VIDEO: Mencari Pemain Masa Depan Timnas Indonesia Melalui Program Gala Siswa Indonesia

Oleh Okie Prabhowo pada 18 Nov 2021, 10:28 WIB
Diperbarui 18 Nov 2021, 10:28 WIB

Bola.com, Bogor - Pemusatan latihan program Gala Siswa Indonesia (GSI) 2021 telah dimulai. Para peserta yang diharapkan akan ada yang menjadi pemain masa depan Timnas Indonesia itu melakukan pemusatan latihan di Asiop Center, Sentul, Kabupaten Bogor pada 16-30 November 2021.

Gala Siswa Indonesia (GSI) digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Indra Sjafri, yang menjadi brand ambassador GSI mengatakan fokus PSSI adalah mempersiapkan Timnas Indonesia level usia mulai timnas U-16 dan timnas U-19.

Timnas Indonesia U-16 akan dipersiapkan untuk Piala AFF, sementara timnas U-19 bakal bermain di Piala Asia U-19 pada 2022. "Harapannya, mereka yang terpilih pada pemusatan latihan GSI ini menjadi satu di antara embrio atau bahkan tulang punggung Timnas Indonesia U-16 yang akan tampil di Piala AFF dan Piala Asia U-19," kata Indra Sjafri dalam keterangan tertulisnya.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan alumnus GSI bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023. Karena itu, usia yang diambil untuk GSI adalah 15 tahun," ucap Indra.

Penyelenggaraan kali ini merupakan keempat kalinya GSI dilaksanakan. Kegiatan tahunan itu digelar Kemendikbudristek sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES-RI) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

GSI menggali potensi pesepak bola nasional dari level kecamatan sampai provinsi sehingga sehingga talen-talenta terbaik pesepak bola dari daerah terpencil sekalipun memiliki kesempatan sama besar memperlihatkan kualitas mereka di depan pelatih nasional dan pemandu bakat PSSI.

Hasilnya, sejak pertama lali digelar pada 2018, Gala Siswa Indonesia (GSI) sukses menjadi satu di antara tolok ukur ajang pembinaan sepak bola dari mulai tingkat kecamatan sampai provinsi. Beberapa pemain yang tampil di GSI terbukti mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia.