Sukses


Timnas Indonesia: Pasang Surut Karier Osvaldo Haay, Dulu Andalan hingga Kini Jadi Pesakitan di Era Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Nama Osvaldo Haay mulai tenar pada 2016. Kala itu, ia melejit menjadi wonderkid Persipura Jayapura di Indonesia Soccer Championship (ISC) A.

Sejak 2017, namanya hampir tidak pernah absen menghiasi Timnas Indonesia, baik level senior maupun U-23, sebelum Shin Tae-yong membuka boroknya sebagai pemain indisipliner.

Semuanya berawal dari pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia untuk persiapan babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 19-30 September 2021.

Osvaldo Haay dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong bersama 35 pemain lainnya untuk training centre di Jakarta.

Ketika pemusatan latihan itu selesai, Shin Tae-yong kembali memanggil 30 pemain ke Timnas Indonesia, namun dengan komposisi yang berbeda untuk melawan Chinese Taipei pada 7 dan 11 Oktober 2021.

Dari daftar 30 pemain Timnas Indonesia itu, nihil nama Osvaldo Haay.

2 dari 4 halaman

Osvaldo Haay Mangkir dari Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong mengungkapkan sengaja tidak melibatkan Osvaldo Haay untuk menghadapi Chinese Taipei. Winger Persija Jakarta itu mangkir pada pemusatan latihan sebelumnya.

Sehari sebelum Shin Tae-yong mengumumkan 30 pemain Timnas Indonesia untuk melawan Chinese Taipei, Osvaldo Haay dihajar cedera ketika membela Persija di BRI Liga 1 2021/2022.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu divonis mengalami cedera tulang kering dan membutuhkan waktu sekitar sebulan untuk pulih.

"Saat ini, saya tidak memanggil Osvaldo Haay ke Timnas Indonesia karena dia tidak mau bergabung dalam pemusatan latihan pada 19 September 2021," kata Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

"Dia bilang sedang sakit, namun tidak ada pemberitahuan ke saya. Pemain harus memiliki tanggung jawab dan disiplin tinggi. Apalagi ini pemanggilan ke Timnas Indonesia," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Hampir Tidak Pernah Absen

Sejak membela Timnas Indonesia pada 2017, terutama untuk U-22 dan U-23, Osvaldo Haay hampir tidak pernah absen di turnamen mayor.

Osvaldo Haay bermain di SEA Games 2017 bersama Timnas Indonesia U-22 dan Asia Games 2018 dengan timnas U-23.

Selama Luis Milla menukangi Timnas Indonesia senior dan U-22 serta U-23, nama Osvaldo Haay tidak pernah hilang dari daftar pemainnya.

Maklum, kala itu kualitas Osvaldo Haay di atas rata-rata pemain seusianya.

Namun, setelah Luis Milla digantikan oleh Bima Sakti dan berlanjut kepada Simon McMenemy, Osvaldo Haay mulai kehilangan tempat di Timnas Indonesia senior.

Osvaldo Haay melewatkan Piala AFF 2018 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada 2019 bersama Timnas Indonesia.

Akan tetapi, Osvaldo Haay masih tidak tergantikan di Timnas Indonesia U-22.

4 dari 4 halaman

Juara Piala AFF U-22 dan Top Scorer SEA Games 2019

Osvaldo Haay berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 polesan Indra Sjafri menjuarai Piala AFF U-22 2019.

Masih bersama Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay keluar sebagai top scorer SEA Games 2019 bersama striker Vietnam, Ha Duc Chinh dengan delapan gol.

Setelah usianya melewati level U-22, Osvaldo Haay sebenarnya sempat mengunci satu tempat di Timnas Indonesia senior racikan Shin Tae-yong.

Namanya konsisten menghiasi dafar pemain Timnas Indonesia dalam setiap pemusatan latihan. Pemain kelahiran 17 Mei 1998 itu juga masuk dalam skuad untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021.

Celakanya, Osvaldo Haay malah berulah di pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 19-30 September 2021. Akibatnya, winger asal Jayapura, Papua itu di-black list oleh Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer