Sukses


Jordi Amat Ngebet Dinaturalisasi dan Bela Timnas Indonesia, Indra Sjafri Berikan Penjelasan

Bola.com, Bogor - Mantan bek Timnas Spanyol U-21, Jordi Amat terang-terangan berminat untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia. Namun, keinginan pemain berusia 29 tahun itu tidak semudah membalik telapak tangan.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menjelaskan bahwa pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia, termasuk menaturalisasi, diserahkan kepada pelatih Shin Tae-yong.

Indra Sjafri menyebut bahwa Shin Tae-yong punya wewenang penuh dalam memilih pemain, tidak terkecualiĀ mendorong pemain untuk dinaturalisasi demi kepentingan Timnas Indonesia.

Penjelasan dari Indra Sjafri itu sekaligus menanggapi banyaknya permintaan dari netizen yang mendorong PSSI untuk menaturalisasi sejumlah pemain yang mengklaim punya garis keturunan, seperti Jordi Amat dan Sandy Walsh.

"Pemanggilan, pemulangan, dan kebutuhan pemain itu tergantung pelatih. Pasti," kata Indra Sjafri, Minggu (7/11/2021).

Artinya, jika serius mau membela Timnas Indonesia, Jordi Amat harus menggoda Shin Tae-yong supaya namanya diajukan ke PSSI untuk dinaturalisasi.

"Tidak mungkin kami memanggil pemain tanpa rekomendasi pelatih. Semuanya harus dari pelatih," jelas mantan arsitek Timnas Indonesia U-22 dan U-19 itu.

2 dari 4 halaman

Sudah Mendeklarasikan Diri

Beberapa waktu lalu, Jordi Amat telah mendeklarasikan diri bersedia untuk berkostum Timnas Indonesia. Mantan pemain Swansea City itu punya darah keturunan dari neneknya.

"Saya akan menyukai berkostum Timnas Indonesia karena saya tahu ini akan menjadi pengalaman luar biasa," kata Jordi Amat dinukil dari media Spanyol, AS.

"Membela Timnas Indonesia, negara dengan 275 juta orang, akan brutal. Namun, saya tidak tahu bagaimana langkah selanjutnya."

"Saya menunggu untuk melihat bagaimana momen ini bisa terwujud. Saya juga tidak tahu apakah niat saya sudah sampai ke PSSI," jelas Jordi Amat.

Dalam sebuah wawancaranya di media, Jordi Amat mengaku neneknya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan yang pindah ke Spanyol.

"Nenek saya harus pergi karena perang ketika berusia 10 tahun. Namun, dia kembali setiap tahun untuk melihat keluarganya," ungkap Jordi Amat.

3 dari 4 halaman

Bermain di Belgia

Saat ini, Jordi Amat bermain untuk Eupen, peserta Belgian First Division A, atau kasta teratas dari Liga Belgia.

Jordi Amat membela Eupen sejak 2020 setelah pindah dari Rayo Vallecano.

Jordi Amat adalah pemain dengan banyak pengalaman bermain di level tertinggi. Dia 123 kali beraksi di La Liga bersama Rayo Vallecano, Espanyol, dan Real Betis.

Jord Amat juga lima tahun membela Swansea City pada 2013-2018 dan membukukan 52 partai di Premier League dan 8 di Europa League.

4 dari 4 halaman

Langganan Spanyol Level Usia

Jordi Amat juga menjadi langganan Spanyol level usia. Dia pernah bermain untuk Spanyol U-19, U-20, dan U-21.

Ketika berkostum Spanyol U-21 pada 2011, Jordi Amat dilatih oleh mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

"Saya telah bermain di level profesional Eropa selama 12 tahun dan saya ingin membawa pengalaman saya ke Asia," imbuh Jordi Amat.

"Saya sudah bermain di Spanyol, Inggris, dan Belgia. Saya suka bepergian dan mungkin Asia menjadi tujuan saya berikutnya," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer