Sukses


Persib Bersyukur Bisa Amankan Lisensi Klub AFC dan Nasional 2021

Bola.com, Bandung - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, sangat bersyukur dan bangga karena Persib Bandung menjadi tim yang layak memperoleh lisensi Klub AFC dan Klub Lisensi Nasional 2021 oleh PSSI melalui Komite Lisensi Klub.

Selain Persib Bandung, klub lain yang meraih lisensi AFC antara lain Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persija Jakarta, Persebaya, dan PSM Makassar.

"Kami bersyukur atas keberhasilan Persib Bandung lulus sertifikasi licensi AFC tahun ini," ujar Teddy Tjahjono saat dihubungi awak media, Rabu (20/10/2021).

Yang pasti keberhasilan itu, lanjut Teddy, karena seluruh manajemen dan tim Persib Bandung bekerja dan berusaha memenuhi semua kriteria untuk mendapatkan lisensi tersebut.

"Kami berusaha untuk memenuhi kriteria, paling tidak slotnya sudah ada," ujar pria berkacamata ini.

PSSI melalui Komite Lisensi Klub memutuskan dari 18 klub Liga 1 yang mendaftar hanya ada sembilan klub yang layak untuk memperoleh Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021, termasuk Persib Bandung.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya Lisensi AFC, tapi juga Lisensi Nasional

Tahun ini setiap klub diwajibkan untuk memiliki dua jenis lisensi, yakni Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021. Mengenai hanya separuh dari klub BRI Liga 1 yang mendapatkan lisensi itu, Ketua Komite Lisensi Klub, Timmy Setiawan, menyebut ada berbagai alasan yang membuat klub lain tidak bisa mendapatkannya.

"Ada beberapa klub yang sama sekali memang tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap ke depannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan untuk lolos di lisensi AFC,’’ ujar Timmy Setiawan dalam laman resmi PSSI.

"Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial dan tantangan ke depannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang di-upload dan di-submit seluruhnya sudah serba-digital. Semoga ke depannya proses dan klub yang lulus akan bertambah," imbuh Timmy.

3 dari 4 halaman

Proses Harus Tetap Berjalan

Keputusan mengenai lulusnya sembilan tim yang memperoleh lisensi klub AFC dan klub nasional 2021 ini diambil setelah melalui rapat komite yang digelar di Jakarta pada Selasa (19/10/2021).

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk tetap berusaha memenuhi persyaratan lisensi klub tahun ini," kata Timmy.

"Walaupun masih masa pandemi dan kompetisi sepak bola baru dimulai kembali, proses ini harus tetap dijalankan sesuai dengan amanat AFC demi menjaga nama Indonesia di kancah kompetisi klub sepak bola Asia,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer