Sukses


4 Bek Program Naturaliasi PSSI yang Pernah Membela Timnas Indonesia: Siapa Masih Dipanggil?

Bola.com, Jakarta - Jordi Amat membuat kejutan dengan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Pemain berusia 29 tahun itu bersemangat mengubah status kewarganegaraannya demi bisa membela timnas negara neneknya, Indonesia.

Keinginan itu lantas membuat publik di Indonesia hingga Spanyol terkejut. Pasalnya, Jordi Amat merupakan mantan pemain Timnas Spanyol kelompok umur yang pernah bermain dengan Isco, Sergi Roberto, hingga Alvaro Morata.

Darah Indonesia didapatkan Jordi Amat dari sang nenek yang kabarnya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Berkat cerita-cerita sang nenek, Jordi Amat bersemangat untuk membela Timnas Indonesia.

"Saya akan menyukai kesempatan berseragam Timnas Indonesia karena tahu ini akan menjadi pengalaman luar biasa. Saya menunggu untuk melihat bagaimana momen ini bisa terwujud. Namun, saya tidak tahu apakah niat ini sudah sampai ke PSSI," ucap Jordi Amat.

Jordi Amat yang bermain sebagai bek tercatat sudah pernah berkarier di Espanyol, Rayo Vallecano, hingga Real Betis. Jordi Amat bahkan pernah bermain di Swansea City.

Sejauh ini, PSSI melalui program naturalisasi pemain telah mengubah 35 nama menjadi WNI. Nama-nama yang menjadi naturaliasi berasal dari sejumlah posisi semisal bek, gelandang, hingga penyerang.

Dengan demikian, peluang Jordi Amat untuk menjadi pemain naturalisasi terbuka lebar. Apalagi lini belakang Timnas Indonesia sejauh ini belum mampu tampil maksimal sehingga membutuhkan jasa bek berpengalaman.

Bola.com mencatat ada empat pemain hasil produk naturalisasi PSSI yang bermain sebagai bek dan mampu menembus skuad Timnas Indonesia. Namun, hanya sedikit yang bisa mengoleksi banyak penampilan. Siapa saja?

2 dari 5 halaman

Bio Paulin

Bio Paulin resmi menjadi WNI pada 23 Maret 2015. Ketika itu, Bio Paulin menjadi WNI pada usia 30 tahun setelah beberapa tahun berkarier di Indonesia.

Sayangnya, Bio Paulin tak banyak mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Nanga Eboko, Kamerun, itu hanya mencatatkan sekali penampilan di Timnas Indonesia.

Debut itu dicatatkan Bio Paulin pada laga uji coba melawan Myanmar (30/3/2015). Bio Paulin saat itu mencatatkan 87 menit bermain dan berhasil membantu Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1.

3 dari 5 halaman

Diego Michiels

Diego Michiels mendapatkan kesempatan menjadi WNI pada 2011. Ketika itu, Diego Michiels langsung membela Timnas Indonesia U-23.

Diego Michiels tercatat memainkan 16 pertandingan bersama Timnas Indonesia U-23. Namun, performanya tak mampu meningkat di skuad senior.

Sejak 2012 menembus skuad senior, Diego Michiels hanya mencatatkan tiga pertandingan. Saat ini, Diego Michiels sudah berusia 31 tahun dan masih berpeluang membela Timnas Garuda.

4 dari 5 halaman

Otavio Dutra

Otavio Dutra mendapatkan status WNI pada 2019. Ketika itu, Otavio Dutra langsung mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia senior.

Otavio Dutra mencatatkan dua penampilan untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sayangnya, penampilannya kurang maksimal karena menelan kekalahan dalam dua laga tersebut.

Otavio Dutra saat ini sudah berusia 37 tahun. Peluangnya masih terbuka untuk membela Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo bisa dikatakan sebagai satu di antara sedikit pemain naturaliasi yang punya karier cemerlang di Timnas Indonesia. Victor Igbonefo mendapatkan status WNI pada 2013.

Sejauh ini, Victor Igbonefo telah membela Timnas Indonesia U-23 sebanyak empat kali di Asian Games 2018. Adapun untuk skuad senior, pemain berusia 36 tahun itu sudah mengemas 12 penampilan.

Victor Igbonefo mampu tampil gemilang bersama skuad Timnas Indonesia dalam beberapa laga terakhir. Bukan hal yang mustahil bila jasanya akan dibutuhkan di skuad Piala AFF 2020.

Video Populer

Foto Populer