Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Tak Puas dengan Kemenangan Tipis atas Chinese Taipei

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 07 Okt 2021, 22:25 WIB
Diperbarui 07 Okt 2021, 22:38 WIB
Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak sepenuhnya puas dengan kemenanga 2-1 yang diraih atas Chinese Taipei pada laga leg 1 Play Off Piala Asia 2023. (dok. AFC)

Bola.com, Buriram - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak sepenuhnya puas dengan kemenangan 2-1 yang diraih timnya atas Chinese Taipei pada laga leg 1 play-off kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021).

Timnas Indonesia tampil dominan sepanjang pertandingan melawan Chinese Taipei. Permainan agresif skuad Garuda semakin bertambah setelah unggul dua gol melalui aksi Ramai Rumakiek (16') dan Evan Dimas (48').

Namun, tak ada lagi gol yang mampu dicetak Timnas Indonesia meskipun punya banyak peluang yang didapat. Chinese Taipei justu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-90 melalui Hsu Heng-pin.

Gagal memaksimalkan peluang untuk menjadi gol dan kebobolan pada menit akhir menjadi sorotan utama Shin Tae-yong. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu tetap mengapresiasi kinerja anak asuhnya.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemain Timnas Indonesia. Memang para pemain sudah sangat bekerja keras, akan tetapi ada banyak peluang untuk mencetak gol tambahan. Jadi sangat disayangkan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Kemudian kami kebobolan pada menit-menit terakhir. Akan tetapi, Timnas Indonesia saat ini sedang dalam proses untuk lebih baik lagi," ucap Shin Tae-yong.

Kemenangan ini menjadi modal berharga untuk Timnas Indonesia. Pada leg kedua yang digelar Senin (11/7/2021), giliran Timnas Garuda yang menjadi tim tamu pada duel tetap digelar di venue sama.

2 dari 3 halaman

Menolak Santai

Evan Dimas
Evan Dimas layak didapuk sebagai man of the match kemenangan Timnas Indonesia atas Chinese Taipei karena mencetak gol dan punya peran penting di lapangan. (dok. AFC)

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas, bersyukur dengan kemenangan 2-1 yang diraih atas Chinese Taipei. Namun, Evan menolak santai karena timnya masih memiliki satu laga hidup mati yang akan menentukan laju ke babak selanjutnya.

"Kami sudah bekerja keras dan selalu bersyukur. Kami meraih kemenangan, namun masih ada satu pertandingan lagi," ucap Evan Dimas.

"Mungkin kami harus kerja keras lagi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kami tidak bisa santai untuk harus memberikan penampilan lebih pada pertandingan kedua," tegas pemain 26 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Akhir Penantian

Timnas Indonesia vs Chinese Taipei
Pemain debutan Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, saat mencetak gol ke gawang Chinese Taipei dalam laga leg pertama play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram Stadium, Thailand, Kamis (7/10/2021).

Kemenangan atas Chinese Taipei menjadi akhir penantian panjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kemenangan itu menjadi yang pertama diraih Shin Tae-yong setelah 649 hari memimpin Tim Merah Putih.

Meskipun meraih kemenangan perdana, pekerjaan rumah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia masih banyak. Sejauh ini, catatan kebobolan yang dimiliki Timnas Indonesia masih banyak.

Timnas Indonesia sudah kebobolan 18 gol dari enam laga bersama Shin Tae-yong. Adapun penyelesaian akhir juga belum maksimal karena hanya mencetak tujuh gol dari enam laga.

Namun, Shin Tae-yong masih punya banyak waktu untuk membenahi Timnas Indonesia. Apalagi kontraknya bersama Timnas Garuda baru berakhir pada pengujung 2023.

Lanjutkan Membaca ↓