Ketika laga tampak akan berakhir imbang, Pavel Puryshkin tampil sebagai pahlawan buat Tim Juku Eja. Golnya pada menit ke-90 membawa PSM mengunci kemenangan 2-1 atas Persib Bandung.

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu:

Video Populer

Foto Populer