Sukses


Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Gegara Gol Mantan, Persebaya Keok dari PSIS

Bola.com, Cikarang - Persebaya Surabaya menelan kekalahan 2-3 dari PSIS Semarang pada pekan keenam BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (3/10/2021) malam WIB.

Kekalahan itu membuat Persebaya tak beranjak dari urutan ke-12 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan nilai enam. Mereka tertinggal enam poin dari PSIS yang menghuni posisi kedua.

Persebaya coba menguasai kendali permainan sejak menit pertama. Namun, beberapa kali upaya serangan mereka mampu dipatahkan barisan gelandang PSIS. Justru, gelandang Fandi Eko Utomo dua kali menebar ancaman ke gawang Persebaya dalam 10 menit pertama.

Fandi yang berstatus mantan pemain Persebaya akhirnya menyumbang gol untuk PSIS saat laga memasuki menit ke-14. Itu bermula dari eksekusi tendangan bebas yang dilakukan oleh Alfeandra Dewangga.

Bola mampu diblok oleh kiper Persebaya Andhika Ramadhani. Namun, bola muntah mengarah ke Fandi yang kemudian melepas tembakan keras mendatar. Jonathan Cantillana menghalangi pandangan Andhika dan gagal mengamankan bola yang mulus menggetarkan jala gawangnya.

Tiga menit berselang, Laskar Mahesa Jenar sukses menggandakan keunggulan. Kali ini lahir lewat skema serangan balik setelah Dewangga mengirim umpan lambung dari lini belakang langsung ke depan.

Bola berhasil diterima Bruno Silva yang kemudian mengirim umpan kepada Septian David Maulana. Tembakan David masih mampu ditepis, tapi bola rebound disambar Bruno dan memaksa Andhika kembali memungut bola dari gawangnya.

Dalam situasi tertinggal, Persebaya kian gencar melakukan serangan demi menyamakan kedudukan. Sayang, upaya mereka masih kerap mampu dipatahkan hingga akhirnya gol balasan itu lahir pada menit ke-25.

Gol ini tercipta berkat aksi individu Bruno Moreira yang melewati bek kanan Fredyan Wahyu. Dia bermaksud mengirim umpan tarik, tapi bola berusaha dihalau bek Wallace Costa yang malah masuk ke gawang sendiri. Gol itu dianggap bunuh diri dari kapten PSIS tersebut.

Permainan agresif Persebaya masih terus berjalan dengan situasi PSIS yang memilih menunggu dan mengandalkan serangan balik. Namun, hingga turun minum, skor 2-1 untuk keunggulan PSIS Semarang masih bertahan.

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua:

Persebaya kembali tancap gas untuk mampu menyamakan kedudukan. Satu di antaranya dengan cara pelatih Aji Santoso menarik keluar Samsul Arif dan memasukkan striker Jose Wilkson. Namun, upaya membangun serangan masih gagal.

Tim asal Kota Pahlawan itu justru dirundung kesialan pada menit ke-50 karena mendapat hukuman penalti. Jose Wilkson melakukan handsball, setelah tangannya menyentuh bola yang disundul oleh Riyan Ardiansyah.

Wasit Nusur Fadillah menunjuk titik putih tapi mendapat protes keras dari para pemain Persebaya. Dalam tayangan ulang, Wilkson membelaki Riyan sehingga itu dianggap sebagai gerakan pasif. Tapi, wasit tak bergeming.

Jonathan Cantillana yang tampil sebagai eksekutor penalti pun menunaikan tugasnya dengan baik. Dia mampu memperdaya Andhika dengan mengarahkan tembakan ke kiri gawang Persebaya dan membuat kedudukan menjadi 3-1 untuk PSIS Semarang.

Pada menit ke-85, Persebaya memperkecil ketertinggalan. Striker Johan Yoga Utama, yang juga berstatus mantan pemain PSIS, membobol gawang Jandia lewat sundulan setelah memanfaatkan umpan silang Taisei Marukawa.

Segala cara dilakukan oleh Persebaya untuk mampu mencetak gol tambahan. Namun, tidak ada lagi gol yang tercipta sampai wasit Nusur Fadillah meniup peluit berbunyi panjang. PSIS Semarang mengemas tiga poin dengan kemenangan 3-2

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain:

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Arif Satria, Mokhamad Syaifuddin, Reva Adi Utama (belakang); Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Bruno Moreira (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Aji Santoso

PSIS (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Frendi Saputra, Alfeandra Dewangga (belakang); Finky Pasamba, Riyan Ardiansyah, Fandi Eko Utomo (tengah); Septian David Maulana, Bruno Silva, Jonathan Cantillana (depan)

Pelatih: Imran Nahumarury

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu:

Video Populer

Foto Populer