Sukses


Termasuk Melempemnya Lini Depan, Ini 3 PR Arema FC yang Wajib Dibenahi Jelang Seri Kedua BRI Liga 1 2021

Bola.com, Malang - Posisi Arema FC di klasemen BRI Liga 1 2021/2022 terus membaik. Namun, masih banyak PR yang mesti dibenahi manajemen tim memasuki seri kedua mulai 17 Oktober mendatang.

Dua kemenangan dari Persipura Jayapura dan Persela Lamongan membuat Arema FC untuk sementara berada di posisiĀ enam dengan 9 poin. Dari laga ke laga, progres permainan tim berjuluk Singo Edan ini juga membaik.

Namun demikian, hal itu tak membuat pelatih Arema, Eduardo Almeida cepat puas. Pelatih asal Portugal ini memeliat timnya masih bisa berkembang lagi.

Dia tak menyebutkan apa saja perbaikan yang akan dilakukannya untuk seri kedua yang akan digelar di Jawa Tengah pada 17 Oktober - 6 November mendatang.Ā Sebab, Arema dihadapkan dengan lima laga berat, di antaranya melawan Persija Jakarta, Madura United dan Persebaya Surabaya.

Jika melihat permainan Arema FC dalamĀ enam lagaĀ pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022, ada beberapa poin yang harus jadi perhatian tim pelatih. Berikut ini ulasannya:

Ā 

2 dari 5 halaman

Memulihkan Ketajaman Dua Penyerang Timnas Indonesia

Arema FC sempat dihadapkan dengan persoalan produktifitas. Lima laga pertama maksimal mereka hanya bisa mencetak satu gol di satu partai. Baru pekan keenam Arema berhasil menang telak tiga gol tanpa balas lawan Persela.

Uniknya, Striker Arema, Carlos Fortes bersinar ketika dia tidak ditandemkan dengan Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan. Dua penyerang lokal itu absen untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Ironis memang. Arema justru banyak membuang peluang ketika diperkuat dua penyerang berlabel timnas.

Jadi, tim pelatih Arema punya pekerjaan untuk memulihkan ketajaman Dedik dan Yudo sehingga mereka punya tumpuan lain di lini depan. Karena pada seri kedua, dipastikan Fortes akan selalu dapat pengawalan ketat dari pemain belakang lawan.

Almeida mengakui jika dia sudah berupaya membuat Dedik dan Yudo kembali tajam. Dalam sesi latihan, program finishing touch selau diberikan. Tinggal menunggu waktu setelah kembali dari Timnas Indonesia, apakah mereka bisa mencetak gol atau tetap melempem.

Ā 

3 dari 5 halaman

Siapkan Pelapis Kuartet Pertahanan

Enam laga hanya kemasukan empat gol. Catatan yang apik bagi lini belakang Arema. Itu jadi jumlah kemasukan paling sedikit di Liga 1.

Selain dibantu kiper tangguh Adilson Maringa, Arema juga punya kuarter pertahanan yang bagus. Yakni Ahmad Alfarizi, Bagas Adi, Sergio Silva dan Rizky Dwi.

Tapi pada seri kedua, Arema harus mulai mempersiapkan pemain pelapisnya. Karena Singo Edan selalu memasang kuartet itu dalam setiap laga. Hanya di pekan enam posisi Alfarizi digantikan Diego Michiels. Bisa Arema pemain inti dan pelapis di sektor pertahanan agak timpang.

Di posisi stoper, hanya Ikhfanul Alam yang dibilang punya pengalaman. Pemain lain seperti Achmad Galih, Figo Ramadani baru promosi dari Akademi Arema.

Untungya saat ini lini belakang Arema FC terbilang aman dari akumulasi kartu kuning. Hanya Rizky Dwi yang sudah mengantongi dua kartu kuning. Sedangkan Sergio, Bagas dan Alfarizi belum dapat kartu.

Ā 

4 dari 5 halaman

Tingkatkan Kreatifitas Lini Tengah

Musim ini Arema tak punya gelandang yang bisa mengatur irama permainan. Mereka lebih banyak memanfaatkan kelebihan pemain sayap. Jika lawan mengunci para pemain sayap, kreatifitas lini tengah yang harus punya peran lebih besar.

Sebelumnya, Arema punya gelandang serang sekaligus playmaker seperti Gustavo Lopez atau Makan Konate. Sebenarnya Arema punya gelandang yang punya naluri menyerang. Seperti Dave Mustaine, Namun dia lebih banyak jadi cadangan. Karena pelatih Eduardo Almeida cenderung memasang dua gelandang bertahan. Seperti Hanif Sjahbandi dan Renshi Yamaguchi.

Jadi, dua pemain ini dibebani tugas lebih berat. Selain memutus serangan dari lini tengah, Hanif dan Renshi juga ditugasi mengatur skema serangan Arema. Jika sektor sayap buntu, mau atau tidak mereka harus mulai mencoba melakukan determinasi di tengah.

5 dari 5 halaman

Posisi Arema FC saat Ini

Video Populer

Foto Populer