Sukses


Rapor Klub Elite di BRI Liga 1: Persija Perlahan Bangkit, Persib Belum Nendang

Bola.com, Jakarta - Seri pertama BRI Liga 1 2021/2022 telah rampung pada Minggu (3/10/2021). Sebanyak enam pekan pertandingan telah dimainkan semua tim.

Hasilnya cukup mengejutkan karena ada sejumlah klub elite Indonesia yang susah payah bersaing pada BRI Liga 1 2021/2022. Situasi itu menjadi bukti ketatnya persaingan yang terjadi pada kompetisi elite Indonesia itu.

Bhayangkara FC menjadi klub pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1. Klub berjulukan The Guardians itu mengoleksi 16 poin hasil enam pertandingan.

Bhayangkara FC juga menjadi satu dari lima klub BRI Liga 1 yang belum terkalahkan. Pencapaian yang diraih Bhayangkara FC lebih baik dari klub-klub lawas yang punya sejarah panjang di Indonesia.

Sejumlah masalah dihadapi banyak klub elite Indonesia. Mulai dari kurangnya persiapan, buruknya pertahanan, hingga tumpulnya lini depan dijadikan alasan oleh sejumlah klub besar.

Lantas, seperti apa rapor klub-klub elite Indonesia pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022? Berikut ini rapor enam klub elite Indonesia sampai enam pekan pertandingan yang sudah dimainkan.

2 dari 7 halaman

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya bisa dibilang sebagai tim terproduktif kedua di BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Bajul Ijo itu tercatat mencetak 10 gol dalam enam pertandingan.

Sayangnya, ketajaman Persebaya di lini depan tak diimbangi dengan kualitas lini pertahanan. Persebaya juga jadi klub paling banyak kebobolan sampai pekan keenam BRI Liga 1.

Persebaya tercatat kebobolan 12 gol. Selain itu, Persebaya juga sudah menelan empat kekalahan musim ini.

Klub asuhan Aji Santoso harus puas berada di posisi ke-12 dengan nilai enam poin. Pelatih Aji Santoso harus segera melakukan evaluasi menyeluruh agar Persebaya bisa segera bangkit di BRI Liga 1.

3 dari 7 halaman

Persipura Jayapura

Persipura Jayapura mengalami situasi sulit pada awal musim BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu terpuruk di urutan ke-14 klasemen sementara.

Pasukan Jacksen F. Tiago hanya mampu mengumpulkan lima poin dari enam pertandingan. Persipura tercatat hanya mencetak lima gol.

Situasi ini menjadi bukti kurang tajamnya kualitas lini depan Persipura. Selain itu, masalah juga tampak nyata di lini pertahanan.

Persipura sudah kebobolan tujuh gol dari enam pertandingan. Pelatih Jacksen F. Tiago memaklumi situasi tersebut karena minimnya sumber daya pemain yang dimiliki serta adanya masalah cedera.

4 dari 7 halaman

PSM Makassar

PSM Makassar menjadi klub yang masih berburu konsistensi di BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Juku Eja itu saat ini menghuni peringkat tujuh klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin.

Jumlah itu dikumpulkan PSM melalui dua kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah. PSM sejatinya merupakan tim produktif di BRI Liga 1 dengan torehan sembilan gol dari enam laga.

Namun, situasi itu tak diimbangi dengan kualitas lini belakang yang baik. Dalam enam pertandingan, PSM juga telah kebobolan delapan gol.

Masalah ini tentu harus menjadi bahan evaluasi dari pelatih Milomir Seslija. PSM harus seger menemukan formula tepat untuk bisa bersaing dan bangkit pada seri kedua BRI Liga 1.

5 dari 7 halaman

Arema FC

Arema FC sempat mengawali musim ini dengan lambat. Klub berjulukan Singo Edan itu meraih dua kali imbang pada awal musim.

Perlahan tetapi pasti, Arema bangkit dan meraih kemenangan. Arema saat ini berada di urutan keenam klasemen sementara dengan raihan sembilan poin.

Jumlah itu dikumpulkan berkat dua kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah. Arema tercatat sudah mencetak tujuh gol dalam enam pertandingan.

Namun, Arema juga telah kebobolan empat kali dari enam laga tersebut. Situasi ini menjadi bukti masih rapuhnya lini pertahanan dari Arema.

6 dari 7 halaman

Persib Bandung

Persib Bandung sempat ngegas pada awal musim BRI Liga 1 2021/2022. Klub asal Jawa Barat berhasil meraih dua kemenangan beruntun pada awal musim.

Namun, setelah itu Persib mengalami stagnansi. Situasi itu dibuktikan dengan raihan empat kali imbang secara beruntun yang diraih.

Persib memiliki masalah nyata pada lini depan karena hanya mampu mencetak enam gol dalam enam pertandingan. Kualitas lini belakang Persib juga masih rapuh.

Dalam enam pertandingan, Persib kebobolan empat gol. Klub berjulukan Maung Bandung itu saat ini berada di urutan kelima dengan koleksi 10 poin.

7 dari 7 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta sempat mengawali BRI Liga 1 2021/2022 dengan raihan kurang maksimal. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu meraih tiga kali imbang secara beruntun.

Namun, perlahan-lahan klub asuhan Angelo Alessio itu bangkit. Persija meraih kemenangan demi kemenangan hingga saat ini sukses menembus posisi empat dengan koleksi 10 poin.

Jumlah itu dikumpulkan berkat dua kemenangan dan empat kali imbang. Namun, penyelesaian akhir masih jadi pekerjaan rumah Persija dengan dibuktikan minimnya gol yang dicetak.

Persija hanya mampu mencetak tujuh gol dari enam laga. Adapun Persija tercatat kebobolan lima gol sejauh ini.

Video Populer

Foto Populer