Sukses


Drama Pekan Ketujuh BRI Liga 1: Persija hingga Bali United Tergelincir

Bola.com, Jakarta - Pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 musim ini telah rampung dihelat. Terjadi banyak kejutan yang ditandai dengan tumbangnya klub-klub elite.

Pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 digelar pada 14-17 Oktober 2021. Seluruh pertandingan yang sudah memasuki seri kedua itu digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kejutan pertama datang dari pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022, Bhayangkara FC. Klub berjulukan The Guardian itu akhirnya merasakan kekalahan perdana setelah menyerah 0-2 dari Persib Bandung.

Pelatih Bhayangkara, Paul Munster, sampai dibuat emosi dengan kekalahan tersebut. Menurut Paul, timnya kesulitan menembus lini pertahanan Persib yang solid dan kukuh.

"Sebenarnya secara keseluruhan dalam hal performa, anak-anak sudah bagus. Hanya saja mungkin gol kedua persib itu menyulitkan kita untuk bisa bangkit. Pada babak pertama kami mendominasi dan memiliki banyak peluang," kata Paul Munster.

Meskipun kalah, Bhayangkara FC masih berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 16 poin. Di sisi lain, situasi serupa juga dialami Bali United yang menyerah 1-2 dari PSM Makassar.

Kekalahan ini menjadi puncak penampilan kurang maksimal dari Bali United dalam tiga laga terakhir. Pelatih Stefano Cugurra Teco mengaku timnya kehilangan konsentrasi sehingga menelan kekalahan perdana di BRI Liga 1.

"Kami kehilangan konsentrasi pada babak kedua dan lawan bisa mencetak dua gol. Kami harus menerima kekalahan ini," ucap Teco.

2 dari 4 halaman

Paling Menyakitkan

Hasil negatif juga dialami Persija Jakarta pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Persija dipaksa menyerah 0-1 dari Arema FC.

Kekalahan terasa menyakitkan karena Persija sejatinya mampu mampu mengimbangi permainan Arema FC. Sayangnya, dua gol yang dicetak Marko Simic dianulir oleh wasit Oki Dwi Putra.

Pelatih Angelo Alessio menyebut, kekalahan adalah sesuatu yang wajar dalam sepak bola. Namun, kekalahan yang terjadi karena kesalahan atau kinerja wasit yang buruk sulit untuk diterima oleh pelatih asal Italia itu.

"Sulit mengatakan sesuatu tentang ini sebab saya pikir kami tidak meminta bantuan dari wasit, namun menginginkan keputusan yang benar," kata Angelo Alessio.

"Inilah sepak bola. Oke, namun saya tidak terbiasa dengan situasi ini. Kami memang kalah, tetapi kami tidak pantas mendapatkan hasil seperti ini," ucap Angelo Alessio.

Kekalahan ini membuat Persija harus turun pada klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu mengemas 10 poin dan melorot ke posisi delapan klasemen.

3 dari 4 halaman

Tersisa 2 Tim

Sederet kekalahan perdana yang dialami sejumlah tim elite di BRI Liga 1 2021/2020 membuat peta persaingan gelar semakin seru. Sejauh ini, tim yang belum pernah kalah menyisakan dua nama lagi yakni PSIS Semarang dan Persib Bandung.

PSIS telah mengumpulkan 15 poin hasil empat kali menang dan tiga kali imbang. Klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar itu berada di urutan kedua dengan selisih satu angka dari Bhayangkara FC.

Adapun Persib Bandung berada di urutan ketiga dengan raihan 13 poin. Jumlah itu dikumpulkan Persib berkat tiga kemenangan dan empat kali imbang di BRI Liga 1.

Untuk urusan kemenangan, semua klub di BRI Liga 1 sudah merasakannya. Tim yang sampai saat ini paling sedikit menang adalah Madura United, Borneo FC, Persipura Jayapura, Persik Kediri, Barito Putera, dan Persiraja Banda Aceh yang masing-masing hanya sekali.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer