Sukses


Mengenal Marselino Ferdinan: Satu di Antara Wonderkid Terbaik Dunia, Kini Naik Kelas ke Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Surabaya - Marselino Ferdinan masuk dalam daftar 33 pemain anggota skuad Timnas Indonesia U-23. Dia termasuk deretan pemain termuda karena masih berusia 17 tahun saat bergabung dengan skuat arahan Shin Tae-yong itu.

Pelatih Shin Tae-yong bakal memimpin Timnas Indonesia U-23 yang akan menjalani Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Mereka tergabung di Grup G dan akan bersaing dengan Australia dan China yang bertanding di Tajikistan.

Marselino pertama kali dikenal publik secara luas saat tampil membela Timnas Indonesia U-15 arahan Bima Sakti pada 2019. Saat itu, dia menjadi andalan tim dalam ajang Piala AFF U-15 2019 dan menyumbang lima gol.

Sayang, Timnas Indonesia U-15 gagal keluar sebagai juara dalam ajang tersebut. Mereka kalah dengan skor 0-2 dari Thailand di semifinal hingga Malaysia yang akhirnya merengkuh trofi. Tapi, itu menjadi titik awal karier pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu.

Marselino bergabung dengan Timnas Indonesia U-15 dengan statusnya sebagai pemain Persebaya U-16. Lagi-lagi, dia gagal menyumbang trofi juara Elite Pro Academy U-16 2019 yang berpotensi menjadi prestasi pertama.

Kemampuan Marselino Ferdinan sebagai winger kian berkembang. Dia masuk skuad senior Persebaya pada musim 2020 di usia 15 tahun. Sayangnya, dia belum mendapat kesempatan tampil di Liga 1 2020 karena pandemi.

2 dari 4 halaman

Debut Musim Ini

Pemain kelahiran Jakarta itu akhirnya berkesempatan menjalani debut bersama Persebaya musim ini. Itu terjadi saat Marselino tampil sebagai pengganti dalam kemenangan 3-1 Persebaya atas Persikabo 1973 dalam pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022, 11 September 2021.

Hasilnya, Marselino Ferdinan tampil cukup apik selama 25 menit pertandingan. Dia masuk pada menit ke-65 dengan menggantikan gelandang Bruno Moreira dan terlihat berusaha beradaptasi dengan permainan tim.

Marselino bahkan memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah diturunkan oleh Persebaya di Liga 1. Dia baru berusia 17 tahun 2 hari di hari pertandingan atau berulang tahun pada 9 September 2021.

Kini, Marselino tercatat telah membukukan lima penampilan di BRI Liga 1 2021/2022 bersama Persebaya dan semuanya sebagai pengganti.

Kebetulan, Kakaknya, Oktafianus Fernando, yang berusia 11 tahun lebih tua malah lebih dulu menjadi bagian skuat Persebaya sejak 2017.

3 dari 4 halaman

60 Wonderkid Terbaik Dunia

Terbaru, nama Marselino Ferdinan masuk dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, Kamis (6/10/2021).Daftar itu membuktikan bahwa kualitas pemain pilihan jebolan kompetisi internal Persebaya juga diakui di level internasional.

Pemain bernomor punggung 7 Persebaya itu disejajarkan dengan wonderkid Lazio, Luka Romero. Lalu terdapat pula pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko. Tak ketinggalan masuk pula nama Elias Solberg yang merupakan wonderkid milik Juventus.

The Guardian merupakan selalu merilis daftar wonderkid-wonderkid terbaik di dunia setiap tahunnya. Nama-nama besar seperti Vinicius Junior, Jadon Sancho, Takefusa Kubo, hingga Pedri pernah masuk dalam daftar ini.

Dalam rilisan terbaru ini, terdapat beberapa deskripsi mengenai sosok Marselino yang mungkin masih asing di sepak bola internasional. Marselino  ditulis sebagai pemain yang memiliki skill mumpuni dan berpotensi menjadi bintang besar di masa depan.

“Setelah melakukan debut untuk Persebaya hanya dua hari setelah ulang tahunnya yang ke-17, dan menjadi yang termuda yang pernah tampil untuk klub, pelatihnya Aji Santoso mengatakan bahwa masa depan remaja itu sangat cerah selama dia terus bekerja keras,” tulis The Guardian.

“Pemain nomor 10, yang juga bisa bermain melebar, memiliki semua yang diperlukan—keseimbangan, kontrol ketat, teknik—dan kepercayaan diri untuk menjadi bintang besar di negara pecinta sepak bola ini.”

“Mungkin kesalahan mencoba melakukan terlalu banyak pada waktu-waktu tertentu, Marselino juga, seperti yang dikatakan pelatihnya, terkadang perlu memperlambat dalam hal pengambilan keputusan. Momentum itu pasti akan datang seperti yang akan lebih banyak lagi.”

4 dari 4 halaman

Naik Kelas

Pemain Indonesia yang terakhir masuk daftar tersebut adalah Egy Maulana Vikri. Itu terjadi empat tahun yang lalu atau lebih tepatnya pada 2017. Saat ini Egy masih menjadi salah satu pemain Indonesia yang meniti karir profesionalnya di Eropa.

Dengan kemampuannya sebagai winger, Marselino diyakini masih akan berkembang. Dia memiliki kecepatan dalam dribel sekaligus melewati pemain lawan sebelum akhirnya melakukan penetrasi dan mencetak gol.

Marselino Ferdinan sangat layak menembus skuat Timnas Indonesia U-23 di usia yang begitu belia. Aksinya nanti patut dinantikan dalam membawa Timnas Indonesia U-23 yang berjuang menembus fase kualifikasi berikutnya.

Timnas Indonesia U-23 akan berangkat ke Tajikistan pada 12 Oktober 2021. Timnas Indonesia U-23 akan memulai kiprahnya dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 dengan melawan Australia pada 27 Oktober 2021, berlanjut menghadapi China pada 30 Oktober 2021.

Video Populer

Foto Populer