Sukses


Jelang Australia U-23 Vs Timnas Indonesia U-23: Komposisi Kiper Lengkap, Shin Tae-yong Pilih Ernando atau Riyandi?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan kembali bertemu Autralia U-23 untuk leg kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021). Tim Merah-putih sedang dalam keadaan tertinggal 2-3 berkaca pada hasil pertemuan pertama, Selasa (26/0/2021).

Witan Sulaeman dkk. wajib unggul dengan selisih dua gol atas Australia U-23 jika ingin otomatis lolos. Kans Timnas Indonesia U-23 masih cukup besar untuk menyingkirkan Australia U-23.

Tidak lain adalah lengkapnya stok di posisi penjaga gawang dengan kembalinya Mohamad Riyandi. Kiper asal klub Barito Putera yang sebenarnya merupakan penjaga gawang utama.

Namun Riyandi absen saat pertandingan pertama Timnas Indonesia U-23 jumpa Australia U-23. Ia mendapat larangan bermain karena akumulasi kartu.

Sekaligus membuat komposisi di sektor penjaga gawang komplet, mengingat Ernando Ari Sutaryadi tampil memukau pada pertandingan pertama tiga hari lalu. Praktis hal ini bakal membuat pelatih Shin Tae-yong tinggal memilih kiper yang menurutnya paling siap.

2 dari 3 halaman

Pengalaman di Leg Pertama

Skuad Garuda Muda seharusnya bisa kalah lebih telak lagi saat kontra Australia U-23 di pertemuan pertama. Namun berkat performa fantastis Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang Timnas Indonesia, mimpi buruk itu urung terjadi.

Dia memang kebobolan tiga gol, tapi jika bukan karena kemampuannya dalam mementahkan serangan Australia. Khususnya di babak pertama, anak asuh Shin Tae-yong bisa kalah telak.

Dengan tenang, ia mengadang tendangan pemain Australia, Patrick Wood. Tidak lama berselang setelah momen penalti, kiper Persebaya ini kembali unjuk gigi dengan mementahkan sepakan dari jarak dekat yang dilakukan pemain lawan bernomor punggung 10, Jacob Italiano.

Di sisi lain, Ernando Sutaryadi juga tampil prima bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1. Kiper berusia 19 tersebut selalu menjadi pilihan pertama pelatih Aji Santoso untuk mengawal gawang Bajul ijo.

Dia dipercaya turun sebagai starter oleh Aji Santoso sebagai pelatih setelah kiper utama Persebaya, Satria Tama dibebat cedera. Performa apik inilah yang membuat Ernando akhirnya dipercaya menjadi pilihan utama Shin Tae-yong sebagai kiper Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia U-23 di bawah besutan Shin Tae-yong kemungkinan besar akan kembali menunjuk Ernando di pertandingan kedua nanti. Mengingat untuk saat ini dirinya ‘menang pengalaman’ dari Riyandi atau pun kiper ketiga, Aqil Savik. Dalam hal ini adalah pengalaman berjumpa Australia U-23 pada leg pertama.

3 dari 3 halaman

Tak Kalah Berkualitas

Sementara nama Muhamad Riyandi sudah dipastikan kembali ada di daftar susunan pemain Timnas Indonesia U-23 di leg kedua. Sebelumnya nama Riyandi tidak ada dalam skuad Shin Tae-yong ketika harus mengakui 2-3 dari Australia U-23.

Rupanya, Riyandi masih terkena akumulasi kartu yang ia dapatkan di Kualifikasi Piala Asia U-23 edisi sebelumnya yang dihelat di Vietnam pada 2019. Hal itulah yang membuatnya absen.

Kembali hadirnya Riyandi di skuad juga akan membuat Shin Tae-yong harus menimbang kembali rancangan strateginya. Mengingat Riyandi adalah kiper andalannya di Timnas senior, seperti ketika menyingkirkan Chinese Taipei pada Kualifikasi Piala Asia 2023.

Penjaga gawang berusia 21 tahun itu selalu diturunkan Shin Tae-yong dalam dua kali pertemuan kontra Chinese Taipei. Ia hanya kebobolan satu gol di leg pertama ketika Indonesia menang 2-1.

Kemudian mencatatkan clean sheet lewat kemenangan 3-0 pada pertemuan kedua, yang sekaligus membuat Timnas Indonesia menang agregat 5-1 atas Chinese Taipei. Sama seperti Ernando, Muhamad Riyandi juga menjadi andalan di klubnya, Barito Putera pada ajang BRI Liga 1.

“Kalau menurut saya, coach Shin Tae-yong akan memilih Ernando untuk pertandingan leg kedua. Mungkin pertimbangannya karena Ernando sudah tampil dan merasakan laga melawan Australia. Secara mental dia lebih punya ketimbang kiper lainnya. Tapi tentu hanya Shin Tae-yong yang paling tahu,” terang pengamat sepak bola nasional dan eks pelatih PSS Sleman, Widyantoro, Kamis (28/10/2021).

Video Populer

Foto Populer