BRI Liga 1: Setelah Kalah dari Madura United, Persiraja Berpisah dengan Hendri Susilo

Oleh Gatot Susetyo pada 27 Okt 2021, 23:01 WIB
Diperbarui 27 Okt 2021, 23:01 WIB
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Yogyakarta - Tidak ada hujan, tidak ada angin, tiba-tiba manajemen Persiraja Banda Aceh mengeluarkan pernyataan resmi telah mengakhiri kerja sama dengan pelatih kepala Hendri Susilo.

Keputusan tersebut dikeluarkan setelah Persiraja Banda Aceh kalah 1-2 dari Madura United pada pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Rabu (27/10/2021).

Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam, menyatakan pertandingan antara Persiraja kontra Madura United merupakan laga terakhir Hendri Susilo bersama Laskar Rencong.

"Kami sudah mempertimbangkan dan memutuskan secara baik-baik. Kami mengumumkan kerja sama Persiraja dan Hendri Susilo sudah berakhir," ujar Nazaruddin Dek Gam.

"Terima kasih saya ucapkan kepada pelatih atas kontribusi selama kurang lebih tiga tahun ini bersama Persiraja. Saya doakan sukses di mana pun melatih nantinya,"lanjut Presiden Persiraja Banda Aceh itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Hanya 1 Kemenangan dalam 9 Laga

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo, memberikan arahan kepada anak asuhnya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Manajemen Persiraja Banda Aceh telah memberikan kesempatan kepada Hendri Susilo untuk menangani tim dalam sembilan laga awal BRI Liga 1 2021/2022.

Sepanjang 9 pekan, pelatih yang membawa Persiraja promosi ke Liga 1 ini hanya sukses merauh satu kemenangan dan satu hasil imbang, sementara tujuh laga lain berakhir kekalahan.

Kemenangan Persiraja pada musim ini diraih ketika menghadapi PSS Sleman. Laskar Rencong berhasil menang 3-2 dalam pertandingan tersebut. Sementara Persiraja mendapatkan satu poin tambahan ketika bermain imbang dengan Persita Tangerang.

Sejak menangani Persiraja pada 2019 di pentas Liga 2 hingga hari ini, pelatih asal Padang itu sudah melakoni 39 laga. Bersama Hendri Susilo, Persiraja total meraih 18 kemenangan, 5 kali imbang, dan 16 kali kalah. Tujuh kekalahan di antaranya terjadi di BRI Liga 1 2021/2022.

 

3 dari 4 halaman

Pelatih Ketiga yang Pergi di BRI Liga 1 2021/2022

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Hendri Susilo menjadi pelatih ketiga yang menepi dari kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada musim ini. Sebelumnya ada Mario Gomez dan Joko Susilo yang sudah lebih dulu hengkang dari Borneo FC dan Persik Kediri.

Sebagai pengganti Hendri Susilo, sementara waktu Persiraja Banda Aceh menunjuk Akhyar Ilyas sebagai caretaker hingga penetapan pelatih kepala yang baru.

Persiraja Banda Aceh masih menyisakan dua pertandingan lagi melawan Persebaya Surabaya dan Persik Kediri pada seri kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Mengoleksi empat poin dari satu kemenangan dan satu hasil imbang pada 9 laga pertama BRI Liga 1 2021/2022, Persiraja terdampar di dasar klasemen.

4 dari 4 halaman

Posisi Persiraja Banda Aceh di BRI Liga 1 2021/2022

Lanjutkan Membaca ↓