Sukses


Hasil BRI Liga 1: Rapor Pertemuan Apik Terjaga, Persebaya Kembali Nodai Persija

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya sukses meneruskan catatan tak terkalahkan kontra Persija Jakarta dalam enam laga beruntun. Terbaru, Bajul Ijo menang tipis 1-0 dalam pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) malam.

Kedua tim masih berusaha saling menguasai selama 10 menit pertama pertandingan. Ancaman pertama laga ini baru lahir pada menit ke-15 dari Persija. Umpan silang yang dikirim Marco Motta dari sayap kanan disundul oleh Simic tapi masih mampu ditangkap kiper Andhika Ramadhani.

Hanya dua menit kemudian, Persija lagi-lagi memiliki peluang mencetak gol setelah Riko Simanjuntak melepas tendangan sudut. Bola mengarah ke Simic, sayangnya kali ini sundulannya tidak mengarah ke gawang.

Persebaya justru keluar sebagai tim yang unggul terlebih dahulu lewat gol yang lahir pada menit ke-25. Itu bermula dari umpan panjang yang dikirim oleh Muhammad Hidayat ke lini depan saat pertahanan Persija sedang lowong.

Bola disambut oleh Rezaldi Hehanusa yang kemudian berusaha dibuang oleh Otavio Dutra. Namun, upaya itu tidak sempurna sehingga dimanfaatkan oleh Taisei Marukawa untuk merangsek ke kotak penalti. Dia pun mengecoh kiper Andritany Ardhiyasa sebelum menceploskan bola ke gawang.

Tim Macan Kemayoran berusaha merespons gol serangan balik itu dengan menyusun serangan rapi. Gelandang Dwiki Arya mengirim umpan kepada Marko Simic yang tanpa kawalan di menit ke-32. Namun, bola langsung disambut Andhika dengan tangkapan.

Di menit ke-34, giliran Persebaya yang memiliki peluang menggandakan keunggulan. Mulanya Alwi Slamat mampu mencuri bola dari Riko Simanjuntak di sisi kiri pertahan Persija. Alwi mengirim umpan silang kepada Akbar Firmansyah, tapi sundalannya masih melambung.

Ancaman Persija tidak berhenti karena mendapat peluang penting di menit ke-40 lewat tendangan bebas. Marko Simic yang menjadi eksekutor mampu mengarahkan bola ke gawang dengan sepakan kerasnya, lagi-lagi Andhika masih mampu mengamankannya.

Semenit berselang, Akbar kembali mendapat kesempatan mencetak gol. Kali ini, dia melewati dua pemain belakang Persija dengan aksi individunya. Namun, bola tembakannya masih melenceng di sisi kiri gawang Persija.

Tidak ada tambahan gol yang tercipta di paruh pertama ini. Bajul Ijo masih unggul tipis 1-0 atas Macan Kemayoran saat turun minum.

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Persija mengawali babak kedua dengan bermain semakin agresif dan menguasai permainan. Mereka mengurung pertahanan Persebaya yang tampil sangat disiplin dan memberi tekanan. Namun, tidak ada ancaman yang lahir sampai menit ke-59.

Beberapa kali, upaya tendangan sudut Persija masih mampu diblok pemain Persebaya sebelum melahirkan ancaman ke gawang. Upaya serangan Persija pun kerap dimuntahkan pemain Persebaya dengan melakukan intersep umpan atau tekel merebut bola dan membuangnya.

Baru pada menit ke-60, kiper Andhika dibuat kerepotan lagi oleh pemain anak asuh Angelo Alessio. Masih mengandalkan umpan silang Riko dari sisi kanan, Simic kemudian meneruskannya dengan tandukan. Tapi, masih bisa diblok oleh Andhika.

Persebaya baru berinisiatif melakukan serangan setelah peluang emas Simic itu. Sayangnya, masih kesigapan pemain Persija dalam menghadapi serangan balik masih menjadi kendala. Tekanan Persebaya ke pertahanan Persija juga kerap gagal.

Kans mencetak gol lagi-lagi lahir pada menit ke-68 dari Persija. Dwiki Arya mencoba melepas tembakan spekulasi setelah menerima bola muntah. Bola tembakannya pun masih melambung di atas mistar Persebaya.

Simic lagi-lagi hampir membukukan namanya di papan skor saat laga memasuki menit ke-78. Dia kembali tampil sebagai eksekutor tendangan bebas dengan melepas tembakan langsung. Aksi ciamik Andhika muncul lagi dengan memblok bola.

Persija masih belum mengendurkan serangan dengan tetap mengandalkan serangan dari sisi kanan lewat Riko Simanjuntak. Dia mengirim umpan silang di menit ke-83, Dony Tri Pamungkas yang meneruskannya mengarah ke gawang Persebaya, tapi masih mampu diamankan Andhika.

Wasit meniup peluit panjang masih dengan kedudukan 1-0 kemenangan untuk Persebaya. Hasil ini membuat Persija belum berhasil menang kontra Persebaya dalam enam pertandingan beruntun di semua ajang sejak 2018.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Yann Motta, Otavio Dutra, Rezaldi Hehanusa (belakang); Maman Abdurrahman, Rohit Chand, Dwiki Arya (tengah); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alfriyanto Nico (depan).

Pelatih: Angelo Alessio.

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Rendi Irwan (tengah); Taisei Marukawa, Jose Wilkson, Akbar Firmansyah (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya dan Persija Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer