Sukses


Hasil BRI Liga 1: Diwarnai Kartu Merah Wawan Hendrawan, PSM Bikin Bali United Telan Kekalahan Perdana

Bola.com, Bantul - PSM Makassar melibas Bali United dengan skor 2-1 dalam lanjutan pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (17/10/2021) sore. Seluruh gol baru tercipta di babak kedua, dan hasil ini sekaligus menjadi kekalahan perdana Bali United di musim ini.

Pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, melakukan sedikit rotasi dalam timnya, meski kembali bertumpu pada Bektur Talgat Uulu, Serif Hasic, dan Willem Jan Pluim. Di kubu Bali United, nyaris tidak ada perubahan signifikan pada susunan pemain, termasuk gelandang Eber Bessa yang tampil sejak menit pertama.

Laga langsung berjala ketat, kedua tim saling melancarkan jual beli serangan. Peluang pertama didapat Bali United dan hanya menghasilkan tendangan gawang. PSM merespons lewat Saldi namun dapat dipotong Leonard Tupamahu.

Gelandang Bali United, Melvin Platje membuang kesempatan peluang yang melepas umpan silang untuk Spasojevic namun masih dapat diamankan bek PSM. Giliran Ilham Udin yang mengobrak-abrik pertahanan Bali United namun belum berhasil.

Delapan menit laga berjalan, Bali United punya peluang dari tendangan bebas Eber Bessa namun masih membentur pemain lawan dan hanya menghasilkan sepak pojok. Sejurus kemudian giliran Brwa Nouri memaksa kiper Hilman Syah melakukan penyelematan gemilang.

Peluang berbahaya pertama dilakukan PSM melalui Ilham Udin, namun tendangan keras kaki kirinya masih menyamping dari gawang Wawan Hendrawan. Tim Juku Eja PSM juga punya kesempatan lewat Yakob Sayuri namun masih kurang tenang menyelesaikan peluang.

Serangan demi serangan masih dilancarkan kedua tim untuk segera meraih keunggulan. Kiper PSM Makassar, Hilman Syah tampil cemerlang untuk menyelamatkan gawangnya dari serangan bertubi-tubi Bali United.

Kiper Bali United, Wawan Hendrawan melakukan penyelamatan gemilang untuk menghentikan bola sepakan Saldi pada menit ke-40. Para pemain Bali United masih terus mengurung lini belakang PSM di menit-menit akhir babak pertama, namun masih nihil. Skor kacamata 0-0 menutup hasil di 45 menit pertama.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Bali United langsung mengambil inisiatif menyerang sejak babak kedua dimulai. Spasojevic nyaris membuat gawang PSM jebol, namun lagi-lagi kiper Hilman Syah kembali dengan sigap mengantisipasinya.

Gempuran bertubi-tubi dilakukan Bali United, satu di antaranya peluang Melvin Platje dan Spasojevic, namun keduanya justru saling berebut menyelesaikan peluang di depan gawang.

PSM melakukan pergantian beberapa pemain, seperti masuknya Rasyid Bakrie dan Azka Fauzi. Pergantian pemain yang dilakukan untuk merombak kekuatan tengah dan depan PSM yang kurang berkembang.

Stefano Cugurra juga ikut melakukan pergantian pemain untuk Bali United dengan memasukkan Kadek Agung di tengah dan Lerby Eliandry untuk penyerangan. Justru PSM Makassar yang berhasil memecah kebuntuan.

Azka Fauzi yang baru masuk, mengoyak jala gawang Bali United di menit ke-65. Memanfaatkan umpan terobosan Pluim di kotak penalti, pemain pinjaman dari Persis Solo ini bergerak lebih cepat hingga mampu menaklukkan kiper Wawan Hendrawan.

Ketinggalan satu gol membuat Bali United harus meningkatkan intensitas serangannya. Termasuk menurunkan Stefano Lilipaly yang menggantikan Eber Bessa yang kurang menonjol di laga ini.

PSM tak mau kalah melancarkan serangan berbahaya Pluim di menit ke-73. Bola tendangan keras Pluim masih bisa ditepis dengan satu tangan oleh Wawan Hendrawan.

Hanya berselang satu menit, PSM mendapat hadiah penalti karena Rasyid Bakrie dilanggar Stefano Lilipaly di area terlarang. Serif Hasic dengan tenang mengeksekusi sepakan 12 pas dan membawa PSM unggul 2-0.

Drama terjadi saat Bali United giliran mendapat hadiah penalti di menit ke-77. Stefano Lilipaly dilanggar kiper Hilman Syah di kotak terlarang. Spasojevic yang menjadi eksekutor berhasil menaklukkan kiper PSM.

Defisit satu gol membuat Bali United meningkatkan intensitas serangannya. Lerby Eliandry dan Lilipay bergantian mengancam lini belakang PSM. Tak ada tambahan gol hingga laga usai, PSM mampu mempertahankan keunggulan 2-1 atas Bali United.

Hasil ini membuat PSM Makassar untuk sementara menyamai torehan poin Bali United yakni 12 angka. PSM dan Bali United berada di posisi keempat dan kelima. Selanjutnya PSM akan bertemu Borneo FC pada 22 Oktober di Stadion Manahan Solo, sementara Bali United meladeni pemuncak klasemen Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo Sleman sehari kemudian.

Selanjutnya PSM akan bertemu Borneo FC pada 22 Oktober di Stadion Manahan Solo, sementara Bali United meladeni pemuncak klasemen Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo Sleman sehari kemudian.

3 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Hilman Syah (Kiper); Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Bektur Talgat Uulu (Belakang); Saldi, Serif Hasic, Sutanto Tan, Willem Jan Pluim (Tengah); Ilham Udin Armaiyn, Yakob Sayuri (Depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Bali United (4-4-2): Wawan Hendrawan (Kiper); I Made Andhika, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin, Willian Pacheco (Belakang); Brwa Nouri, Ebber Bessa, Rizky Pellu, Melvin Platje (Tengah); Ilija Spasojevic, Yaves Roni (Depan)

Pelatih: Stefano Cugurra

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi PSM dan Bali United

Video Populer

Foto Populer