Sukses


Duel Pelatih Persebaya Vs Persela di BRI Liga 1: Arsitek Bertukar Klub

Bola.com, Sleman - Pertempuran sesama tim Jawa Timur bakal tersaji dalam pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022. Persebaya Surabaya dijadwalkan bakal berjumpa dengan Persela Lamongan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (21/10/2021) malam.

Duel ini seolah menjadi ajang reuni bagi pelatih kedua tim. Aji Santoso tercatat pernah menangani Persela pada musim 2017, tahun yang sama dengan Iwan Setiawan yang mengarsiteki Persebaya Surabaya. Kini Iwan melatih Persela, sedangkan Aji bersama Persebaya.

Aji pernah menangani klub asal Kota Soto itu dalam dua periode berbeda, masing-masing pada 2016 dan 2017 hingga 2019. Aji Santoso menyebutkan Iwan Setiawan adalah sosok pelatih yang dihormati. Dia belajar dari Iwan Setiawan dalam awal masa mempelajari dunia kepelatihan sepak bola.

“Dia (Iwan Setiawan) lebih mengedepankan bermain dengan taktikal. Dulu pertama kali menjadi pelatih, saya belajarnya dari Coach Iwan. Jadi pemain saya harus siap menghadapi ini karena kami tahu Coach Iwan pelatih yang memiliki wawasan luas dalam sepak bola,” ucap Aji.

Menariknya, sejumlah pemain yang kini menjadi bagian skuat Persebaya adalah pilihan Iwan Setiawan saat memulai Liga 2 2017. Satu di antaranya adalah gelandang Muhammad Hidayat yang direkrut dari Borneo FC U-21.

Namun, nama Iwan Setiawan memiliki kenangan yang kurang apik bersama Persebaya Surabaya. Dia pernah bersitegang dengan Bonek pada musim 2017 itu. Alasan itulah yang membuatnya dipecat oleh manajemen Bajul Ijo.

2 dari 4 halaman

Fokus Iwan Setiawan

Pelatih berusia 53 tahun itu memilih untuk fokus membawa timnya memetik poin daripada bernostalgia dengan Persebaya Surabaya.

Iwan juga menegaskan Persela sudah melakukan evaluasi setelah bermain imbang 2-2 dengan Madura United pekan lalu (16/10/2021). Dia memperbaiki kualitas penyerangan terutama dalam hal eksekusi.

“Persebaya tim terbaik dengan skuad yang lengkap. Persebaya dihuni pemain-pemain muda terbaik di Indonesia. Persiapan bagus, pemain dalam kondisi baik, tidak ada yang cedera, semoga besok kami bisa memberikan permainan yang positif,” ungkapnya.

“Persiapan secara mental, kami cukup bagus, latihan berjalan lancar. Tim sangat siap dan semoga mendapatkan hasil terbaik,” imbuh mantan pelatih Borneo FC tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Persebaya Unggul Catatan Pertemuan

Iwan Setiawan mungkin akan sedikit dibebani dengan fakta pertemuan kedua tim. Persebaya Surabaya punya modal apik untuk bisa meraup poin penuh melawan Persela nanti.

Kedua tim sudah berjumpa tiga kali sepanjang 2021 dan hasilnya Persebaya selalu menang, satu di Piala Menpora 2021 dan dua lainnya dalam laga uji coba pramusim.

Persebaya juga tercatat dua kali menundukkan Persela dalam empat pertemuan Liga 1 sejak 2018. Rekor itu lebih banyak dari Laskar Joko Tingkir hanya pernah menang sekali saja.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya dan Persela di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer