Demi Performa Lebih Bagus pada Seri Kedua BRI Liga 1 2021 / 2022, Madura United Liburkan Pemain 3 Hari

Oleh Aditya Wany pada 09 Okt 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 09 Okt 2021, 13:45 WIB
Rahmad Darmawan, Madura United
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan. (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Bola.com, Jakarta - Madura United memberikan kebijakan yang tidak biasa dalam kiprah di BRI Liga 1 2021/2022. Tim Laskar Sape Kerap itu sempat meliburkan para pemainnya selama tiga hari pada 4-6 Oktober 2021.

Libur itu diberikan hanya sehari setelah mereka bermain imbang 2-2 kontra Persipura Jayapura pada pekan keenam, Minggu (03/10/2021). Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, menjelaskan bahwa format BRI Liga 1 melandasi kebijakan itu.

Seperti diketahui, kompetisi musim ini menggunakan sistem bubble to bubble dengan total 34 pekan yang dibagi ke dalam enam seri. Tidak ada tim tuan rumah, melainkan per seri yang dimainkan di satu wilayah.

"Kami sudah berpisah cukup lama dengan keluarga, karena format kompetisi kali ini yang berbeda. Biasanya format kandang-tandang itu, para pemain selalu punya kesempatan untuk kembali berkumpul ke tempat masing-masing,” ucap Rahmad Darmawan.

"Biasanya, dua minggu satu kali (bertandang), tapi kali ini sudah satu setengah bulan lebih mereka (pemain) harus berpisah. Memang sistem kompetisi yang sekarang demikian,” imbuh pelatih yang akrab disapa RD itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Kesempatan Jumpa Keluarga

Foto: Dua Kali tertinggal, Persipura Akhirnya Imbangi Madura United 2-2 di BRI Liga 1
Pemain Madura United, Kim Jinsung (kiri) dan pemain Persipura Jayapura, Israel Wamiau bersitegang dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Biasanya, Liga 1 dimainkan dengan format kandang-tandang yang memungkinkan pemain berdomisili sesuai kota basis klub yang dibelanya. Tapi, musim ini berbeda akibat pandemi COVID-19.

Format BRI Liga 1 memang membuat para pemain terpaksa berpisah dengan keluarganya. Seperti seri pertama yang dimainkan di tiga provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Pemain yang berdomisili di luar tiga provinsi itu akan kesulitan bertemu keluarga.

Lalu, seri kedua bakal berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah mulai 15 Oktober mendatang. Jika tidak diberi libur tiga hari, pemain Madura United akan kesulitan untuk berjumpa dengan keluarga lagi.

“Sehingga, saya dan staf manajemen meliburkan pemain selama tiga hari. Tujuannya memberi kesempatan kepada mereka untuk bertemu dengan keluarga untuk menyegarkan kembali,” kata RD.

“Kondisinya mereka bisa lebih segar menyiapkan seri kedua. Kami sudah mulai latihan, karena seluruh pemain sudah mulai ikut latihan dan bergabung di hari pertama,” ungkap pelatih berlisensi AFC Pro itu.

 

3 dari 4 halaman

Berlatih di Bantul

Foto: Dua Kali tertinggal, Persipura Akhirnya Imbangi Madura United 2-2 di BRI Liga 1
Pemain Madura United, Rafael Feital Da Silva (kanan) dan Hugo Gomes Dos Santos Silva merayakan gol pertama timnya ke gawang Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Madura United sendiri kini berlatih di Bantul, DIY, sejak Kamis (7/10/2021) agar para pemainnya lebih siap menatap seri kedua.

Mereka dijadwalkan berjumpa dengan Persela Lamongan, Sabtu (16/10/2021).

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Madura United Saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓