Sukses


Performa Persija Kentang Banget, Ini 3 PR yang Mesti Dibenahi Jelang Seri Kedua BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dan seluruh peserta BRI Liga 1 2021/2022 telah menyelesaikan rangkaian seri pertama. Meski belum terkalahkan, ada beberapa pekerjaan rumah yang mesti segera diselesaikan jelang bergulirnya seri kedua.

Sebenarnya tidak hanya Persija Jakarta yang performanya kurang meyakinkan. Masih banyak tim yang memang terkendala selama seri pertama BRI Liga 1 2021/2022.

Kurangnya persiapan, buruknya pertahanan, hingga tumpulnya lini depan dijadikan alasan oleh sejumlah klub besar menyangkut melempemnya prestasi mereka jadi alasan. Absen bertanding di arena kompetitif selama setahun lebih juga jadi penyebab.

Hingga pekan keenam, Persija duduk di posisi keempat klasemen sementara. Mengoleksi 10 poin, tim berjulukan Macan Kemayoran itu terpaut enam poin dari Bhayangkara FC, sang pemuncak berkat lima kali menang dan sekali imbang.

Persija Jakarta juga jadi satu dari lima tim BRI Liga 1 2021/2022 yang belum terkalahkan. Namun demikian, penampilan Riko Simanjuntak cs bisa dibilang kentang, prokem kekinian yang bisa berarti pas-pasan atau justru tanggung banget.

Pelatih Persija, Angelo Alessio bisa saja beralasan kalau ia tidak puas dengan komposisi pemain yang ada, tapi sebagai juru taktik yang punya pengalaman segudang, tekanan dari suporter tetap harus diselesaikan. Keroposnya skuad Persija setelah ditinggalkan sejumlah pemain pentingnya disinyalir menjadi penyebab Macan Kemayoran susah bersaing pada musim ini.

Persija Jakarta melepas Sandi Sute, Alfath Faathier, dan Heri Susanto ke Persis Solo dan memutus kontrak Marc Klok yang bergabung dengan Persib Bandung sebelum BRI Liga 1 dimulai. Alih-alih mencari pengganti, Macan Kemayoran justru mempromosikan banyak pemain muda untuk melapisi tim utama yang masih diisi oleh Marko Simic, Marco Motta, hingga Riko Simanjuntak.

"Saya belum ingin mengatakan apa-apa tentang itu. Kami harus bermain selama dua bulan dengan pemain yang ada," jelas Alessio.

"Saya percaya dengan pemain saya. Saya harus memberikan mereka pengalaman dan pengetahuan dari saya. Namun, saya tidak bisa mengatakan berapa banyak pemain yang saya butuhkan," tutur Alessio.

Alessio enggan berpikir terlalu jauh mengingat fokusnya sekarang masih tertuju kepada kemenangan. Arsitek asal Italia itu menyerahkan urusan bursa transfer kepada manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas.

"Bambang Pamungkas tahu situasinya. Saya pikir di bursa transfer, kami akan melakukan sesuatu. Namun, sekarang saya tidak bisa tidur. Saya harus berpikir solusi dengan pemain yang ada. Saya harus meningkatkan mereka sekarang. Saya harus mendorong mereka untuk mencoba meraih kemenangan," ucap mantan pelatih Antonio Conte ini.

Terlepas dari situasi tersebut, kali ini Bola.com mencoba mengulas tiga pekerjaan rumah yang mesti dibenahi Persija Jakarta jelang bergulirnya seri kedua BRI Liga 1 2021/2022.

 

2 dari 5 halaman

Penyelesaian Akhir

Persija Jakarta sempat mengawali BRI Liga 1 2021/2022 dengan raihan kurang maksimal. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu meraih tiga kali imbang secara beruntun.

Namun, perlahan-lahan klub asuhan Angelo Alessio itu bangkit. Persija meraih kemenangan demi kemenangan hingga saat ini sukses menembus posisi empat dengan koleksi 10 poin.

Jumlah itu dikumpulkan berkat dua kemenangan dan empat kali imbang. Namun, penyelesaian akhir masih jadi pekerjaan rumah Persija dengan dibuktikan minimnya gol yang dicetak.

Persija hanya mampu mencetak tujuh gol dari enam laga, berbanding lima kebobolan.

 

3 dari 5 halaman

Efisiensi

Pada pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, Persija Jakarta mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor tipis 1-0. Satu hal yang patut disimak, Marco Motta dkk. mengoleksi 61 persen penguasaan bola.

Ini sesuatu yang bagus, tapi dengan penguasaan bola sebesar itu, Persija seharusnya bisa mencetak lebih dari satu gol.

Selain itu, pertahanan Persija juga patut disorot. Melawan Persiraja yang cuma mengoleksi 39 persen penguasaan bola, gawang Adixi Lenzivio dibombardir enam peluang, tiga di antaranya mengarah ke gawang, sama dengan Persija.

 

4 dari 5 halaman

Konsentrasi dan Komposisi Pemain

Usai ditahan imbang Persita Tangerang, Angelo Alessio mengeluhkan situasi sulit di tubuh Persija Jakarta. Mereka empat kali meraih hasil imbang dari enam pertandingan di BRI Liga 1.

Ironisnya, tiga dari empat hasil imbang Macan Kemayoran terjadi ketika Marko Simic dkk. telah unggul lebih dulu sebelum mampu dikejar oleh lawan. Komposisi pemain Persija di musim ini juga tidak cukup dalam mengingat pemain pelapis diisi oleh mayoritas pemain muda.

"Saya ingin menunjukkan karena saya harus meningkatkan para pemain. Di sini banyak pemain muda. Jika Anda tidak melihat ini, ini rumit. Sangat rumit," tutur Alessio.

"Kami harus bekerja keras, kami harus berkembang, dan kami harus menang. Kami harus mengerahkan segalanya untuk menang," ujar pelatih asal Italia itu.

5 dari 5 halaman

Posisi Persija saat Ini

Video Populer

Foto Populer