Sukses


Terpuruk Seperti Musim 2019, Persipura Bisa Melesat pada Akhir Musim BRI Liga 1?

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura menjadi satu dari beberapa tim yang terpuruk pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022. Dalam enam pertandingan awal, mereka hanya sanggup meraih lima poin, hasil dari satu kemenangan, dua kali bermain imbang, dan tiga kekalahan.

Kepergian penyerang legendaris, Boaz Solossa, jadi satu alasan mengapa Persipura Jayapura terseok-seok. Lima gol yang diciptakan sejauh ini tentu sangat timpang dengan permainan atraktif yang diperagakan Ian Kabes dkk.

Yevhen Bokhashvili yang didatangkan masih belum bertaji selagi dia lebih banyak berada di ruang perawatan karena cedera. Dalam dua laga yang dijalani, mantan penggawa PSS Sleman itu hanya mampu menciptakan satu assist.

Alhasil, pelatih Jacksen Tiago itu hanya bisa mengandalkan nama-nama lokal di lini depan. Tapi masalahnya, tak ada pemain yang memiliki kualitas setara Boaz Solossa.

Todd Ferre dan Gunansar Mandowen masih sering angin-anginan. Sementara Ramai Rumakiek yang mencuat di awal BRI Liga 1 belum bisa diandalkan untuk mencetak gol secara rutin untuk Persipura Jayapura dalam setiap pekannya.

 

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama Terpuruk

Sebetulnya, ini bukan kali pertama tim berjulukan Mutiara Hitam itu terdampar di zona merah. Pada musim 2019, mereka bahkan memiliki catatan yang lebih buruk.

Dalam enam pertandingan awal, mereka sama sekali tak mampu meraih kemenangan. Mereka hanya mampu mendapatkan tiga angka dan terdampar di peringkat 16.

Setelah dihajar Persib Bandung, mereka berturut-turut ditahan imbang Persela Lamongan dan PSS Sleman. Selanjutnya, mereka tumbang atas TIRA Persikabo (kini Persikabo 1973), imbang dengan Semen Padang dan menelan kekalahan dari Arema FC.

Luciano Leandro pun hanya memiliki karier seumur jagung. Dalam laga kontra Arema FC, Persipura Jayapura sudah tak memiliki pelatih kepala sebelum akhirnya Jacksen F Tiago datang menyelamatkan musim mereka.

Pada akhir musim 2019, secara luar biasa Persipura berada di posisi ketiga, di bawah sang juara, Bali United, dan Persebaya Surabaya yang juga meningkat dengan drastis sejak kedatangan Aji Santoso di kursi pelatih.

 

3 dari 4 halaman

Bagaimana Masa Depan Jacksen F Tiago?

Menyalahkan Jacksen F Tiago atas kegagalan-kegagalan Persipura Jayapura jelas bukan hal yang elok. Pelatih asal Brasil itu tak memiliki banyak opsi selagi empat pemain asingnya tak bisa bertanding dalam pekan-pekan awal.

Alhasil, Persipura harus bermain dengan hanya satu pemain asing. Untuk mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021/22, hal itu jelas bukan hal yang ideal.

Dengan jeda dua pekan sebelum seri kedua dimulai, Jacksen tentu berharap pemain asing yang mengalami cedera berangsur segera pulih. Kehadiran mereka sangat diharapkan menambah kekuatan Persipura.

Tapi, jika hal itu tak bisa terjadi, tentu tugas Jacksen bakal makin berat. Bukan tak mungkin surat pemecatan akan menghampirinya sekalipun itu bukan sepenuhnya kesalahannya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persipura di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer