Sukses


Ketua PSSI Sebut Elkan Baggott Menolak Membela Timnas Indonesia, Sudah Dikontak tapi Nihil Respons

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengklaim bahwa Elkan Baggott menolak untuk memenuhi pemanggilan dari Timnas Indonesia level senior dan timnas U-23.

Nama Baggott tidak ada dalam skuad Timnas Indonesia untuk babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand pada 7-11 Oktober 2021.

Bek berusia 18 tahun itu juga tidak dicantumkan dalam komposisi pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 26-29 Oktober 2021 di Tajikistan.

Iriawan mengungkapkan bahwa pihaknya telah berupaya untuk mengontak Baggott, namun nihil respons sehingga menganggapnya tidak serius untuk membela Timnas Indonesia.

"Kami sudah menghubungi Baggott beberapa kali, namun dia sepertinya tidak ingin membela Timnas Indonesia," kata Iriawan.

2 dari 3 halaman

Ungkit Tingkah Laku Elkan Baggott

Iriawan mengungkit perilaku Baggott pada tahun lalu. Pemain Ipswich Town U-23 itu disebutnya meminta kepada PSSI supaya dapat memperkuat Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Saat Piala Dunia U-20 2021 diundur menjadi 2023, perilaku Baggott tiba-tiba berubah. Bek kelahiran Bangkok, Thailand itu disinyalir berubah pikiran karena tidak dapat bermain di turnamen itu pada dua tahun mendatang.

"Kami menyayangkan. Dulu saja begitu masuk ke Timnas Indonesia U-19, Baggott mengejar-ngejar kami," imbuh Iriawan.

"Sekarang kami berikan kesempatan ke Timnas Indonesia malah dia tidak memberikan respons."

"Masih banyak pemain yang lain. Tidak perlu takut. Kami cari Baggott-Baggott lainnya untuk Timnas Indonesia," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Bukan Pertama Kali

Baggott bukan pertama kali menolak panggilan Timnas Indonesia. Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021, pemain kelahiran Bangkok, Thailand itu juga enggan untuk merapat.

Kala itu, Sekjen PSSI, Yunus Nusi menyatakan bahwa Baggott tidak dapat membela Timnas Indonesia karena Dubai daerah rawan COVID-19, tidak mau dikarantina ketika kembali ke Inggris, dan bentrok dengan persiapan pramusim Ipswich Town.

"Ipswich Town sebetulnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa Elkan Baggott akan bergabung dengan Timnas Indonesia pada 31 Mei 2021, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat ke Dubai," papar Yunus medio Mei 2021.

"Menurutnya, Dubai termasuk zona merah COVID-19. Dia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Lalu, Ipswich Town pun sudah melakukan persiapan pramusim pada Juni 2021. Terkait hal ini, kami sudah berkomunikasi dengan PSSI," terang Yunus.

Video Populer

Foto Populer