Sukses


Prediksi BRI Liga 1 PSS Vs Barito Putra: Duel 2 Tim Terluka

Bola.com, Solo - Dua tim penghuni papan bawah, PSS Sleman dan Barito Putera akan saling berhadapan pada lanjutan pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (15/10/2021). Kedua tim sama-sama bertekad bangkit dari keterpurukan.

PSS Sleman maupun Barito Putera adalah sama-sama berada di jurang degradasi. Poin keduanya di klasemen hanya terpaut satu angka. PSS dengan nilai lima, sedangkan Barito baru punya empat poin dari enam pertandingan yang dilalui.

Posisi itu sebenarnya tidak layak bagi kedua tim dalam mengawali kampanye di BRI Liga 1. Skuad Elang Jawa, julukan PSS, dikenal sebagai kuda hitam, terutama saat menjalani musim pertama di tahun 2019. Di sisi lain Barito Putera adalah tim cukup stabil di papan tengah.

Sebelum duel nanti, kondisi kedua tim kontrak. PSS sedang dalam kondisi terbebani. Perlahan performa tim kebanggaan Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania itu menurun drastis. Satu kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan cukup menampar skuad PSS.

Kondisi PSS Sleman itu membuat suporter mereka kecewa berat. Bahkan tuntutan agar pelatih Dejan Antonic untuk mengundurkan diri masih terasa hingga sekarang.

2 dari 5 halaman

Janji Bangkit

Pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic memastikan kondisi skuadnya berangsur membaik dari sisi teknis maupun mental. Jeda selama sebelas hari dari seri pertama dianggap sudah cukup untuk mengembalikan daya juang Bagus Nirwantod dkk.

Pihaknya menyebut laga kontra Barito Putera wajib dimenangkan untuk memperbaiki posisi di klasemen. PSS akan kembali menurunkan skuad terbaiknya terutama empat legiun asing yang beradaptasi dengan baik.

Dalam laga kontra Barito Putera nanti, PSS dipastikan kehilangan Irfan Bachdim yang mengakhiri kerja sama beberapa waktu lalu. Tumpuan tim akan diemban Kim Jeffrey Kurniawan, Irfan Jaya, dan Irkham Mila.

”Kondisi kami sudah oke, meski ada satu dua pemain yang harus kami tunggu kondisinya dari dokter tim. Pemain lain sudah oke, sudah siap menghadapi pertandingan melawan Barito Putera,” beber Dejan Antonic dalam konferensi pers, Kamis (14/10/2021).

“Kami punya rehat yang cukup dengan 11 kali latihan setelah jeda seri pertama. Terutama untuk mengembalikan fisik karena pra musim yang kurang ideal. Cukup senang melihat progres yang bagus ditunjukan para pemain,” ujar dia.

Meski demikian, pelatih asal Serbia itu tetap mewanti-wanti anak asuhnya untuk tidak jemawa. Ia menilai Barito Putera tetaplah tim kuat dengan banyak pemain potensial dan pelatih berpengalaman.

“Barito banyak pemain bagus bekas anak asuh saya. Hormat untuk mereka, dengan pelatih bagus. Kondisi sekarang sama-sama tidak bagus di klasemen. Pasti akan ada semangat tinggi untuk meraih kemenangan,” jelas Dejan Antonic.

3 dari 5 halaman

Minimalisir Kesalahan

Di kubu Barito Putera, pelatih Djajang Nurjaman menginstruksikan skuadnya banyak belajar dari sepanjang seri pertama. Empat kekalahan yang didapat sudah cukup menjadi bagian proses adaptasi tim berjulukan Laskar Antasari itu.

Tak ingin terus terpuruk, Barito Putera bakal tampil impresif meski tidak diperkuat dua pemain yang sedang membela Timnas Indonesia U-23, yaitu kiper Muhamad Riyandi dan bek Muhamad Firli.

Namun Barito Putera masih punya banyak stok pemain dengan kualitas sepadan. Khususnya deretan pemain asingnya yang akan kembali menjadi tumpuan untuk mengobrak-abrik pertahanan PSS ada pada duet Rafinha dan Aleksandar Rakic.

“Insyaallah persiapan Barito Putera sudah maksimal untuk laga besok. Rehat yang cukup bagi kami untuk berbenah. Ada dua pemain kami yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-23. Tapi kami siapkan penggantinya, semoga tidak berpengaruh pada kekuatan tim,” ungkap pelatih Barito Putera, Djajang Nurjaman.

“Ada sejumlah evaluasi dari hasil di seri pertama. Yakni bahwa kami harus meminimalisir kesalahan dan meningkatkan konsentrasi terutama setiap kali unggul,” lanjut eks pelatih Persib Bandung itu.

“Situasi kami tidak jauh berbeda bahkan menelan empat kekalahan. Mereka juga punya beberapa pemain yang wajib diwaspadai. Jadi kami harus berhati-hati,” tandasnya.

4 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

  • PSS Sleman (4-4-3): Ega Rizky (Kiper); Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Aaron Evans, Samsul Arifin (Belakang); Eduardo Jose Barbosa, Kim Kurniawan, Misbakus Solikin (Tengah); Irfan Jaya, Nemanja Kojic, Irkham Mila (Depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Barito Putera (3-5-2): Aditya Harlan (kiper), Dandi Maulana, M. Rifky Suryawan, Azamat Baimatov (belakang), Rizky Pora (C), Bayu Pradana, Abrizal Umanailo, Buyung Ismu Lessy, Rafael Gomes de Oliveira (tengah), Kahar Kalu Muzakkar, Aleksander Rakic (depan)
  • Pelatih: Djajang Nurjaman

Prediksi Bola.com: 50-50

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Posisi PSS dan Barito Putera

Video Populer

Foto Populer