Sukses


4 Pemain PSM yang Berpotensi Menyulitkan Bali United di Laga BRI Liga 1: Deretan Penyerang Sayap Jadi Senjata Rahasia

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan Bali United bakal bersua pada laga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (17/10/2021).

Duel kedua tim berkarakter agresif ini menjanjikan tontonan menarik karena sama-sama memburu kemenangan untuk mengamankan posisi di jalur juara musim ini.

Khususnya, skuad Juku Eja yang masih berkutat di papan tengah dengan koleksi sembilan poin. Menghadapi laga nanti, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini tak diperkuat striker andalannya, Anco Jansen yang terjerat akulumasi kartu kuning.

Pada seri pertama BRI Liga 1, Jansen tampil lumayan dengan koleksi tiga gol buat Juku Eja. Tapi, absennya penyerang asal Belanda itu tak berdampak besar pada lini depan PSM. Karena sejatinya, kekuatan PSM ada pada deretan penyerang sayapnya.

Di antaranya, Rizky Eka Pratama, Yacob Sayuri, Ilham Udin Armaiyn dan Saldi Amiruddin. Nama terakhir kemungkinan besar diplot menggantikan peran Jansen untuk menggangu konsentrasi lini belakang Bali United.

Saldi sudah membuktikan kemampuannya itu dengan menjebol gawang Persib Bandung pada pekan keenam lalu. Pergerakan para winger ini juga mampu membuat ruang kosong di area 16 lawan sehingga gelandang PSM seperti Wiljan Pluim bisa merangsek masuk untuk menciptakan peluang yang berbuah gol.

Jangan lupa, pada laga ini, pelatih Milomir Seslija kembali bisa memainkan kiper utamanya, Hilman Syah yang absen sejak pekan kedua karena cedera lutut dalam latihan.

Kehadiran kiper asal Jeneponto ini diyakini akan meciptakan suasana nyaman di lini belakang saat menghalau serangan frontal lini belakang Bali United.

Kalau tampil maksimal, PSM berpotensi besar menyulitkan Bali United. Berikut profil singkat empat pemain yang bisa membawa Juku Eja meraih kemenangan sekaligus mengintip peluang kembali ke papan atas.

 

2 dari 6 halaman

1. Hilman Syah

Hilman Syah yang tampil gemilang di Piala Menpora 2021, terpaksa menepi sejak pekan kedua BRI Liga 1 karena cedera lutut saat latihan timnya. Kelebihan yang menonjol pada diri Hilman Syah adalah kejeliannya memotong umpan silang lawan.

Ia juga memiliki daya refleks yang baik. Kalau Hilman tampil dengan kemampuan terbaiknya, gawang PSM bakal sulit ditembus oleh lini depan Bali United. Baik umpan dari sisi sayap maupun dari tengah.

Apalagi Hilman Sayah akan ditopang stopper lugas tanpa konpromi seperti Serif Hasic, Erwin Gutama atau Hasim Kipuw. Tak hanya itu, Hilman Syah juga baik dalam strategi serangan balik dengan umpan tendangannya yang terukur ke sisi sayap yang menjadi menjadi senjata utama PSM.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armaiyn resmi bergabung di PSM pada 4 Juni. Sebelumnya, eks pemain timnas U-19 ini tercatat pernah berkostum Bhayangkara FC, Selangor FA dan Barito Putera. Bagi Ilham, PSM ibarat rumah kedua sekaligus jadi titik balik kebangkitan kariernya.

Penampilan Ilham Udin pada lima laga bersama PSM di BRI Liga 1 2021/2022 terbilang lumayan. Meski berposisi asli sebagai penyerang sayap, Ilham kerap terlihat berkeliaran di kotak penalti lawan dan sudah mencetak tiga gol buat Juku Eja.

Mobilitas dan kecepatan Ilham juga berguna saat tim lawan melakukan tekanan ke PSM. Saat PSM berhasil meredam serangan lawan, Ilham dan Pluim kerap jadi pemain pemulai serangan sekaligus membuka peluang PSM mendapatkan gol.

 

4 dari 6 halaman

3. Yacob Sayuri

eperti Ilham Udin Armaiyn, Yacob Sayuri juga memiliki kecepatan dan daya jelajah yang tinggi untuk merusak konsentrasi lini belakang lawan. Yacob Sayuri baru tampil sebagai starter saat PSM menghadapi Persebaya.

Pelatih PSM, Milimor Seslija memarkirnya di bangku cadangan karena menilai kondisi penyerang sayap andalan Juku Eja itu belum fit betul pasca cedera.

Yacob pun menjawab kepercayaan yang diberikan sang mentor lewat aksinya dari sisi kanan sekaligus mencetak satu dari tiga gol PSM ke gawang Persebaya.

Menghadapi Bali United, Yacob Sayuri akan berfungsi ganda. Selain menyisir pertahanan lawan dari sisi sayap, ia juga diplot menjadi 'striker palsu' PSM bersama Ilham Udin.

 

5 dari 6 halaman

4. Saldi Amiruddin

Absennya Anco Jansen, jadi momentum terbaik buat Saldi Amiruddin unjuk kemampuan setelah lebih banyak duduk di bangku cadangan. Saldi sudah mencuri perhatian usai mencetak gol penyama kedudukan pada duel Persib vs PSM pada pekan keenam.

Seperti Ilham Udin dan Yacob Sayuri, Saldi sejatinya berposisi asli sebagai penyerang sayap. Layaknya penyerang sayap, Saldi memiliki kelebihan dalam mengiring bola dengan kecepatan tinggi untuk melewati adangan bek lawan.

Ia pun berpotensi menciptakan kemelut di area 16 lawan sekaligus mengintip peluang timnya mendapatkan hadiah penalti karena pergerakannya yang eksplosif.

6 dari 6 halaman

Di Mana Posisi PSM Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer