Sukses


PSSI Daerah Harus Lebih Kreatif dan Mandiri dalam Membiayai Kompetisi Sepak Bola

Bola.com, Bandung - PSSI di level daerah diminta lebih kreatif dalam menyelenggarakan kompetisi rutin internal. Satu di antaranya agar mampu menggaet sponsor. Optimalisasi dalam pembiayaan ini sangat diperlukan agar tidak membebani klub setiap musimnya.

Hal ini disampaikan oleh calon ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Ramram Mukhlis Ramdani, ketika ditemui di Bandung, Selasa (9/11/2021). Ramram menjelaskan dorongan agar PSSI di level daerah lebih kreatif ini merupakan masukan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ketika bertemu dengannya.

"Hari Minggu (7 November), saya bersilaturahmi ke Pak Iwan di Jakarta. Dalam obrolan tersebut, satu di antaranya Pak Iwan meminta agar PSSI di daerah, khususnya Jawa Barat, bisa lebih kreatif dalam pembiayaan kompetisi, satu di antaranya harus bisa mencari sponsor," ujar Ramram.

Calon Ketua Asprov PSSI Jawa Barat itu membenarkan selama ini pengelola klub sering dibebankan oleh biaya pendaftaran kompetisi. Padahal pada sisi lain pengelola harus memutar otak untuk biaya akomodasi dan pemain selama mengikuti kompetisi.

"Kami selaku pengelola klub sangat merasakan betul beratnya membiayai kompetisi," ujarnya.

Ramram mengaku hal ini menjadi alasan utamanya untuk maju dalam pemilihan Ketua Asprov PSSI Jawa Barat yang akan digelar pada 27 November mendatang.

2 dari 2 halaman

Bakal Mengoptimalkan Peran Sponsor

Jika terpilih menjadi Ketua Umum Asprov PSSI Jawa Barat, pengusaha asal Bandung ini akan mengoptimalkan peran sponsor dalam pembiayaan setiap kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI Jawa Barat.

"InsyaAllah kalau saya terpilih, saya ingin klub ini tidak dibebani biaya pendaftaran. Saya akan mengupayakan pembiayaan dari sponsor atau pihak lainnya," tegas Ramram.

Bicara mengenai agenda pertemuan dengan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, Ramram mengaku hanya pertemuan biasa. Dia berinisiatif menemui mantan Kapolda Jawa Barat itu untuk bersilaturahmi di samping meminta masukan dan nasihat ketika memimpin PSSI Jawa Barat.

"Layaknya seorang junior kepada seniornya, tentu saya sowan untuk memohon bimbingan, masukan khususnya terkait PSSI. Selain itu, saya menemui beliau karena saya sangat mengaguminya. Sebagai sesama orang Jawa Barat, saya bangga karena beliau bisa berkiprah di level nasional. Beliau adalah aset Jawa Barat," ucap Ramram mengakhiri.

Ramram merupakan satu di antara beberapa bakal calon Ketua Umum Asprov PSSI Jawa Barat periode 2021-2025, selain Tommy Apriantono, Rahmad Hidayat Djati, dan Delif Subekti. Pemilihan calon pemimpin Asprov PSSI Jawa Barat itu rencananya akan digelar pada 27 November 2021.

Video Populer

Foto Populer