Timnas Indonesia U-23: Mengulik Opsi 2 Skema Pemain yang Bakal Dipakai Shin Tae-yong Versus Australia

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 18 Okt 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 10:15 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Shin Tae-yong
Timnas Indonesia - Ilustrasi Shin Tae-yong (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang digelar pada akhir Oktober 2021. Pelatih Shin Tae-yong bakal menurunkan susunan pemain terbaik untuk meraih kemenangan sekaligus merebut tiket ke Piala Asia U-23 yang digelar di Uzbekistan pada 2022.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan menghadapi Australia dalam dua pertandingan. Situasi itu terjadi karena dua tim lain yang ada di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yakni Brunei Darussalam dan China mundur.

Perjalanan Timnas Indonesia U-23 menuju Piala Asia U-23 2022 cukup berat. Nantinya, hanya satu tim yang berada di puncak klasemen akhir meraih tiket langsung, sedangkan peringkat kedua harus bertempur lagi di klasemen kecil yang dihuni para runner-up dari grup lain.

Shin Tae-yong sejatinya merupakan pelatih yang gemar memainkan skema 4-4-2. Namun, melimpahnya gelandang di Indonesia membuat pelatih asal Korea Selatan itu beradaptasi sehingga belakangan lebih sering menggunakan skema 4-2-3-1.

Skema tersebut digunakan setelah melihat banyaknya gelandang dengan kemampuan mumpuni semisal kelincahan dan akurasi tembakan yang baik. Situasi inilah yang ingin dimanfaatkan Shin Tae-yong demi meraih hasil positif melawan Australia.

Bola.com mencoba membuat susunan pemain yang berpeluang digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 dalam laga melawan Australia. Para pemain yang masuk dalam skema ini merupakan sosok-sosok berkualitas.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-23 A

Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan.
Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan. (PSSI)

Pada susunan pemain di Timnas Indonesia U-23 A ini merupakan nama-nama yang sering diandalkan pelatih Shin Tae-yong sebagai starter. Mereka adalah pemain yang pernah dipakai Shin Tae-yong di skuad senior.

Posisi penjaga gawang akan diberikan kepada Muhammad Riyandi. Kiper Barito Putera itu tampil apik saat bermain di Timnas Indonesia senior.

Rizky Ridho dan Alfeandrera Dewangga akan diplot di posisi jantung pertahanan. Kedua nama tersebut merupakan andalan Shin Tae-yong sejak di skuad U-19.

Pratama Arhan akan didapuk sebagai bek sayap kiri, sedangkan Asnawi Mangkualam sebagai bek sayap kanan. Penampilan keduanya tentu sudah tak perlu diragukan lagi karena sebagai bek sayap mereka rajin membantu serangan dengan mengandalkan kecepatan berlari.

Sementara itu, di posisi gelandang bertahan ada Rachmat Irianto dan Komang Teguh. Mereka menjadi penghubung lini tengah dan lini belakang.

Di posisi gelandang serang ada Beckham Putra yang jadi pengatur serangan, kemudian Ramai Rumakiek di posisi sayap kanan, dan Witan Sulaeman di posisi sayap kirip. Mereka akan membantu pergerakan Bagus Kahfi yang didapuk sebagai penyerang tengah.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-23 B

Timnas Indonesia U-16 Vs Kepulauan Mariana Utara
Gelandang Indonesia U-16, Marselino Ferdinan, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Kepulauan Mariana Utara pada laga Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9). Indonesia menang 15-1. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara dalam susunan Timnas Indonesia U-23 B, tim ini memiliki kualitas yang tak berbeda dari tim A. Posisi penjaga gawang sepertinya akan diberikan pada Ernando Ari.

Ernando Ari merupakan kiper yang punya kualitas bagus. Ernando Ari bahkan musim ini dipercaya menjadi kiper inti Persebaya Surabaya di BRI Liga 1.

Adapun di posisi bek tengah ada nama Muhammad Firly dan Komang Tri Arta. Duet keduanya berpeluang menjadi benteng kukuh di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Sementara itu, posisi bek kanan akan dihuni Bayu Fiqri, sedangkan bek kiri akan diisi Irsan Lestaluhu. Adapun posisi gelandang bertahan akan dihuni Kanu Helmiawan dan Eka Febri.

Posisi gelandang serang akan dihuni oleh Marselino Ferdinand. Nantinya Marselino akan didukung pergerakan Feby Eka sebagai sayap kiri dan Ronaldo Kwateh sebagai sayap kanan.

Pergerakan ketiganya bakal membantu Taufik Hidayat sebagai penyerang tengah. Taufik Hidayat punya kemampuan yang mumpuni sebagai penyerang dan tumpuan Timnas Indonesia U-23.

Lanjutkan Membaca ↓