Sukses


Timnas Indonesia: Mengupas Kinerja Pemain Persebaya di Skuad Garuda, Istimewa atau B Aja?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan dalam leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuat arahan Shin Tae-yong itu unggul 2-1 atas Chinese Taipei di Stadion Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam.

Gol Tim Merah Putih disumbang oleh Ramai Rumakiek (18’) dan Evan Dimas Darmono (50’). Sedangkan gol balasan Chinese Taipei dicetak oleh Hsu Heng-Pin yang lahir di penghujung pertandingan.

Satu fakta menarik dalam pertandingan ini adalah tampilnya dua gelandang Persebaya Surabaya, yakni Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Bajul Ijo menjadi klub yang dengan pemain terbanyak yang tampil sejak menit pertama dalam duel ini.

Hebatnya keduanya mampu menampilkan performa yang maksimal di lini tengah. Rian, sapaan Irianto, dan Ricky berkolaborasi dengan baik bersama gelandang Evan Dimas yang berstatus sebagai kapten Timnas Indonesia.

Ricky Kambuaya sebenarnya menjalani laga debutnya dalam pertandingan ini selain Miftah Sani dan Ramai Rumakiek. Performanya sangat mengesankan selama bermain di lini tengah Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Pujian

Ricky tampil sejak menit pertama dalam duel tersebut. Sayangnya, dia tidak bisa bertanding 90 menit karena cedera. Pemain berusia 25 tahun itu ditarik keluar pada menit ke-71 dan diganti dengan Kadek Agung.

Dalam menit bermain itu, Ricky Kambuaya membukukan catatan statistik yang cukup apik untuk seorang pemain debutan. Pemain asal Papua tersebut menorehkan 44 umpan berhasil, tiga intersep, dan satu tekel.

Penampilannya itu memancing reaksi dari berbagai pihak dengan mengirim pujian. Netizen juga terkesan dengan upaya yang dilakukan oleh Ricky Kambuaya yang mampu menjembatani dalam mengalirkan bola dari belakang ke depan.

3 dari 3 halaman

Rachmat Irianto Makin Matang

Rian juga tidak kalah apiknya. Pemain yang berstatus kapten Persebaya itu sebenarnya berposisi asli sebagai bek. Tapi, pemain asli Surabaya tersebut sudah biasa tampil sebagai gelandang bertahan dan bekerja dengan baik.

Rachmat Irianto benar-benar menjadi breaker yang mampu mematahkan serangan pemain Chinese Taipei. Dia membukukan delapan kali intersep yang merupakan catatan terbanyak yang dibukukan oleh seorang pemain dalam duel tersebut.

Sebenarnya sudah bukan hal yang mengejutkan Rian dan Ricky bisa diandalkan di lini tengah Timnas Indonesia. Sebab, mereka sudah saling mengenal di klub dan juga memberi kontribusi apik selama BRI Liga 1 2021/2022.

Besar kemungkinan dua pemain Persebaya ini bakal diturunkan kembali pada leg kedua melawan Chinese Taipei di stadion yang sama, Selasa, 12 Oktober 2021.

Video Populer

Foto Populer