Sukses


Malaysia Izinkan Pertandingan Sepak Bola Dihadiri Maksimal 20 Ribu Penonton, BRI Liga 1 Kapan?

Bola.com, Petaling Jaya - Malaysian Football League (MFL) sebagai operator kompetisi sepak bola di Malaysia mulai memperbolehkan suporter hadir di stadion secara langsung. Namun, restu itu diberikan dengan syarat kepatuhan ketat dalam protokol kesehatan.

Restu kembalinya suporter ke stadion diberikan MFL setelah mendapat izin dari Dewan Keamanan Nasional (MKN), Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (KBS).

Jumlah penonton yang diperbolehkan mengacu pada situasi tempat dari venue pertandingan. Untuk venue yang berada pada Fase 2 Rencana Pemulihan dari COVID-19 hanya akan diberi izin 20 persen dari kapasitas stasion, atau 5 ribu penonton.

Sementara itu, untuk daerah yang berada di Fase 3 mendapatkan jatah 30 persen atau 10 ribu penonton, sedangkan venue di fase 4 diperbolehkan 50 persen alias 20 ribu penonton.

"Yang pasti, ini langkah bagus untuk mendongkrak industri sepak bola Malaysia. Apaagi kami merayakan 100 tahun Piala Malaysia setelah turnamen ini dibatalkan pada tahun lalu karena pandemi COVID-19," kata Presiden MFL, Dato ‘Ab Ghani Hassan, seperti dikutip situs resmi AFF.

Kebijakan ini bisa mulai diterapkan pada pertandingan pekan ketiga Piala Malaysia pada 29 Oktober 2021. Dato ‘Ab Ghani Hassan berharap, penerapan protokol kesehatan diberlakukan secara ketat demi mengindari situasi yang tak diinginkan.

"Yang juga penting adalah hanya penonton yang telah divaksinasi lengkap yang diizinkan masuk ke stadion. Selain itu harus mengenakan masker selama pertandingan dan tidak boleh makan serta minum," tegas Dato ‘Ab Ghani Hassan.

2 dari 3 halaman

Larangan untuk Anak

Sementara itu, penonton yang berusia di bawah 18 tahun belum diizinkan untuk menonton pertadingan sepak bola di stadion. MFL masih menunggu restu lain dari pemerintah Malaysia.

"Untuk yang berusia di bawah 18 tahun tetap tidak diperbolehkan masuk ke stadion sesuai dengan SOP sebelumnya yang ditetapkan oleh pemerintah," tegas Dato ‘Ab Ghani Hassan

Kehadiran suporter di stadion tentu akan menambah semarak pertandingan sepak bola Malaysia. Piala Malaysia 2021 saat ini sudah memainkan dua matchday pada pertandingan di masing-masing grup.

3 dari 3 halaman

BRI Liga 1 Kapan?

Sementara itu, Indonesia sebagai negara tetangga Malaysia belum memiliki wacana izin terhadap penonton sepak bola kembali ke stadion. BRI Liga 1 2021/2022 sampai seri kedua dimulai pada Jumat (15/10/2021) masih berlangsung tanpa penonton.

Pemerintah Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan PSSI bukan tanpa wacana untuk mengizinkan kembalinya suporter. Namun, semuanya akan ditentukan dengan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Jadi, saya sampaikan kepada Pak Menpora dan Ketua Umum PSSI untuk dikaji kemungkinan dalam jumlah prototipe yang kecil. Akan tetapi, yang diselenggarakan sekarang masih full tanpa penonton," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartato, pada akhir September 2021.

"Nanti sambil berjalan diuji, dites, dievaluasi, termasuk nanti juga mengevauasi penyelenggaraan PON. Kita lihat efek ke depannya seperti apa," ucap Airlangga.

Video Populer

Foto Populer