Sukses


BRI Liga 1: Tiba di Indonesia, Pemain Timnas U-23 Langsung Gabung Persebaya di Solo

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya sedang menantikan kedatangan pemain Timnas Indonesia U-23. Tenaga mereka akan dibutuhkan untuk melawan Arema FC dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/11/2021) malam.

Mereka adalah kiper Ernando Ari Sutaryadi, stoper Rizky Ridho, gelandang bertahan Rachmat Irianto, dan winger Marselino Ferdinan. Sebelumnya, empat pemain itu tampil melawan Australia U-23 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 26 dan 29 Oktober di Tajikistan.

“Yang jelas, malam ini (pemain Timnas Indonesia) pulang. Nanti besok (Rabu, 3/11/2021) mereka akan langsung bergabung dengan tim di Solo,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya, kepada awak media, Selasa (02/11/2021).

Kehadiran empat pemain Timnas Indonesia U-23 itu tentu akan menambah kekuatan Persebaya. Sebab, mereka memiliki kemampuan individu yang apik di masing-masing posisi, meski masih berusia muda.

Itu sudah terbukti saat empat nama tersebut diturunkan sebagai starter pada laga kedua melawan Australia U-23. Di level klub, mereka mampu tampil solid bersama nama-nama lain yang lebih senior.

 

 

2 dari 4 halaman

Belum Pasti Turun

Masalahnya, apakah Persebaya bisa menurunkan mereka? Para pemain Timnas Indonesia U-23 itu tetap harus menjalani karantina saat tiba di Tanah Air nanti. Jadi, ada kemungkinan Persebaya belum bisa menampilkan nama-nama tersebut melawan Arema.

"Saya sudah berkomunikasi dengan semua pemain timnas di Tajikistan. Mereka pulang, Insya Allah tanggal 3 (November) datang langsung ke Solo. Jadi, kemungkinan besar komposisi (Persebaya) akan komplet ketika menghadapi Arema,” ungkap Aji Santoso.

Persebaya sendiri sedang berambisi untuk meneruskan catatan kemenangan di BRI Liga 1. Arema, yang merupakan tim rival lama, bakal menjadi sasaran berikutnya.

Sebelumnya, Persebaya tampil ciamik selama seri kedua. Mereka memulainya dengan menundukkan Persipura Jayapura dengan skor 3-1 (16/10/2021). Bajul Ijo kemudian ditahan imbang 1-1 oleh Persela Lamongan yang diwarnai keputusan kontroversial wasit (21/10/2021).

Terbaru, tim asal Kota Pahlawan itu unggul tipis 1-0 melawan Persija Jakarta di pekan kesembilan (26/10/2021). Paling anyar tentu saja kemenangan 2-0 atas Persiraja Banda Aceh di pekan ke-10 , Minggu (31/10/2021).

 

 

3 dari 4 halaman

Tim Produktif

Persebaya juga menjadi tim kontestan paling produktif dalam urusan mencetak gol. Taisei Marukawa dkk. sudah mencetak 17 gol dan menjadi yang terbanyak mengungguli para kontestan lain.

Apa yang ditunjukkan Persebaya selama seri kedua ini jelas jauh berbeda dibanding seri pertama lalu. Dalam enam pertandingan seri pertama, Bajul Ijo hanya mampu mengoleksi enam poin, hasil dari dua menang dan empat kalah.

Kebangkitan di seri kedua diiringi dengan kembalinya penggawa Timnas Indonesia U-23 tentu bakal mengangkat kepercayaan diri Persebaya. Mereka mengincar tambahan tiga poin dan itu dilakukan dengan menundukkan Arema akhir pekan ini.

Persebaya kini menduduki peringkat keenam klasemen sementara dengan 16 poin. Mereka berpotensi naik peringkat jika mampu menundukkan Arema yang menduduki posisi ketiga dengan 19 angka.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer