Sukses


Akumulasi Kartu, Ricky Kambuaya Absen saat Persebaya Jumpa Persija di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya, absen saat timnya berjumpa Persija Jakarta dalam melakoni laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022, Selasa (26/10/2021).

Penyebabnya, pemain berusia 25 tahun itu sudah mengoleksi tiga kartu kuning. Terbaru, dia diganjar kartu kuning saat Persebaya ditahan imbang 1-1 oleh Persela Lamongan dalam pekan kedelapan, Kamis (21/10/2021).

Dalam duel itu, Ricky Kambuaya mulanya terlibat perebutan bola dengan gelandang Persela, Syahroni, di menit ke-89. Dia terlihat menarik Syahroni sehingga membuat wasit Musthofa Umarella menganggapnya sebagai pelanggaran.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sangat menyayangkan apa yang terjadi pada gelandang andalannya itu. Sebab, Kambuaya seharusnya masih bisa membela Bajul Ijo melakoni laga penting melawan Persija.

“Kambuaya salah satu pemain yang cukup penting. Padahal di dalam pertandingan sudah saya wanti-wanti dia untuk jangan sampai mendapat kartu kuning pertandingan ini, karena tenaganya dibutuhkan untuk pertandingan berikutnya,” ungkap Aji.

“Tetapi, di menit-menit akhir dia mendapatkan kartu kuning. Ini pembelajaran buat Ricky Kambuaya untuk lebih tenang dan dingin di dalam lapangan,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Peran Krusial

Bukan tanpa alasan Aji Santoso merasa kehilangan dengan absennya Ricky Kambuaya. Pemain satu ini telah menunjukkan penampilan impresif di lini tengah selama BRI Liga 1 hingga menjadi andalan Timnas Indonesia juga.

Performa konsisten Kambuaya juga bisa dibuktikan dengan berkontribusi atas gol tunggal Persebaya saat melawan Persela dalam laga yang berakhir 1-1 itu.

Meski berposisi sebagai gelandang, Kambuaya memang mampu menyumbang banyak gol. Dia menjadi top scorer sementara Persebaya dengan empat gol, torehan yang sama dengan Jose Wilkson yang berposisi sebagai striker.

3 dari 4 halaman

Evaluasi Lini Depan

Aji menyoroti penampilan anak asuhnya yang tidak mampu menyelesaikan banyak peluang penting di depan gawang Persela. Banyak umpan Taisei Marukawa atau Kambuaya yang gagal dikonversi menjadi gol oleh striker Jose Wilkson dan Samsul Arif.

“Sebenarnya kami banyak peluang. Tetapi, kami dari babak pertama dan kedua, kami bisa main (menguasai pertandingan), sayang peluang tidak gol. Memang mungkin belum waktunya masuk,” ungkap Aji.

Kabar baiknya, Persebaya sudah bisa menurunkan Bruno Moreira yang sebelumnya mendapat larangan bertanding kontra Persela. Kehadiran pemain asal Brasil itu tentu akan membantu Bajul Ijo untuk menekuk Persija nantinya.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer