Sukses


Duel Antarlini Persipura Vs Persebaya di BRI Liga 1: Tim Paling Produktif Kontra Skuad Seret Gol

Bola.com, Jakarta - Duel klasik bakal mempertemukan dua tim yang telah bersaing sejak era perserikatan di pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Persipura Jayapura mengawali seri kedua dengan berjumpa Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021).

Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya merupakan dua tim yang sama-sama bergelimang prestasi kasta tertinggi sejak era Liga Indonesia dimulai pada 1994. Persebaya memenangi musim 1996-1997 dan 2004, sedangkan Persipura adalah kampiun musim 2005, 2008-2009, 2010-2011, dan 2013.

Jangan lupakan juga status keduanya sebagai dua tim penghuni tiga besar Liga 1 2019. Persebaya adalah runner-up, sedangkan Persipura menghuni peringkat ketiga klasemen akhir. Mereka hanya kalah dari Bali United sang kampiun musim itu.

Tapi, mereka sama-sama dalam kondisi kurang apik selama melakoni seri pertama lalu dalam enam pertandingan. Persipura dan Persebaya sama-sama terjebak di papan tengah dengan hasil yang kurang memuaskan.

Persebaya menduduki peringkat ke-12 dengan raihan enam poin hasil dua menang dan empat kalah. Mereka menjadi tim produktif dengan 10 gol, tapi memiliki pertahanan paling rapuh karena kebobolan 12 gol.

Persipura malah lebih buruk karena berada di posisi ke-14 klasemen sementara dengan raihan lima poin. Mutiara Hitam meraih satu menang, dua seri, dan tiga kalah serta hanya mencetak lima gol saja, angka produktivitas terburuk kedua setelah Persela Lamongan.

Kini, mereka sama-sama ingin bangkit di seri kedua. Apalagi, kekuatan skuat keduanya mumpuni untuk bisa bersaing di papan atas. Bola.com telah merangkum duel antarlini Persipura Jayapura melawan Persebaya Surabaya, simak ulasan berikut ini:

 

2 dari 5 halaman

Kiper

Penjaga gawang utama Persipura saat ini adalah Fitrul Dwi Rustapa. Dia mampu menggeser Dede Sulaiman yang telah menjadi pilihan utama di bawah mistar sejak 2008.

Fitrul sebenarnya termasuk penjaga gawang yang tampil cemerlang dengan kemampuannya dalam menyelamatkan bola. Sayang, terkadang barisan pertahanan Persipura kurang rapat dalam mencoba menghalau serangan.

Di sisi lain, Persebaya malah krisis kiper karena absennya Satria Tama yang cedera dan Ernando Ari Sutaryadi yang sedang menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23. Hanya tersisa Andhika Ramadhani dan David Ariyanto.

Andhika masih terlalu muda untuk diandalkan dan sudah sempat menjalani debut saat kalah 2-3 dari PSIS Semarang (3/10/2021). Sedangkan David yang lebih senior belum mendapat kesempatan menjalani debutnya.

 

3 dari 5 halaman

Belakang

Barisan pertahanan Persipura berisikan beberapa pemain yang telah berpengalaman. Sebut saja Ricardo Salampessy, Doni Monim, Israel Wamiau, dan Irsan Lestaluhu. Namun, mereka terlihat belum padu.

Persebaya mengalami bongkar pasang pemain karena didera cedera atau pemanggilan Timnas Indonesia. Koko Ari Araya, Alie Sesay, dan Arif Satria adalah deretan pemain yang diragukan bisa tampil.

Kemungkinan, Bajul Ijo bakal menurunkan kuartet pertahanan yang berisi Ady Setiawan, Reva Adi Utama, Mokhamad Syaifuddin, dan Frank Rikhard Sokoy. Ini adalah kondisi darurat yang menjadi opsi pertahanan mereka.

Sedangkan komposisi barisan penyerang Persebaya biasa dihuni oleh Samsul Arif, Jose Wilkson, dan Taisei Marukawa. Trio ini adalah pemain yang aktif melakukan serangan dan berkontribusi maksimal.   

4 dari 5 halaman

Tengah

Lini tengah Persipura mengandalkan Ian Kabes sang kapten yang memimpin lapangan tengah. Dia biasa ditemani oleh Todd Ferre dan Muhammad Tahir. Kualitas dan pengalaman mereka diharapkan bisa membantu banyak.

Sedangkan Persebaya memiliki sosok Muhammad Hidayat yang merupakan gelandang jangkar andalan. Lalu, masih ada Hambali Tolib dan Bruno Moreira yang jadi penyambur alur serangan ke lini depan.

Dua gelandang lain, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya belum dipastikan bisa tampil karena baru saja membela Timnas Indonesia yang sukses membekuk Chinese Taipei dalam play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

 

5 dari 5 halaman

Depan

Persipura Jayapura sebenarnya memiliki Yevhen Bokhasvili yang menjadi juru gedor andalan. Sayang, dia terlihat belum nyetel dengan permainan tim.

Sebagai gantinya, terdapat trisula lini depan yang berisikan putra Papua. Mereka adalah Feri Pahabol, Ricky Kayame, dan Gunansar Mandowen. Meski terlihat kurang garang, mereka bisa melahirkan kejutan.

Komposisi barisan penyerang Persebaya biasa dihuni oleh Samsul Arif, Jose Wilkson, dan Taisei Marukawa. Trio ini adalah pemain yang aktif melakukan serangan dan berkontribusi maksimal.   

 

Video Populer

Foto Populer