Sukses


Shin Tae-yong Tetap Evaluasi Kinerja Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Sukses Kalahkan Tajikistan

Bola.com, Dushanbe - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tak sepenuhnya puas dengan kemenangan 2-1 yang diraih timnya atas Tajikistan pada laga uji coba. Shin Tae-yong menyebut, masih ada beberapa aspek yang harus dievaluasi.

Pada laga yang digelar di Republican Central Stadium Dushanbe, Selasa (19/10/2021), Timnas Indonesia U-23 kecolongan gol cepat yang dicetak Shervoni Mabatshoev (5').

Tertinggal satu gol Timnas U-23 bereaksi cepat dengan mencetak gol penyeimbang melalui Hanis Saghara Putra (35'). Pada babak kedua, Timnas Garuda Muda semakin mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah.

Puncaknya adalah Timnas Indonesia U-23 mencetak gol kedua melalui aksi Bagus Kahfi pada menit ke-64. Sampai laga berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan skuad Garuda Muda tetap bertahan. 

Shin Tae-yong menyebut, masih ada pemain Timnas Indonesia U-23 yang grogi saat bermain. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu memakluminya karena bermain di lapangan sintensis merupakan pengalaman baru bagi para pemain.

"Saya melihat karena ini uji coba pertama, jadi para pemain ada yang merasa grogi. Apalagi pada pertandingan ini kami menggunakan lapangan sintesis dan memang beda lingkungan seperti makanan dan cuaca. Memang masih dalam proses adaptasi," kata Shin Tae-yong.

"Kami akan terus perbaiki kekurangan dari tim ini. Semoga pada uji coba selanjutnya dapat lebi baik lagi dan puncaknya saat melawan Australia mendapatkan performa terbaik," ucap Shin Tae-yong.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Pada laga selanjutnya, Timnas U-23 akan uji kemampuan melawan Nepal, Jumat (22/10/2021).

2 dari 3 halaman

Bermain Fair Play

Pelatih Shin Tae-yong juga menjadikan laga uji coba untuk panggung bermain fair play untuk Timnas Indonesia U-23. Shin Tae-yong pada awal laga menekankan agar pemainnya tidak terpancing emosi saat bertanding.

"Pada pertandingan ini juga kami tekankan pemain untuk bermain fair play. Jadi tidak boleh terpancing emosi dan menghargai pemain lawan," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia pada dua laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Australia menjadi lawan tunggal di Grup G setelah Brunei Darussalam dan China mengundurkan diri.

3 dari 3 halaman

Tak Boleh Cepat Puas

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga mengapresiasi kemenangan 2-1 yang diraih Timnas Indonesia U-23 pada laga uji coba melawan Tajikistan. Namun, Iriawan meminta pasukan Shin Tae-yong itu tak cepat puas.

"Setelah latihan beberapa hari di Tajikistan, terlihat mereka makin kompak. Saya kira progres tim ini semakin hari semakin membaik," kata Iriawan.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Iriawan berharap, puncak performa para pemain Timnas U-23 bisa ditunjukkan dalam duel melawan Australia pada 27 dan 30 Oktober 2021.

"Fokus, disiplin, dan kerja keras harus ditanamkan dalam benak pemain. Kami yakin meraih hasil terbaik melawan Australia nanti," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Video Populer

Foto Populer