Sukses


BRI Liga 1: Bikin Persipura Keok, Aji Santoso Puas dengan Gaya Main Persebaya

Bola.com, Sleman - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, tidak mampu menyembunyikan rona bahagianya. Dia baru saja membawa Bajul Ijo menang 3-1 atas Persipura Jayapura dalam pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam.

Menariknya, Persebaya Surabaya tertinggal dulu lantaran Persipura sebenarnya unggul berkat gol Ricky Kayame di menit ke-53. Namun, Persebaya kemudian bisa membalik kedudukan dengan mencetak tiga gol berkat trisula pemain asing, yakni Jose Wilkson (62’/penalti), Taisei Marukawa (70’), dan Bruno Moreira (82’).

“Pertandingan yang cukup menegangkan bagi kami. Di mana pada pertandingan malam ini, menurut saya pertandingan yang seru. Terjadi jual beli serangan. Alhamdulillah, meskipun kami tertinggal 0-1 dulu, di akhir pertandingan kami bisa menang,” kata Aji setelah pertandingan.

Kedua tim masih berusaha saling mengambil alih permainan dengan tidak terburu-buru di paruh pertama. Mereka sama-sama bermain sabar karena rapatnya pertahanan Persipura dan Persebaya dalam situasi sedang bertahan. Tapi, babak kedua melahirkan ledakan.

Persipura dan Persebaya bermain lebih berani dan keluar dari sarangnya sehingga membuat paruh kedua berjalan seru. Mereka terlihat sama-sama terlambat memanasi mesin karena terlalu berhati-hati di babak pertama.

Kondisi tertinggal dulu sebenarnya merupakan situasi yang mudah buat Persebaya. Butuh menaikkan moral pemain untuk mampu comeback dan mengunci tiga angka. Tapi, Rachmat Irianto dkk. terbukti mampu mengatasi itu.

“Saya sangat mengapresiasi perjuangan seluruh pemain, tampil fight seratus persen. Menurut saya, kami layak menang dalam pertandingan ini karena anak-anak tampil bagus dan spartan. Main dengan 1-2 sentuhan yang menjadi ciri khas Persebaya benar-benar terlihat malam ini,” ucap Aji.

“Bukan karena menang saya berkomentar seperti ini, tapi itulah ciri khas Persebaya. Di belakang dikomandani oleh Rian yang sangat tenang, lalu (poros tengah formasi Persebaya Surabaya) ada Alwi, Taisei dan Wilkson. Saya puas melihat anak-anak,” imbuh pelatih asli Malang itu.

 

2 dari 3 halaman

Langkah Bagus ke Depan

Kapten Persebaya, Rachmat Irianto, juga sangat bangga dengan performa yang ditunjukkan oleh timnya. Menempati posisi bek tengah di laga ini, juga menyinggung gaya permainan khas Bajul Ijo yang sukses diperagakan untuk meraup poin penuh.

“Teman-teman sudah menunjukkan kualitasnya. Semoga ini menjadi langkah awal untuk ke depannya bahwa Persebaya bermain dengan seperti itu. Ciri khas Persebaya main dengan 1-2 sentuhan. Kami tetap berjuang dan melanjutkan tren kemenangan ini,” tuturnya.

Kemenangan ini menjadi awal kebangkitan Persebaya setelah terseok-seok di seri pertama. Tim asal Kota Pahlawan itu merangsek ke peringkat kesembilan klasemen sementara dengan raihan sembilan angka dari tujuh pertandingan.

Berikutnya, Persebaya bakal melakoni duel sesama tim Jawa Timur dalam pekan kedelapan dengan berjumpa Persela Lamongan, Kamis (21/10/2021).

3 dari 3 halaman

Persaingan BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer