Andritany Ardhiyasa Seusai Persija Dibekap Arema FC di BRI Liga 1: Oki Dwi Putra Selalu Merugikan Tim Kami

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 18 Okt 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 06:00 WIB
BRI Liga 1 : Arema FC Vs Persija Jakarta
Pemain Arema FC, Carlos Fortes (kiri) berebut bola dengan kiper Persija, Andritany Ardhiyansa saat laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/10/2021). (Bola.com/B

Bola.com, Solo - Kekalahan Persija Jakarta dari Arema FC meninggalkan kekecewaan mendalam bagi Andritany Ardhiyasa. Kapten dari tim berjuluk Macan Kemayoran ini geram dengan kepemimpinan wasit Oki Dwi Putra.

Andritany bahkan berani berkata bahwa keberadaan Oki Dwi Putra selalu memberikan kesialan bagi Persija Jakarta.

Oki Dwi Putra dianggap melakukan sejumlah keputusan kontroversial yang merugikan Macan Kemayoran. Puncaknya terjadi ketika wasit berusia 37 tahun itu menganulir gol Marko Simic di masa injury time.

Buntut dari tidak sahnya gol Simic, Persija dibekap Arema FC 0-1 dalam pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/10/2021).

"Sedikit timbul pertanyaan juga buat saya. Mengapa setiap kali Oki Dwi Putra memimpin laga Persija, dia selalu merugikan Persija. Itu sudah beberapa kali," imbuh Andritany dalam konferensi pers pasca-laga, Minggu (17/10/2021).

"Silakan saja dilihat dari partai-partai Persija sebelumnya yang dipimpin oleh Oki Dwi Putra," tutur kapten Persija Jakarta ini.

2 dari 4 halaman

Masih Mau Dipimpin Oki Dwi Putra atau Tidak?

Wasit Oki Dwi Putra.
Wasit Oki Dwi Putra mendapatkan protes keras dari Persija Jakarta setelah menganulir gol Marko Simic ke gawang Arema FC dalam BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi).

Andritany sebenarnya sudah geram dengan Oki Dwi Putra. Namun, jika wasit asal Bandung, Jawa Barat itu kembali memimpin laga Persija Jakarta, dia akan menerimanya.

Akan tetapi, Andritany punya cara agar pengadil pertandingan supaya tidak salah dalam mengambil keputusan. Dia bakal memberikan tekanan kepada wasit.

"Saya tidak tahu terkait peraturan apakah kami bisa meminta pergantian wasit atau tidak. Namun, siapapun wasitnya, kami akan menerima," jelas Andritany.

"Namun, kami harus lebih hati-hati. Kami bakal memberi tekanan lebih kepada wasit agar wasit tidak sembarangan lagi kepada Persija," ucap mantan kapten Timnas Indonesia itu.

3 dari 4 halaman

Oki Dwi Putra Layak Disanksi?

Wasit Oki Dwi Putra.
Wasit Oki Dwi Putra mendapatkan protes keras dari Persija Jakarta setelah menganulir gol Marko Simic ke gawang Arema FC dalam BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi).

Andritany tidak dapat menilai apakah Oki Dwi Putra pantas disanksi atau tidak akibat perbuatannya terhadap Persija. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Wasit PSSI.

"Terkait layak disanksi atau tidak, itu mungkin Komite Wasit PSSI punya pandangan. Saya serahkan kepada Komite Wasit PSSI," terang Andritany.

"Biarkan Komite Wasit PSSI yang memutuskan. Namun, teman-teman semua bisa menilai apakah Oki Dwi Putra layak disanksi atau tidak," ujarnya mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓