BRI Liga 1: Madura United Abaikan Rekor Pertemuan Ciamik Kontra Persela

Oleh Aditya Wany pada 15 Okt 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 09:15 WIB
Madura United Vs Persipura Jayapura
Reaksi pemain Manchester United setelah membobol jala Persipura Jayapura pada pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (3/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Yogyakarta - Duel sesama klub Jawa Timur bakal tersaji dalam pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Madura United mengawali kiprah di seri kedua dengan berjumpa Persela Lamongan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021).

Dari rekor pertemuan, Madura United jauh lebih unggul dengan memenangi enam dari 11 pertandingan kontra Persela sejak 2016. Bandingkan saja dengan Persela yang hanya memenangi tiga saja.

Akan tetapi, pelatih Madura United, Rahmad Darmawan memilih mengabaikan catatan pertemuan itu. Meski rekor itu bisa menjadi modal timnya, dia tidak ingin para penggawa Laskar Sape Kerap terlena.

“Bagi saya yang penting, kami bersiap menghadapi lawan pada tanggal 16 (Oktober), lebih baik fokus terhadap segala persiapan yang kami lakukan demi mengantisipasi segala kemungkinan,” kata pelatih yang karib dengan sapaan RD itu, Kamis (14/10/2021). 

Rekor mentereng Madura United atas Persela tidak hanya jumlah kemenangan yang lebih dominan. Slamet Nurcahyo dkk. juga pernah menang dengan skor 5-1 pada pekan pertama Liga 1 2019 di hadapan pendukung Persela.

 

2 dari 4 halaman

Tidak Baik-baik Saja

Foto: Dua Kali tertinggal, Persipura Akhirnya Imbangi Madura United 2-2 di BRI Liga 1
Pemain Madura United, David Laly (kiri) merayakan gol kedua timnya ke gawang Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Akan tetapi, dua tim ini sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja karena seri pertama lalu dilalui dengan hasil yang kurang memuaskan. Persela dan Madura United merupakan dua tim dengan produktivitas gol terendah.

Persela hanya mampu mendulang enam poin dari enam pertandingan yang telah dilakoni dengan hanya memetik dua kemenangan dan mencetak tiga gol. Hasil itu membuat Persela menduduki papan bawah, tepatnya peringkat ke-13 klasemen sementara.

Madura United menduduki peringkat ke-11 dan mengoleksi tujuh poin. Mereka meraih satu menang, empat imbang, dan satu kalah. Selisih gol mereka nol karena sama-sama kemasukan dan kebobolan lima kali.

Mereka tercatat sebagai tim dengan koleksi gol terendah kedua setelah Persela sampai enam pertandingan dengan hanya mencetak lima gol.   

3 dari 4 halaman

Krisis Lini Belakang Berakhir

Fachruddin Aryanto
Bek Madura United, Fachrudin Aryanto, saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis, (07/6/2018). Bhayangkara FC menang 1-0 atas Madura United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, krisis pemain belakang yang mendera Madura United bakal berakhir. Dua pemain belakang mereka, Jaimerson Xavier dan Fachruddin Aryanto, dijadwalkan bisa tampil untuk seri kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Sebelumnya, Laskar Sape Kerap terpaksa kehilangan dua bek andalannya itu pada pekan keenam saat ditahan 2-2 oleh Persipura Jayapura (3/10/2021). Jaimerson mengalami cedera, sedangkan Fachruddin Aryanto membela Timnas Indonesia.

Fisioterapis Madura United, Rudiyus Suseno, melihat perkembangan positif Jaimerson Xavier yang sudah absen dalam dua laga terakhir. Pemain asal Brasil itu sudah mulai berlatih lewat jogging dan di pusat kebugaran.

“Dalam hitung-hitungan medis, kemungkinan besar Jaime sudah bisa main di seri kedua. Tentu, kami sudah sampaikan progres pemulihan cederanya ke jajaran pelatih, terutama Coach RD (Rahmad Darmawan),” kata Rudy.

Madura United akan menghadapi Persela Lamongan pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Sepekan berselang, giliran Persija Jakarta yang akan jadi lawan tim asal Jawa Timur tersebut.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Madura United

Lanjutkan Membaca ↓