Prediksi Persik Vs PSS di BRI Liga 1: Duel 2 Tim Terluka

Oleh Vincentius Atmaja pada 03 Okt 2021, 06:45 WIB
Diperbarui 03 Okt 2021, 06:45 WIB
BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs PSS Sleman
BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs PSS Sleman (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bandung - Dua tim yang sedang terluka akan saling jegal pada lanjutan pekan keenam BRI Liga 2021/2022. Persik Kediri menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (3/10/2021).

Duel nanti akan menjadi kesempatan bangkit atau malah justru makin terpuruk bagi kedua tim, karena diselimuti kondisi yang hampir sama. Persik dan PSS Sleman masih berkutat di papan bawah klasemen sementara dengan nilai sama, empat poin.

Sudah tiga laga berturut-turut Persik Kediri belum mampu mendulang angka penuh. Mereka ditahan imbang Persikabo pada pekan ketiga, disusul dua kali kalah beruntun dari PSM Makassar dan Bhayangkara FC.

Sementara PSS juga loyo dalam dua pertandingan terakhir. Setelah menang atas Arema FC pada pekan ketiga, tim berjulukan Elang Jawa itu justru dibuat bulan-bulanan oleh Madura United dan Persebaya Surabaya.

Kesamaan lainnya Persik dan PSS Sleman sedang dituntut oleh para pendukungnya untuk berbenah dan mengevaluasi pelatih masing-masing. Joko Susilo di kubu Persik dan Dejan Antonic di tim PSS sama-sama mendapatkan kecaman dari pendukung untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

 

2 dari 4 halaman

Momentum Bangkit

Foto: Gol Injruy Time Ilham Udin Armaiyn Tentukan Kemenangan PSM Makassar atas Persik Kediri dalam Pekan ke-4 BRI Liga 1 2021 / 2022
Pemain Persik Kediri, Youssef Ezzejjari melakukan selebrasi usai mencetak gol penyeimbang 2-2 ke gawang PSM Makassar dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9/2021). Persik kalah 2-3. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persik tak diperkuat beberapa pemain yang bakal absen. Tiga pilar Persik yang absen antara lain; Ahmad Agung Setiabudi, Vava Mario Yagalo, dan Arthur Felix Silva.

Ahmad Agung absen karena akumulasi kartu kuning. Bek Vava Mario Yagalo juga akan absen karena mengikuti pemusatan latihan di Timnas Indonesia.

Sementara Felix Silva berhalangan akibat cedera hamstring kala Persik Kediri dibabat Bhayangkara FC 0-2 pada pekan kelima. Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, masih memiliki beberapa alternatif seperti Dionatan Machado dan Ok Johnuntuk menggantikan dua pemain itu.

"Absennya mereka tentu mempengaruhi, tapi sudah ada penggantinya yang lebih siap. Secara kami sudah siap menghadapi PSS dan wajib memenangkan pertandingan," tutur Joko Susilo menjelang laga, Sabtu (2/10/2021).

Namun, Joko Susilo tak mau jemawa karena Persik dalam situasi yang tidak jauh berbeda dengan PSS. Selain sama-sama berada di papan bawah, Joko Susilo juga menjadi sasaran kekecewaan para pendukung Persik dan menuntutnya mundur dari jabatannya.

"Kurang lebihnya sama, tapi tidak boleh larut karena ada tanggung jawab besar dan konsentrasi penuh di atas lapangan," bebernya.

Rasa optimistis disampaikan penyerang Persik, Antoni Putro Nugroho. Ia dan rekan-rekannya bertekad bangkit setelah menelan kekalahan dari Bhayangkara FC. Kemenangan atas PSS akan membuat Persik perlahan meninggalkan zona merah.

"Pemain sepakat wajib meraih tiga poin dari PSS. Motivasinya adalah kami harus bangkit dan memberikan hasil maksimal. Sama-sama butuh poin dan akan ditentukan siapa yang lebih fight," tegas Antoni Putro.

 

3 dari 4 halaman

Kesempatan Masih Ada

BRI Liga 1 2021: PSS Sleman vs Persebaya Surabaya
Pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya (kiri) berusaha mencetak gol ke gawang PSS Sleman dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (29/09/2021). Persebaya menang 3-1. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara di kubu PSS tak ingin terus berlarut-larut dalam kondisi yang pelik. Walau manajemen khususnya tim pelatih yang dikepalai Dejan Antonic mendapat kecaman dari para suporter, motivasi Mario Maslac dkk. pantang padam.

Kekuatan tim PSS tidak dapat diremehkan begitu saja. Potensi mengalahkan Persik dan menjauhi papan bawah klasemen juga masih cukup besar. Apalagi kompetisi baru berjalan lima pertandingan.

Komposisi terbaik PSS tampaknya masih akan dipercayakan kepada sosok-sosok seperti Ega Rizky, Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Kim Jeffrey Kurniawan, Irfan Jaya, Irkham Mila, dan Eduardo Jose Barbosa atau Juninho.

Mereka sebenarnya tidak bermain buruk di laga sebelumnya. Para pemain tim berlogo Candi Prambanan itu hanya butuh ketenangan dan sedikit keberuntungan dalam setiap memanfaatkan peluang yang ada.

"Kondisi kami lumayan oke dari game terakhir. Tentu harus berubah untuk game besok meski ada beberapa pemain yang absen. Tentunya akan kembali bekerja keras untuk lagu besok," terang juru taktik PSS, Dejan Antonic.

"Dua tim yang saya pikir sama yaitu belum menemukan formula stabil. Pasti berat dan ada beban, tapi semoga lebih dari yang kami mau. Pemain akan lebih disiplin," lanjut Dejan Antonic.

Dalam duel kontra Persik, PSS tampaknya akan minus Irfan Jaya yang sedang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Begitu juga Irfan Bachdim yang masih dalam pemulihan cedera.

Namun sang pelatih percaya timnya dapat kembali bekerja dengan baik dan keluar dari tekanan saat ini. Dejan Antonic juga perlu mengembalikan skema permainan terbaiknya, tidak seperti saat dikalahkan Persebaya Surabaya pekan kemarin. Dejan melakukan eksperimen dengan merotasi posisi Bagus Nirwanto bergeser menjadi bek kiri dan Arthur Irawan sebagai bek kanan.

Hasilnya, PSS sedikit kesulitan mengembangkan permainannya dan hal itu menjadi satu di antara bahan kritikan para suporter PSS sebagai sebuah kesalahan besar. Nama Syamsul Arifin bisa menjadi solusi di titik pertahanan kiri dan mengembalikan kembali peran Bagus Nirwanto di kanan.

Eduardo Jose Barbosa atau Juninho bisa kembali diandalkan untuk sektor penyerangan. Begitu juga Nemanja Kojic yang sudah mendapat kesempatan menjalani debutnya, dapat dijadikan solusi di lini depan PSS.

"Semua pemain sudah siap menatap hasil yang lebih baik. InsyaAllah bisa mengulang hasil melawan Persik seperti di Piala Menpora lalu," tandas bek tengah PSS, Asyraq Gufron.

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persik Kediri Vs PSS Sleman
BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persik Kediri Vs PSS Sleman (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Persik Kediri (4-4-2): Dikri Yusron (Kiper); Andri Ibo, Dany Saputra, Ibrahim Sanjaya, OK John (Belakang); Ady Eko Jayanto, Dionatan Machado, Sackie Teah Doe, Risna Prahalabenta (Tengah); Septian Satria Bagaskara, Youssef Ezzejari (Depan)
  • Pelatih: Joko Susilo
  • PSS Sleman (4-2-3-1): Ega Rizky (Kiper); Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Mario Maslac, Syamsul Arifin (Belakang); Irkham Milla, Kim Jeffrey Kurniawan, Aaron Evans, Eduardo Jose Barbosa, Irfan Jaya (Tengah); Nemanja Kojic (Depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic

Prediksi Bola.com: 50-50

Lanjutkan Membaca ↓
Seri 4 BRI Liga 1 Akan Digelar di Bali, Sudah Boleh Ada Penonton di Stadion?