Timnas Indonesia: 3 Nilai Plus Asnawi Mangkualam yang Bikin Shin Tae-yong Jatuh Cinta

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 18 Okt 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 08:45 WIB
Asnawi Mangkualam
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Asnawi Mangkualam, bersiap menghadapi Kamboja U-19 pada laga persahabatan di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10/2017). Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Nama Asnawi Mangkualam semakin melejit bersama Timnas Indonesia. Tak hanya membela skuad senior, Asnawi juga dipercaya untuk bermain di level U-23.

Pelatih Shin Tae-yong terlihat sangat menyukai gaya permainan Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia. Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga sangat terkesan dengan disiplin dan sikap Asnawi.

Wajar bila Asnawi sering menjadi andalan dari pelatih Shin Tae-yong untuk meghuni posisi bek kanan di Timnas Indonesia. Penampilan apik Asnawi membuat posisi tersebut sulit tergantikan oleh pemain lain.

Asnawi Mangkualam sejauh ini sudah tujuh kali bermain untuk Timnas Indonesia senior. Enam di antaranya bermain di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Dalam lima laga terakhir, Asnawi bermain penuh 90 menit. Jumlah itu membuatnya kini menjadi pemain kesayangan dari Shin Tae-yong.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Asnawi juga masuk dalam skuad U-23 di Timnas Indonesia. Selain masih cocok dari segi usia, Shin Tae-yong tentu punya alasan khusus memangilnya.

Lantas, apa yang sebenarnya membuat Shin Tae-yong sering mengandalkan Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia? Berikut ini tiga faktor yang membuat Asnawi tak tergantikan di skuad asuhan Shin Tae-yong versi Bola.com.

2 dari 4 halaman

Semangat Juang Tinggi

Indonesia Vs Thailand
Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Asnawi Mangkualam merupakan bek yang punya semangat juang tinggi. Kinerja itu ditunjukkan Asnawi saat membela Timnas Indonesia sejak U-19, U-23, hingga senior.

Berkat penampilan apiknya itu pula yang membuka kariernya ke luar negeri. Sampai saat ini, performa Asnawi semakin berkembang bersama klub Korea Selatan, Ansan Greeners FC.

Asnawi merupakan bek kanan yang dikenal sering membantu serangan. Selain itu, Asnawi juga punya kemampuan berlari yang kencang dan nafas tanpa lelah.

3 dari 4 halaman

Bermain Multifungsi

Indonesia U-19 Vs Uni Emirat Arab U-19
Bek Indonesia, Asnawi Mangkualam, berusaha menghadang pemain Uni Emirat Arab (UEA) pada laga AFC di SUGBK, Jakarta, Rabu (24/10/2018). Indonesia menang 1-0 atas UEA. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tak hanya menjadi bek kanan, Asnawi Mangkualam juga bisa dimainkan di sejumlah posisi. Ansawi bisa diandalkan sebagai gelandang bertahan hingga sayap kanan.

Penampilannya tak kalah apik. Ketika menjadi gelandang bertahan, Asnawi kerap memotong serangan lawan dengan mengandalkan kemampuan fisik mumpuni.

Selain itu, Asnawi juga bisa diandalkan sebagai sayap kanan. Kemampuan itu ditunjukkan saat transformasi permainan bertahan menjadi menyerang dengan kelincahan berlari yang ditunjukkannya.

4 dari 4 halaman

Akurasi Tembakan yang Baik

Asnawi Mangkualam tengah berlatih bersama Timnas Indonesia di Thailand.
Asnawi Mangkualam tengah berlatih bersama Timnas Indonesia di Thailand. (PSSI).

Meskipun bermain sebagai bek kanan, namun Asnawi Mangkualam juga punya keberanian dalam menguasai bola. Pemain berusia 22 tahun itu andal dalam melepaskan operan sukses.

Asnawi juga memiliki akurasi tembakan yang baik. Sesekali bola hasil sepakannya sempat mengagetkan kiper lawan.

Sejauh ini, Asnawi sudah mengoleksi dua gol untuk Timnas Indonesia U-23. Ketajaman Asnawi bisa jadi alternatif dalam memecah kebuntuan di lini depan.

Lanjutkan Membaca ↓