Sukses


Mengenang Debut Elkan Baggott di Timnas Indonesia U-19: Tampil Apik Saat Melibas Makedonia Utara

Bola.com, Jakarta - Nama Elkan Baggottt kembali jadi sorotan menyusul pernyataan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada jumpa persnya di Kantor Kemenpora, Jumat (22/10/2021).

Menurut Iwan Bule, sapaan akrabnya, Elkan yang saat ini berkostum Ipswich Town U-23 menolak panggilan Timnas Indonesia dan ingin membela negara lain.

"Kami tentu menyayangkan langkah Elkan itu karena dulu dia yang ngejar-ngejar kita agar namanya masuk dalam daftar timnas U-19. Tapi, sekarang ketika ditawari memperkuat timmas yang ada, dia tak ada respons," kata Iwan Bule pada awak media.

Penolakan Elkan Baggott ini diduga karena dirinya kehilangan peluang tampil di Piala Dunia U-20 menyusul keputusan FIFA menunda ajang bergengsi itu ke tahun 2023. Kalau jadi digelar pada 2023, Baggott sudah berusia 21 tahun.

"Padahal, kami sudah berkali-kali mengontak dia serta sudah memfasilitasi biometrik KTP. Tapi, sudahlah masih banyak pemain Indonesia lainnya," terang Iwan.

Elkan Baggottt memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-19 yang tengah menjalani pemusatan latihan di Kroasia pada Oktober 2020.

2 dari 3 halaman

Debut Mengesankan

Bek kelahiran Bangkok, 23 Oktober 2002 ini melakukan debutnya bersama skuad Garuda menghadapi Makedonia Utara di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020) malam WIB.

Pada laga itu, ia berduet dengan Rizky Ridho di posisi bek sentral. Timnas U-19 memenangi laga itu dengan skor 4-1. Dalam situs resmi PSSI, Elkan Baggott tanpa sungkan mengaku sangat senang menjalani debutnya dengan membawa Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan.

"Saya bangga bisa mengenakan jersey timnas Indonesia untuk kali pertama. Terima kasih kepada PSSI dan semua pihak yang membuat saya bisa bertanding bersama timnas," tutur Elkan Baggott ketika itu.

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia yang mendapat tugas menangani tim selama di Kroasia juga memuji penampilan Elkan Baggott. Di mata pelatih asal Korea itu, sebagai bek tengah, Elkan Baggott bermain baik dan memiliki kemampuannya membaca permainan.

"Dia juga punya postur tinggi dan kuat," terang Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Penolakan Halus Elkan Baggott

Shi Tae-yong yang kepincut dengan kemampuan sang pemain lalu memasukkan nama Elkan Baggott dalam daftar pemain yang dipanggil timnas Indonesia menghadapi laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Alasan Elkan saat itu adalah Uni Emirat Arab yang menjadi venue penyelenggara berada dalam zona merah. Shin Tae-yong memanggil Arif Satria dan Didik Wahyu untuk mengganti peran Elkan.

Namun, ketika itu, Iwan Bule dan PSSI masih optimistis Elkan Baggott masih menyimpan keinginan suatu saat memperkuat timnas Indonesia.

Menurut Iwan Bule, Elkan Baggott ingin memenuhi panggilan timnas tapi klubnya tak memberikan izin.Belakangan, Elkan Baggott terbukti hanya ingin tampil di Piala Dunia U-20.

Buktinya, ketika timnas Indonesia hendak memakai jasanya di kualifikasi Piala Asia U-23 menghadapi Australia, panggilan dari PSSI tak direspons. Iwan Bule pun membuat pernyataan Elkan Baggott sudah tak berminat menjadi bagian Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer