Sukses


Pelatih Persela Heran Ivan Carlos Seret Gol di BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Striker Persela Lamongan, Ivan Carlos, mendadak menjadi penyerang yang seret gol di BRI Liga 1 2021/2022. Dari sembilan laga, penyerang asal Brasil itu hanya mampu mencetak tiga gol.

Ivan Carlos sempat mandul dalam tiga pertandingan beruntun di BRI Liga 1 musim ini. Terbaru, dia malah sudah tidak mencatatkan namanya di papan skor dalam tiga pekan terakhir. Sebagai ujung tombak serangan, dia seharusnya menjadi mesin gol andalan Tim Laskar Joko Tingkir.

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, merasa heran dengan kondisi yang dialami oleh Ivan Carlos. Dia sampai membuat perumpamaan mengenai catatan yang dimiliki pemain bernomor punggung 10 itu.

"Sulit sebagai pelatih, saya selalu menyampaikan ini sama seperti halnya saya menjadi komandan dalam pasukan perang. Tugas saya sebagai pelatih adalah membuat strategi dari titik nol sampai punya peluang," ungkap Iwan.

"Tapi, saat sudah punya peluang untuk mencetak gol, itu tergantung pada kualitas individu yang ada. Jadi dalam hal ini adalah kualitas eksekusi. Memang Ivan Carlos susah mencetak gol di beberapa pertandingan belakangan," imbuh pelatih Persela itu. 

 

2 dari 4 halaman

Gol Terakhir pada Pekan Kedelapan

Ivan Carlos terakhir kali mencetak gol pada pekan kedelapan saat berhadapan dengan Persebaya Surabaya, dalam duel yang berakhir 1-1 pada 21 Oktober lalu. Itu pun dia sebenarnya sudah terjebak dalam perangkap offside yang menjadi perbincangan.

Insiden kontroversial itu terjadi pada menit ke-35. Mulanya, striker Persebaya, Jose Wilkson, melakukan eksekusi tendangan bebas mengarah ke gawang Persela Lamongan. Bola sempat ditangkap Dwi Kuswanto, namun terlepas dan tayangan ulang menunjukkan bola telah melewati garis gawang.

Wasit Musthofa Umarella tidak mengesahkan gol tersebut dan tetap menyatakan laga berlanjut di tengah protes para pemain. Dalam situasi ini, Persela dengan cepat melakukan serangan balik ke pertahanan Persebaya.

Sial buat Persebaya, umpan terobosan pemain Persela kepada Ivan Carlos yang terlihat offside tidak membuat pertandingan berhenti masih pada menit yang sama. Striker asal Brasil itu kemudian melepaskan tembakan mendatar kaki kiri yang gagal dibendung Andhika.

 

3 dari 4 halaman

Evaluasi Bagi Ivan Carlos

Saat ini, Persela masih terjebak di urutan ke-10 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 12 poin. Lantas, apa yang terjadi pada Ivan Carlos yang kehilangan ketajamannya di depan gawang lawan?

"Saya juga tidak tahu. Mudah-mudahan ini bisa menjadi evaluasi dari Ivan Carlos supaya lebih baik ke depannya, selalu mencetak gol saat memiliki peluang. Pada intinya, kami tim pelatih selalu menyertai latihan kami dengan latihan finishing," ujar Iwan Setiawan.

Ivan Carlos masih berstatus sebagai pencetak gol terbanyak timnya dengan tiga gol dari total delapan gol yang sudah dimasukkan Persela. Beruntung buat Persela, masih ada pemain lain macam Jabar Sharza, Riyatno Abiyoso, dan Malik Risaldi saat Ivan Carlos sedang mandul.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer