Sukses


Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Debut Ian Gillan Berakhir Manis, PSIS Permalukan Persik Tiga Gol Tanpa Balas

Bola.com, Solo - PSIS Semarang sukses meneruskan tren kemenangan di BRI Liga 1 2021/2022. Mengawali seri kedua dengan debut Ian Gillan dan penampilan menawan Septian David Maulana, Laskar Mahesa Jenar menang 3-0 atas Persik Kediri dalam pekan ketujuh di Stadion Manahan, Solo, Jumat (15/10/2021) sore.

Kedua tim mengawali pertandingan ini dengan tempo permainan yang lambat. Para pemain PSIS dan Persik sama-sama bersabar dalam melakukan serangan. Namun, PSIS Semarang lebih mendominasi penguasaan bola.

Peluang pertama tercipta pada menit kelima lewat winger kiri PSIS Riyan Ardiansyah. Dia menemukan ruang tembak dari jarak jauh. Sayangnya, tembakan melenceng yang dilepaskannya masih melenceng dari gawang.

Laskar Mahesa Jenar berhasil unggul dulu pada menit ke-20 dalam situasi tendangan sudut. Sepakan pojok itu dikirim oleh winger sekaligus kapten Septian David Maulana ke jantung pertahanan Persik Kediri.

Andrea Ado yang menjadi ujung tombak serangan menyambut umpan itu dengan sundulan yang mengarah ke tiang jauh. Bola masuk ke gawang dengan mulus tanpa bisa dihalau oleh kiper Dikri Yusron.

PSIS masih terus tampil ofensif meski dalam kondisi sudah unggul. Tim arahan Ian Gillan itu malah kembali membobol gawang Persik di menit ke-32. Ini melibatkan Riyan yang mampu menipu Ibrahim Sanjaya dari sisi kiri serangan PSIS sebelum akhirnya melakukan dribel menusuk.

Riyan kemudian melepas umpan silang ke arah jantung pertahanan Persik yang minim permain bertahan. Bola mampu diteruskan oleh Septian David Maulana dengan kaki kanannya dan menggetarkan jala gawang Dikri Yusron.

Hanya 11 menit berselang, giliran bek Fredyan Wahyu yang mencatatkan namanya di papan skor dan membuat PSIS unggul 3-0. Lewat aksi individunya, Fredyan melakukan penetrasi ke kotak penalti Persik dan tanpa hambatan sebelum melepas tembakan.

Para pemain Persik terlihat kelabakan harus melihat gawangnya dibobol tiga kali selama paruh pertama. Keunggulan 3-0 PSIS Semarang masih bertahan hingga turun minum.

 

2 dari 4 halaman

Babak II

Persik berusaha untuk tampil mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Di sisi lain, PSIS memilih menunggu dan menumpuk pemain di area sendiri sehingga menyulitkan lawan menemukan celah.

PSIS justru kembali menebar ancaman dengan mengandalkan serangan balik dan kelengahan Persik. Gelandang Jonathan Cantillana melepas tembakan keras yang sayangnya masih melenceng dari sasaran pada menit ke-48.

Empat menit kemudian, Persik mendapat kesempatan mencetak gol balasan lewat bek kiri Risna Prahalabenta. Pemain asli Kediri itu menembak dari jarak jauh yang masih berhasil diamankan kiper PSIS Jandia Eka Putra.

Jonathan Cantillana kembali berkesempatan mencetak gol memasuki menit ke-54 lewat situasi tendangan bebas. Bola eksekusinya mengarah ke gawang Persik, tapi masih bisa diblok oleh Dikri Yusron.

Asa Persik untuk mencetak gol balasan kembali muncul di menit ke-61 melalui sepakan bebas. Gelandang Dionatan Machado yang menjadi eksekutor juga berhasil mengarahkan bola ke sasaran, namun bola juga bisa diamankan oleh Jandia.

Jual beli serangan masih berlangsung dengan tempo permainan yang kian meningkat. Persik tampil lebih dominan, namun kesulitan menembus pertahanan PSIS. Sesekali, PSIS pun keluar dengan menebar ancaman.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai wasit Asep Yandis meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Tambahan tiga angka ini membuat PSIS mengoleksi 15 poin dari tujuh laga, tapi masih tertahan di posisi runner-up. Namun, laga ini menjadi debut manis pelatih PSIS, Ian Gillan, yang baru pertama kali duduk di bench dalam duel ini.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • PSIS (4-2-3-1): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Rio Saputro, Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra (belakang); Reza Irfana, Jonathan Cantillan; Septian David Maulana, Brian Ferreira, Riyan Ardiansyah (tengah); Andreas Ado (depan)
  • Pelatih: Ian Gillan
  • Persik (4-4-2): Dikri Yusron (kiper); Yudha Febrian, OK John, Arthur Felix, Risna Prahalabenta (belakang); Ady Eko Jayanto, Sackie Doe, Dionatan Machado, Ibrahim Sanjaya (tengah); Septian Bagaskara, Youssef Ezzejjari (depan)
  • Pelatih: Alfiat
4 dari 4 halaman

Persaingan BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer