Prediksi BRI Liga 1, Persik Vs Persipura: Pertarungan 2 Tim Terluka

Oleh Aryo Atmaja pada 21 Okt 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 07:30 WIB
BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs Persipura Jayapura
BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs Persipura Jayapura (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Dua tim terluka, Persik Kediri dan Persipura Jayapura akan bersua dalam lanjutan pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Kamis (21/10/2021).

Kedua tim sedang dalam tren yang sama-sama terpuruk sampai pekan ketujuh. Baik Persik maupun Persipura baru mengemas lima poin dan berbagi posisi di urutan ke-15 dan 16.

Tim Macan Putih (julukan Persik) baru saja menelan kekalahan 0-3 dari PSIS Semarang pada laga terakhir. Begitu juga yang dialami Persipura, saat dihempaskan Persebaya Surabaya 1-3.

Praktis, tidak ada cara lagi selain menang demi mengakhiri tren negatif bagi kedua tim. Tambahan tiga poin sangat dibutuhkan Persik maupun Persipura untuk meninggalkan zona degradasi yang terus mengancam.

Bakal menjadi laga yang menarik dan ketat, terutama pelatih kedua tim melontarkan optimisme menjelang pertemuan. Persiapan matang telah dilakukan, termasuk melakukan evaluasi dari hasil sebelumnya.

2 dari 4 halaman

Lebih Disiplin

Foto: PSIS Semarang Awali Debut Manis di Seri Kedua BRI Liga 1
Pemain Persik Kediri, Youssef Ezzejjari Lhasnaoui mengejar bola saat laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 antara PSIS Semarang melawan Persik Kediri di Stadion Manahan, Solo, Jumat (15/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persik Kediri seperti lupa cara menang setidaknya dalam lima pertandingan terakhir yang mereka jalani. Setelah menang di pekan kedua, Persik hanya dua kali bermain imbang dan sisanya selalu kalah.

Bahkan gawang mereka sudah jebol 10 kali, sekaligus menjadi catatan minor bagi Andri Ibo dan kawan-kawan. Hingga evaluasi besar yang harus dilakukan ketika di laga terkait kalah telak dari PSIS.

Organisasi permainan Persik masih belum nampak meski sebenarnya punya penguasaan bola yang lebih baik. Transisi penyerangan yang dibangun selalu kandas di lini belakang lawan.

Sementara lawan juga mudah untuk menembus pertahanan Persik. Berkaca dari gol-gol yang dicetak PSIS memperlihatkan begitu mudahnya diobrak-abrik. Caretaker Persik Kediri, Alfiat pun menginstruksikan agar pemainnya wajib tampil lebih disiplin.

"Pemain harus disiplin agar Persipura tidak mudah mengembangkan permainannya dan leluasa mengobrak-abrik pertahanan kami," ujar Alfiat menjelang pertandingan, Rabu (20/10/2021).

Untuk meladeni Persipura, Persik akan kembali mengandalkan pemain-pemain seperti Dikri Yusron, OK John, Adi Eko Jayanto, Sackie Teah Doe, hingga duet striker Septian Satria Bagaskara dan Youssef Ezzejjari.

"Harus optimis dan bekerja keras agar kemenangan bisa kami raih. Nanti kami siapkan strategi minimal mengantisipasi permainan Persipura," jelas Alfiat.

3 dari 4 halaman

Pantang Anggap Remeh

Foto: Dua Kali tertinggal, Persipura Akhirnya Imbangi Madura United 2-2 di BRI Liga 1
Pemain Persipura Jayapura, Riky Kayame (tengah) merayakan gol penyeimbang 1-1 ke gawang Madura United bersama rekan setim dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara di kubu Persipura Jayapura, pelatih Jacksen F. Tiago juga memastikan timnya tidak kalah siap. Meski dalam laga nanti tim Mutiara Hitam dipastikan tidak diperkuat Israel Wamiau yang mendapat kartu merah di laga sebelumnya.

Secara permainan pun Jacksen meminta skuadnya untuk fokus berkaca dari hasil melawan Persebaya. Padahal Persipura mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Ricky Kayame. Sayangnya Persipura kebobolan tiga gol lawan.

"Kami lebih fokus ke taktikal dan pemulihan kondisi kebugaran. Semua berjalan dengan baik. Setiap laga, tujuan kami adalah meraih hasil yang maksimal," ujar Jacksen F. Tiago.

"Semua pemain dalam kondisi yang cukup baik. Ferinando Pahabol sempat sedikit mengalami sakit tapi tidak ada masalah sekarang," lanjut pria asal Brasil itu.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu turut mewanti-wanti timnya untuk tidak meremehkan Persik Kediri. Apalagi posisi Persipura dan Persik juga sama-sama berada di zona tidak aman.

"Persik cukup baik tapi sedikit ada masalah di internal, namun pemain asing mereka cukup baik. Kami tidak boleh anggap remeh, secara umum Persik bagus," beber Jacksen F. Tiago.

"Kami pernah menjajal mereka uji coba tanpa pemain asing, cukup merepotkan, dan sekarang tambah kuat dengan masuknya pemain asing," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Persik Kediri (4-4-2): Dikri Yusron (Kiper); Andri Ibo, Dany Saputra, Ibrahim Sanjaya, Arthur Felix Silva (Belakang); Ady Eko Jayanto, Dionatan Machado, Sackie Teah Doe, Risna Prahalabenta (Tengah); Septian Satria Bagaskara, Youssef Ezzejari (Depan)

Pelatih: Alfiat

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (Kiper); Irsan Lestaluhu, Ricardo Salampessy, Doni Monim, David Rumakiek (Belakang); Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Nelson Alom (Tengah); Todd Ferre, Ricky Kayame, Feri Pahabol (Depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Prediksi Bola.com: 45-55

Live Vidio

Kamis, 21 Oktober 2021

Pukul 18.15

Lanjutkan Membaca ↓