Prediksi Pertandingan BRI Liga 1, Arema FC vs Persela Lamongan: 2 Masalah Singo Edan

Oleh Iwan Setiawan pada 03 Okt 2021, 06:15 WIB
Diperbarui 03 Okt 2021, 17:16 WIB
BRI Liga 1 - Arema FC Vs Persela Lamongan
BRI Liga 1 - Arema FC Vs Persela Lamongan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Arema FC harus berduel dengan Persela Lamongan pada pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (03/10/2021). Laga bertajuk Derby Jawa Timur ini dihelat di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Kedua tim sama-sama baru mengoleksi enam poin dari lima laga. Sehingga posisi mereka masih berkutat di papan tengah dan masih bisa terseret lagi ke papan bawah. Semangat memperbaiki posisi di klasemen membuat dua tim Jatim ini bakal sama-sama ngotot berburu tiga poin.

Namun Arema punya dua persoalan yang membuat kekuatan mereka bisa tereduksi. Pertama, tiga pemain mereka, Ahmad Alfarizi, Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo absen untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Yang kedua, masalah recovery. Skuad Arema menjalani periode pemulihan sehari lebih sedikit ketimbang Persela. Jadi, kebugaran pemain lawan akan lebih bagus.

Pelatih Arema, Eduardo Almeida menyadari dua persoalan ini. Sehingga dia sudah menyiapkan antisipasinya. Tapi mantan pelatih Semen Padang ini masih merahasiakan siapa pengganti tiga pemain timnas dan caranya mengejar ketertinggalan recovery pemainnya.

“Tanpa pemain yang ke timnas, Arema akan tetap main dengan sebelas pemain. Kalau soal recovery memang benar (lebih minim). Tapi kami harap itu tidak akan berpengaruh,” jawabnya.

Artinya, Almeida tak ingin menganggap dua persoalan itu sebagai hal yang seruis. Sehingga pemainnya bisa tetap fokus menatap laga lawan Persela. Arema juga ingin melanjutkan tren positif. Karena di pekan kelima, mereka baru membukukan kemenangan pertama.

"Tentu seperti yang selalu saya bilang sebelumnya, kami akan tetap berjuang meraih tiga poin bagaimanapun kondisinya,” terang pelatih 43 tahun ini.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Recovery Persela Lebih Baik

BRI Liga 1 2021: Persela Lamongan vs Persiraja Banda Aceh
Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan saat melawan Persiraja Banda Aceh dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (28/9/2021). Persela menang 1-0. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Sedangkan di kubu Persela Lamongan, pelatih Iwan Setiawan bakal memanfaatkan keunggulan recovery pemainnya ketimbang Arema.

"Alhamdulillah recovery kami lebih baik. Persiapan juga bagus. Tidak ada pemain yang cedera. Tapi semua orang tahu Arema tim bagus. Butuh kerja keras menghadapi tim sekelas Arema,” kata mantan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Untuk memenangi duel ini, Persela harus bisa membongkar lini pertahanan Arema. Iwan sudah mengamati sejak awal musim performa kuartet pertahanan calon lawannya tersebut.

"Boleh dibilang Arema salah satu tim dengan pertahanan terbaik. Materi pemainnya ada Alfarizi, Bagas Adi, bek asing (Sergio Silva) dan bek kanan juga bagus (Rizky Dwi)," ujar Iwan.

"Untuk memecahkan pertahanan solid Arema bukan kerja ringan. Saya tekankan itu kepada pemain kami. Mudah-mudahan bisa maksimal,” harapnya.

Persela sendiri produktifitasnya juga belum bagus. Dari lima laga, mereka baru mengoleksi tiga gol. Dua diantaranya disumbangkan Ivan Carlos. Sedangkan satu lagi dicetak Gian Zola.

Hal di atas disadari Iwan. Sehingga memang perjuangannya tidak mudah mencetak gol ke gawang Arema. Tapi semangat pemain Persela sedang menggelora. Karena di laga sebelumnya, mereka baru memetik kemenangan 1-0 dari Persiraja Banda Aceh.

3 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Arema FC Vs Persela Lamongan
BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Arema FC Vs Persela Lamongan (Bola.com/Adreanus Titus)

Arema FC (4-3-3): Adilson Maringa (Kiper); Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi, Diego Michiels (Belakang); Hanif Sjahbandi, Renshi Yamaguchi, Dendi Santoso (Tengah); Feby Eka, Carlos Fortes, Ridwan Tawainella (Depan).

Pelatih: Eduardo Almeida

Persela Lamongan (4-2-3-1): Ravi Murdianto (Kiper); Birul Walidain, Demerson Bruno, M. Zaenuri, Nasir (Belakang); Ahmad Bustomi, Hermawan; Malik Risaldi, Gian Zola, Riyanto Abiyoso (Tengah); Ivan Carlos (Depan).

Pelatih: Iwan Setiawan

  • Prediksi Bola.com: 55-45
  • Live Indosiar
  • Live streaming Vidio
  • Minggu, 3 Oktober 2021
  • Kick-0ff 18.15 WIB 
4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Arema dan Persela Saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓