Sukses


BRI Liga 1: Sumbangan Nyata Bonek untuk Persebaya, Pendapatan Tiket Online Derbi Jatim Tembus Rp154 Juta

Bola.com, Surabaya - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, telah melakukan gebrakan dalam melakukan inovasi di tengah pandemi. Mereka menjual tiket pertandingan secara online antara Persebaya melawan Arema FC.

Laga bertajuk Derbi Jatim itu berakhir dengan skor 2-2 dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/11/2021) malam. Suporter Persebaya maupun Arema belum bisa menyaksikan pertandingan di stadion karena masih situasi pandemi.

Bonek membuat gerakan “Beli Tiket dari Rumah”. Terobosan ini dilakukan dengan menjual tiket online yang dibuka mulai Rabu (3/11/2021) malam dan ditutup pada Sabtu (6/11/2021) malam. Satu tiket dibanderol dengan harga Rp19.270.

Penjualan tiket online ini dimaksudkan sebagai bentuk sumbangan yang dilakukan oleh Bonek untuk manajemen Persebaya. Para pembeli tetap menyaksikan pertandingan Derbi Jatim itu di rumah masing-masing. Pembeli dapat melakukan transaksi lewat aplikasi GoTix.

Hasilnya cukup fantastis, dengan sebanyak lebih 8000-an tiket. Artinya, penjualan tiket online ini meraup pendapatan mencapai nominal Rp154 juta lebih. Sesuai kesepakatan, hasil penjualan langsung ditransfer ke rekening manajemen Persebaya.

“Alhamdulillah. Aksi ini memperlihatkan bahwa Bonek menunjukkan kepedulian kepada tim kebanggaannya. Mereka tanpa paksaan membeli tiket online itu,” kata Sidik Tauleka, perwakilan manajemen Persebaya, kepada Bola.com, Senin (8/11/2021).

2 dari 4 halaman

Antusiasme Tinggi

Pria yang menjabat sebagai Manajer Fans Relation Persebaya itu menuturkan sebenarnya ada banyak pembeli lagi. Namun, mereka tidak bisa membayarnya karena sudah melebihi waktu yang telah ditentukan.

“Berarti mungkin angka penjualannya berpotensi lebih dari itu. Tapi, sistem sudah menutup secara otomatis pada waktu yang ditentukan. Akhirnya, sekitar 8022 tiket saja yang terjual,” ucap pria yang akrab disapa Alek itu.

“Dari dana ini, manajemen klub akan menggunakannya untuk operasional klub. Kami juga bisa memanfaatkan untuk kegiatan Bonek, atau membantu aksi kemanusiaan. Tentu, bentuk dukungan ini sangat berarti,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Membantu Klub

Tokoh Bonek, Tulus Budi, menyebutkan bahwa langkah yang ditempuh Bonek lewat pembelian tiket online ini merupakan aksi bersama. Mereka ingin membantu manajemen klub melewati kompetisi BRI Liga 1 di tengah pandemi.

“Kami tidak bisa langsung mendukung di stadion, tapi kami bisa memberi kontribusi nyata untuk Persebaya. Uang penghasilan tiket ini sepenuhnya akan kami serahkan kepada manajemen klub,” ujar Tulus.

“Kami ingin memberi dukungan moral. Persebaya itu bukan hanya tim, tapi juga ada suporternya. Walaupun hanya dengan Rp19.270 rupiah, kami ingin memberikan sedikit itu untuk tim kami,” tambahnya.

Aksi yang dilakukan Bonek ini merupakan ide kreatif yang lahir dari suporter untuk klub yang didukungnya. Bukan tidak mungkin, langkah serupa ditiru oleh suporter lain yang juga ingin memberi sumbangan untuk klubnya masing-masing.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer