BRI Liga 1: Israel Wamiau Kartu Merah, Persipura Krisis Bek Hadapi Persik

Oleh Aditya Wany pada 17 Okt 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 17 Okt 2021, 16:30 WIB
BRI Liga 1 2021: Madura United vs Persipura Jayapura
Pemain Madura United, Kim Jinsung (kiri) dan pemain Persipura Jayapura, Israel Wamiau bersitegang dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Itulah yang terjadi saat Persipura Jayapura ditekuk Persebaya Surabaya dengan skor 1-3 pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam.

Selain gagal mendulang poin, tim Mutiara Hitam menyisakan satu insiden yang tak mengenakkan. Wasit mengeluarkan dua kartu merah kepada pemain dari masing-masing tim.

Di penghujung laga, Persipura dan Persebaya sama-sama terpaksa bermain dengan 10 pemain saja. Israel Wamiau dan Bruno Moreira menerima kartu merah langsung akibat perseteruan yang melibatkan keduanya.

Israel Wamiau pun harus absen saat timnya berjumpa Persik Kediri di pekan kedelapan, Kamis (21/10/2021). Persipura mengalami krisis pemain belakang lantaran stoper Donni Monim juga mengalami cedera.

"Pasti akan semakin berat, karena Donni juga tidak bisa main, dia cedera. Kami harus memutar otak dalam beberapa hari ini untuk mencari pengganti yang sepadan,” tutur Jacksen Tiago.

 

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Efek Kartu Merah

BRI Liga 1 2021: Persipura Jayapura vs Persija Jakarta
Pemain Persipura Jayapura, Israel Wamiau (kiri) dan pemain Persija Jakarta, Marko Simic

Mengenai kartu merah yang didapat Israel saat bersua Persebaya, turut membuat Persipura kesulitan menambah gol karena dalam kondisi tertinggal saat harus bermain dengan 10 personel.

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, menyayangkan perilaku Israel yang justru merugikan timnya.

"Sebenarnya emosional pemain di menit-menit terakhir meningkat sangat tajam. Seharusnya hal-hal seperti itu tidak boleh terjadi dan tetap fokus. Sekarang sudah terjadi, apa boleh buat,” ungkap Jacksen.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Kartu Merah

BRI Liga 1 2021: Persipura Jayapura vs Arema FC
Pemain Arema FC, Johan Alfarizi (kanan) berusaha melewati pemain Persipura Jayapura, Israel Wamiau dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu, (29/9/2021). Arema FC menang 1-0. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Dari tayangan ulang, Bruno dilanggar dulu oleh David Rumakiek saat dalam situasi perebutan bola. David menarik baju Bruno yang sudah menguasai bola dan akan kembali melakukan serangan. Setelah itu, terlihat Israel yang menyentuh Bruno dan melahirkan reaksi keras. 

Bruno mendorong Israel yang dibalas dengan dorongan balik. Bruno pun terjatuh dan sempat lahir friksi antarpemain dari kedua kesebelasan. Tak menunggu lama, wasit langsung mengganjar dua pemain itu dengan kartu merah langsung.

"Kami akan melakukan pembicaraan dalam tim, kira-kira bagaimana antisipasi bagaimana hal-hal seperti itu tidak terulang lagi,” imbuh pelatih asal Brasil tersebut.

Tekad Persipura untuk bangkit pun tidak mudah. Kekalahan dari Persebaya, membuat Persipura melorot ke peringkat 15 klasemen sementara dan semakin mendekati zona degradasi. Mutiara Hitam baru mengemas lima poin dari tujuh pertandingan yang telah dijalani.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓
Pemain Naturalisasi Solusi Timnas Akhiri Kutukan Spesialis Nyaris Juara di Piala AFF?