Sukses


Hasil BRI Liga 1: 2 Pemain Cetak Brace, Persib Tundukkan PSS

Bola.com, Solo - Persib Bandung meneruskan catatan kemenangan di BRI Liga 1 2021/2022. Tim asal Kota Kembang itu menundukkan PSS Sleman dengan skor 4-2 dalam pekan kedelapan di Stadion Manahan, Solo, Jumat (22/10/2021) malam.

Achmad Jufriyanto dkk. berhasilĀ comebackĀ setelah mengakhiri babak pertama dengan tertinggal 0-1 dari PSS Sleman. Di babak kedua, Persib membalik kedudukan itu dengan mencetak empat gol balasan, meski akhirnya PSS mencetak satu gol tambahan.

Babak I

Persib mengawali pertandingan ini dengan berupaya tampil menekan pertahanan PSS Sleman. Maung Bandung membukukan peluang pertamanya lewat Frets Butuan setelah menerima umpan Marc Klok di menit keenam. Sayang, tembakannya masih melenceng.

Di menit ke-12, Frets Butuan lagi-lagi memberi ancaman kepada gawang PSS yang dikawal Miswar Saputra. Kali ini tembakan mendatarnya mengarah ke gawang, namun masih mudah diamankan oleh Miswar.

Skuat arahan Robert Alberts masih tidak mengendurkan serangan dengan terus menguasai jalannya pertandingan. PSS sendiri memilih menunggu dengan bermain bertahan sambil menemukan celah melakukan serangan balik.

Maung Bandung kembali membukukan tembakan pada menit ke-26 lewat kerja sama Febri Hariyadi yang mengirim umpan kepada Ezra Walian. Lagi-lagi masih belum berbuah gol karena tembakan Ezra melambung di atas mistar.

Petaka menghampiri Persib di menit ke-34. Mulanya, Nick Kuipers mengirim umpan di lini belakang kepada gelandang Mohammed Rashid. Namun, Rashid tidak melihatnya sehingga mampu dipotong oleh winger PSS, Irfan Jaya.

Melihat pertahanan Persib kosong, Irfan Jaya melakukan penetrasi sebelum melepas tembakan tepat sasaran ke gawang Persib. Tembakannya ditepis oleh Teja Paku Alam, namun bolaĀ reboundĀ kemudian disambar oleh Nemanja Kojic dan berbuah gol di menit ke-34.

PSS tampil lebih berani dalam kondisi unggul 1-0. Di menit ke-44, Irkham Mila hampir membuat timnya menggandakan keunggulan, namun sepakannya masih melenceng. Babak pertama berakhir dengan keunggulan tipis PSS Sleman.

Ā 

2 dari 4 halaman

Babak II

Persib langsung tancap gas untuk mencetak gol balasan di awal babak kedua. Pelatih Robert Alberts menarik Febri Hariyadi dan Dedi Kusnandar dengan memasukkan duo striker asing, yaitu Geoffrey Castillion dan Wander Luiz.

Langkah awal Persib untuk bangkit muncul di menit ke-53 karena mereka mendapat hadiah penalti. Itu bermula dari umpan lambung yang dikirim oleh Rashid diteruskan dengan pergerakan Frets Butuan yang kemudian dilanggar oleh pemain PSS.

Wander Luiz yang tampil sebagai eksekutor penalti tidak menyianyiakan kesempatan ini. Dia mencetak gol dengan sepakan mendatar kaki kanan mengarah ke sisi kiri gawang Miswar Saputra di menit ke-55.

Hanya dua menit dari gol itu, Persib akhirnya berhasil membalik kedudukan lewat Mohammed Rashid. Gelandang berpaspor Palestina itu mampu memanfaatkan umpan silang dari Zalnando dan meneruskannya dengan sundulan yang merobek gawang PSS.

Tak berhenti di situ, Rashid seolah ingin menebus kesalahannya di babak pertama. Dia lagi-lagi mencetak gol dengan memanfaatkan umpan yang dikirim oleh Castillion di menit ke-62 dan membuat Persib unggul 3-1.

Tiga gol Persib yang lahir hanya dalam tujuh menit membuat pertandingan berjalan kian menarik. PSS kini tampil lebih agresif dan hampir mencetak gol lagi lewat Irfan Jaya di menit ke-73. Namun, bola tembakannya masih mampu ditepis Teja.

Persib lagi-lagi berhasil membobol gawang Elang Jawa saat pertandingan memasuki menit ke-82. Kali ini, bermula dari tendangan bebas Marc Klok yang mengirim umpan kepada Wander Luiz. Striker asal Brasil itu pun menyelesaikannya dengan sundulan yang gagal dibendung Miswar lagi.

PSS berhasil memperkecil kedudukan berkat penyelesaian yang dilakukan Irfan Jaya di menit ke-87. Lewat serangan balik, Irfan memanfaatkan umpan dari rekannya sebelum melepas tembakan yang menggetarkan jala gawang Persib.

Kedudukan 4-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Persib berhak mendapat tambahan tiga poin dan kini mengoleksi 16 angka dari delapan pertandingan BRI Liga 1.

Ā 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain:

  • Persib (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper); Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Zalnando (belakang); Dedi Kusnandar, Marc Klok, Mohammed Rashid (tengah); Febri Haryadi, Ezra Walian, Frets Butuan (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts
  • PSS (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Bagus Nirwanto, Mario Maslac, Asyraq Gufron, Samsul Arifin (belakang); Misbakus Solikin, Juninho, Kim Kurniawan (tengah); Irfan Jaya, Nemanja Kojic, Irkham Mila (depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
4 dari 4 halaman

Posisi Persib Saat Ini

Video Populer

Foto Populer