Sukses


Timnas Indonesia: Kilas Balik Laga Kontra Chinese Taipei, Merah Putih Pesta Gol di Stadion Patriot dalam Ajang Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani play-off babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Chinese Taipei. Pertandingan ini digelar dalam due leg pada 7 dan 11 Oktober 2021 di Buriram, Thailand.

Timnas Indonesia yang telah tiba di Buriram pada Minggu (3/5/2021), menggelar latihan pertama untuk menghadapi Chinese Taipei pada keesokan harinya di Chang Training Ground, Buriram.

Pertandingan ini akan memastikan apakah Tim Garuda akan masih memiliki kesempatan untuk tampil di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia terakhir kalinya turut serta pada ajang itu pada 2007.

Timnas Indonesia pernah bersua Chinese Taipei pada Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Bekasi. Pada laga ini, Stefano Lilipaly dkk. menang telak 4-0.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Timnas Indonesia U-23 bermain menekan sejak bola digulirkan. Sejumlah peluang bagus didapat tim asuhan Luis Milla tersebut.

Pada menit kedelapan, Stefano Lilipaly memiliki kesempatan untuk membobol gawang Chinese Taipei. Akan tetapi, Lilipaly gagal menyambar umpan silang yang dilepaskan Febri Hariyadi dari sisi kiri.

Alberto Goncalves dan Lilipaly bergantian mengancam gawang timnas Chinese Taipei. Namun, peluang yang didapatkan Beto pada menit ke-15 dan 19, serta Lilipaly menit ke-16 masih belum membobol gawang sang lawan.

Peluang demi peluang didapatkan Timnas Indonesia, tapi skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

2 dari 4 halaman

Mengamuk pada Babak Kedua

Masuk interval kedua, Timnas Indonesia U-23 langsung tancap gas. Pada menit ke-67, Indonesia akhirnya mampu memecah kebuntuan. Eksekusi tendangan bebas Febri Haryadi berhasil dikonversikan Stefano Lilipaly menjadi gol dengan sundulan.

Empat menit berselang, giliran Beto yang mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus menggandakan keunggulan Indonesia. Bola hasil tembakan penyerang Sriwijaya FC itu yang memanfaatkan umpan backheel Lilipaly, menghujam deras gawang Chinese Taipei.

Pada menit ke-76, Stefano Lilipaly mencetak gol indah dan membawa skuat Garuda Muda unggul 3-0. Umpan lambung Rezaldi Hehanussa dari sisi kiri dapat dituntaskan Lilipaly menjadi gol dengan sepakan salto.

Pada injury time, tepatnya menit ke-90+3, Timnas Indonesia U-23 memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Bola hasil tembakan keras Hargianto dari luar kotak penalti melesat mulus masuk ke dalam gawang Chinese Taipei. Sampai laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

3 dari 4 halaman

Harus Bisa Manfaatkan Keuntungan

Jelang Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 dan 11 Oktober 2021, Evan Dimas dan kawan-kawan cukup diuntungkan menjelang pertemuan di Thailand nanti.

Pelatih Chinese Taipei, Wang Jiazhong, diskors oleh federasi sepak bola mereka karena melakukan pembiaran terhadap tindakan indisipliner yang dilakukan para pemain Timnas Chinese Taipei. Selain sang pelatih, enam pemain yakni Jiahunag, Chen Haowei, Bai Shaoyu, Li Xiangwei, dan Lin Mingwei dan Duan Zhu, juga kena hukuman skorsing. 

Kondisi ini membuat Timnas Chinese Taipei akan dipimpin oleh Ye Xianzhong dalam dua pertandingan melawan Timnas Indonesia. Eks kapten Timnas Indonesia, Agung Setyabudi, menilai anak asuh Shin Tae-yong wajib memaksimalkan keuntungan.

"Timnas Indonesia seharusnya bisa memanfaatkan situasi lawan. Banyak pemain mereka yang absen termasuk pelatihnya berarti itu menjadi di kekurangan mereka," terangnya kepada Bola.com, Selasa (5/10/2021).

"Shin Tae-yong pasti tahu apa yang harus dilakukan para pemainnya. Termasuk dalam menyusun skuadnya yang merata di semua lini. Karena berbicara di Timnas Indonesia tentunya tidak ada perbedaan dari segi kualitas," tutur Agung, yang mencatatkan 53 penampilan di Timnas Indonesia itu.

Pria asal Kota Solo itu juga menegaskan kekuatan Chinese Taipei tidak perlu terlalu ditakuti oleh Timnas Indonesia. Menurutnya Egy Maulana Vikri dkk. minimal bisa memenangkan pertandingan nanti.

"Chinese Taipei sebenarnya tidak terlalu kuat. Mereka masih setara dengan seperti Singapura, masih di bawah Vietnam jadi saya rasa Timnas Indonesia bisa mengalahkan mereka," tegas Agung Setyabudi.

4 dari 4 halaman

Jadwal

Leg pertama Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

  • 7 Oktober 2021
  • Timnas Indonesia vs Chinese Taipei
  • Stadion: Buriram Stadium
  • Kick-off: 19.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio

Leg kedua Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

  • 11 Oktober 2021
  • Chinese Taipei vs Timnas Indonesia
  • Stadion: Buriram Stadium
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer