Sukses


BRI Liga 1: Madura United Berbagi Angka Lagi, RD Beri Selamat untuk Persipura

Bola.com, Jakarta - Madura United kembali meraih hasil imbang pada lanjutan BRI Liga 1 2021/2022. Laskar Sape Kerap terpaksa berbagi angka dengan skor 2-2 kontra Persipura Jayapura dalam laga pekan keenam di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (3/10/2021) sore.

Tim arahan Rahmad Darmawan itu mampu unggul dulu lewat gol-gol dari Rafael Silva (11’) dan David Laly (57’). Tapi, Persipura selalu berhasil membalasnya dengan gol penyama kedudukan berkat Ricky Kayame (55’) dan Feri Pahabol (67’).

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, sudah memasang skema agar mampu meredam kecepatan pemain sayap Persipura. Sayangnya, antisipasi itu gagal terwujud dengan kemampuan serangan balik cepat tim Mutiara Hitam.

“Pertandingan hari ini menarik. Sebenarnya, kami mampu meredam kecepatan lawan di babak pertama, terutama. Praktis, kami mampu memblok setiap kesempatan mereka mau masuk ke daerah kami. Kami sukses dalam mengantisipasi itu dengan melakukan serangan balik,” ungkap Rahmad Darmawan setelah pertandingan.

“Kami mampu unggul satu gol. Kami terlalu dalam sehingga saya putuskan untuk bermain di sepertiga lapangan tengah dengan ketat. Saya rasa tidak masalah dengan itu. Tapi, terkadang kami mengalami error yang terjadi di lapangan sehingga lawan mampu membalas gol,” imbuh pelatih Madura United itu.

 

2 dari 3 halaman

Apresiasi Perjuangan Pemain

Absennya dua stoper andalan Madura United cukup berpengaruh terhadap hasil pertandingan ini. Fachruddin Aryanto harus membela Timnas Indonesia, sedangkan Jaimerson Xavier mengalami cedera.

Sebagai gantinya, Kadek Raditya dan Kim Jinsung yang diplot menjaga jantung pertahanan sebenarnya mampu tampil apik. Hanya saja, para pemain Madura United terlihat kurang rapi dalam transisi menyerang ke bertahan.

“Secara keseluruhan, saya apresiasi perjuangan pemain, karena mereka sangat all out sesuai dengan game plan yang sudah kami siapkan. Juga tentu selamat kepada Persipura yang mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2,” ujar pelatih yang karib disapa RD itu.

“Sesuai ekspektasi dalam nilai, artinya jumlah poin, tidak (diharapkan). Tapi dalam peningkatan penampilan tim, iya. Dua hal ini, kami tidak puas dengan poin, tapi peningkatan permainan terus diperlihatkan membaik,” ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Evaluasi RD

Hasil ini membuat Madura United berada dalam tren imbang setelah bermain 0-0 melawan PSIS Semarang pada pekan lalu. Satu hal yang menurut RD harus menjadi evaluasi timnya adalah upaya meredam serangan balik cepat lawan.

“Semua (gol Persipura) diawali dari bola kami. Kami melakukan tendangan bebas dan mereka melakukan serangan balik. Tentu ada prinsip bertahan yang harus kami perbaiki, terutama bagaimana menghadapi serangan balik,” tutur pelatih berusia 54 tahun itu.

Madura United mengakhiri seri pertama BRI Liga 1 dengan bercokol di peringkat ke-10 klasemen sementara. Mereka meraih tujuh poin dari enam laga, hasil dari sekali menang, empat seri, dan satu kekalahan.     

Video Populer

Foto Populer