Sukses


Timnas Indonesia Vs Chinese Taipei: Ramai Rumakiek, Mutiara Persipura yang Langsung Tebar Pesona Bersama Skuad Garuda

Bola.com, Jakarta - Ramai Melvin Rumakiek menikmati momen istimewa pada leg pertama Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia kontra Chinese Taipei, Kamis (7/10/2021). Ia melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia senior, bahkan langsung mencetak gol untuk tim Merah-putih pada laga yang berkesudahan 2-1 untuk Skuad Garuda itu.

Ramai Rumakiek diturunkan sejak menit pertama oleh pelatih Shin Tae-yong pada pertandingan ini untuk diduetkan dengan Kushedya Hari Yudo. Meski melakoni debut di level Timnas Indonesia senior, pemain berusia 19 tahun itu tampil cukup percaya diri.

Benar saja, saat laga baru berjalan 19 menit, Ramai Rumakiek mengoyak jala gawang Chinese Taipei dengan cerdik. Memanfaatkan umpan silang dari Miftah Anwar Sani, Ramai melakukan kontrol menawan di antara dua pemain lawan dan memiliki ruang tembak yang ideal.

Ia lantas menyelesaikan peluang itu dengan tenang ke pojok gawang Shin Shin An. Itu jadi gol yang indah dan berkesan bagi Rumakiek dalam debutnya bersama Timnas Indonesia.

Sayangnya, setelah beberapa kali mendapatkan tekel dari pemain lawan, Ramai Rumakiek mengalami cedera. Ia harus meninggalkan lapangan lebih cepat dan digantikan oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-27.

Namun berkat performanya di pertandingan ini, pemain kelahiran Jayapura, 19 April 2002, menjadi andalan baru bagi Timnas Indonesia layaknya penampilan bersama Persipura.

 

2 dari 3 halaman

Seperti De Javu

Momen Ramai Rumakiek mencetak gol ke gawang Timnas Chinese Taipei seperti sebuah de javu baginya. Ini seperti saat Ramai Rumakiek melakoni debutnya di BRI Liga 1 2021/2022 bersama Persipura dan langsung mencetak gol. Tepatnya saat Persipura melakoni partai perdana melawan Persita Tangerang (28/8/2021).

Pada laga tersebut, Ramai Rumakiek menciptakan gol dengan tandukan. Menyambut umpan silang Yevhen Bokhasvili, ia mampu melompat lebih tinggi dari dua bek Persita untuk kemudian menanduk bola dan masuk ke gawang.

Lompatannya yang tinggi membuat pemain bertahan Persita tak kuasa menghalau pergerakan Ramai. Meski Tim Mutiara Hitam (julukan Persipura Jayapura) kalah, penampilan pemain muda tersebut menjadi sesuatu yang istimewa.

 

3 dari 3 halaman

Penuh Potensi

Tampaknya keputusan Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia cukup tepat. Ramai Rumakiek tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dan nyetel dengan Evan Dimas dkk. Ramai Rumakiek merupakan pemain yang potensial.

Pelatihnya di Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mengakui potensi yang dimiliki Ramai Melvin Rumakiek. Namun, pelatih asal Brasil itu juga mengakui butuhnya pengawalan terhadap pemain-pemain muda potensial seperti Ramai.

"Ramai ini adalah seorang anak muda yang tentunya masih labil secara emosional. Usianya baru 18 tahun dan kami perlu hati-hati untuk menjaganya. Saya tidak bisa bicara apakah dia akan menjadi pemain muda terbaik nantinya, karena semua akan kembali dan tegantung kepada dirinya sendiri," ujar Jacksen F. Tiago (6/9/2021).

"Kalau ke depan dia tetap rendah hati dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh tim pelatih kepadanya, saya yakin dia bisa menjadi pemain yang luar biasa hebat. Bahkan menurut saya dia punya kemampuan yang melebihi Todd Ferre," tegas Jacksen.

Video Populer

Foto Populer