Timnas Indonesia: Aji Santoso Ingin Empat Pemainnya Pulang ke Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 08 Okt 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 08 Okt 2021, 12:30 WIB
Foto: Latihan Pungkasan Timnas Indonesia Menjelang Kualifikasi Piala AFC 2023 Melawan Taiwan
Rachmat Irianto (kiri) dan sejumlah pemain Timnas Indonesia saat sesi latihan persiapan kualifikasi Piala AFC 2023 yang berlangsung di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Sabtu (02/10/2021). Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Taiwan pada 7 dan 11 Oktober 2021 di Thailand. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menginginkan empat pemainnya yang membela Timnas Indonesia bisa pulang ke klub untuk mempersiapkan seri kedua BRI Liga 1 2021/2022. Mereka adalah Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ernanado Ari.

Timnas Indonesia dijadwalkan tampil melawan Chinese Taipei dalam play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 dan 11 Oktober 2021. Hanya Ricky dan Irianto yang masuk starter saat skuat Garuda menang 2-1 atas Chinese Taipei dalam leg pertama di Thailand, Kamis (7/10/2021).

Masih ada satu pertandingan lagi melawan tim yang sama di leg kedua. Aji Santoso berharap empat pemain itu kembali ke Persebaya setelah melakoni dua pertandingan di Thailand. Maklum, Persebaya juga akan melakoni pekan ketujuh BRI Liga 1 dengan berjumpa Persipura, Sabtu (16/10/2021).

“Setelah pemain timnas dari Thailand, Kita lihat nanti perkembangan seperti apa. Persebaya ini tim yang nurut dengan aturan. Saya selalu mengikuti apa yang menjadi aturan dari federasi. Ke depan kami lihat dulu perkembangannya seperti apa,” ucap Aji.

“Manajemen juga menyampaikan, empat pemain pemain harus pulang ke Persebaya Surabaya setelah dari Thailand. Kami perlu latihan dengan kekuatan penuh, karena untuk latihan taktik dibutuhkan mereka. Jika dibutuhkan kita mungkin akan memainkan yang belum main, atau menggeser posisi,” imbuhnya.

 

2 dari 3 halaman

Akan Cegah Pemain Persebaya Gabung Timnas Indonesia

Aji Santoso
Aji Santoso, pelatih Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Sebelumnya, Aji bahkan menyampaikan akan menahan empat pemain itu jika mendapat pemanggilan ke Timnas Indonesia. Sebab, Persebaya merasakan dampak besar kehilangan nama-nama itu.

Kabarnya, Timnas Indonesia bakal melanjutkan pemusatan latihan di Tajikistan pada 13-31 Oktober. Agenda tersebut dilakukan untuk persiapan pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 tahun 2022 di Uzbekistan.

Persebaya menjadi klub yang kehilangan paling banyak pemain dengan kepergian empat nama. Pelatih Aji Santoso melihat kemungkinan menahan pemain itu cukup terbuka untuk dilakukan karena pernah terjadi pada klub lain.

“Lagi kami pertimbangkan untuk menahan pemain ke timnas. Kemarin, ada beberapa klub yang lakukan begitu juga tidak apa-apa. Kalau mereka bisa dan boleh, kenapa kita tidak?” kata pelatih asli Malang itu.

 

3 dari 3 halaman

Merujuk pada Johan Alfarizi

Foto: Arema Akhirnya Cicipi Kemenangan usai Pecundangi Persipura 1-0 di Pekan ke-5 BRI Liga 1
Pemain Persipura Jayapura, Donny Monim (kiri) berduel udara dengan pemain Arema FC, Johan Alfarizi dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu, (29/9/2021). Persipura kalah 0-1. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Pernyataan Aji Santoso merujuk pada apa yang dilakukan kapten Arema FC, Johan Alfarizi. Dia tidak berangkat bersama timnas ke Thailand untuk melawan Chinese Taipei karena flu.

Ternyata, pemain asli Malang itu bisa bertanding saat Arema bertanding melawan Persela Lamongan meskipun sebagai pemain pengganti dalam pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (3/10/2021).

Di hari yang sama, Persebaya kalah 2-3 dari PSIS Semarang. Absennya empat pilar yang selama ini menjadi andalan ke Timnas Indonesia membuat mereka gagal memetik poin dalam duel tersebut. Aji tidak ingin situasi seperti ini merugikan timnya lagi.

“Pertandingan terakhir kami (dilewati) dengan komposisi yang berbeda. Kami sudah mendapatkan formasi dan komposisi yang sudah tepat, ternyata ada pemanggilan. Itu yang akhirnya pasti formasi dan komposisinya berubah,” ujar Aji.

Lanjutkan Membaca ↓